• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Tolilet Umum-Pendukung Bepergian dengan Nyaman

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 07 April 2009 18:10
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1322
  • 07 Apr
Alangkah indahnya hidup ini… kalau kita selalu merasa nyaman selama bepergian. Kenyamanan perjalanan salah satunya lewat tersedianya fasilitas toilet umum yang memadai dan memenuhi standar tertentu.Perubahan gaya hidup masa kini yang semakin ‘mobile’, diiringi dengan meningkatnya kebutuhan akan fasilitas umum. Tidak hanya secara kuantitas, tetapi juga kualitasnya semakin dituntut. Seperti toilet umum yang gampang ditemui, fasilitas-fasilitas umum seperti ini tentunya diharapkan mudah didapatkan. Selain itu juga harus selalu dalam keadaan bersih, lantainya kering, tidak berbau serta dilengkapi dengan  peralatan / perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas di dalamnya; seperti air bersih, gayung/jet spray,  toilet paper serta tempat sampah dan sabun untuk pencuci tangan.
Tetapi  yang kita temui dilapangan …….. menyedihkan keadaannya. Pada umumnya  selalu dalam kondisi basah dan tidak bersih dan fasilitasnya kurang lengkap. Kenapa……?  Hal ini karena kurangnya kesadaran  akan kebersihan bagi pemakainya, dan juga pemeliharaannya yang kurang diperhatikan.
Keprihatinan  WTO  ( World Toilet Organization ) akan bahaya penyakit menular yang semakin beragam, yang mana penyebarannya ditengarai melalui toilet umum  sehingga ke depan kondisi toilet umum yang baik sangat dibutuhkan.
Di negara-negara tetangga kita saat ini, layout toilet umum sudah mengalami banyak perubahan yang cukup berarti. Jalan masuk ke dalam toilet umum sudah tidak lagi memakai daun pintu, tetapi dibentuk menjadi semacam selasar  berbentuk huruf “S”. Daun pintu hanya ada di masing-masing kompartemen WC, dan pintu itu selalu membuka keluar untuk memastikan pintu bisa dibuka dengan mudah dari luar dalam keadaan darurat.
Penggelontoran tidak lagi perlu menggunakan telapak tangan, tetapi setiap WC sudah dilengkapi dengan sensor infra merah atau  pedal di lantai atau di dinding. Begitu juga dengan wastafel, kerannya dilengkapi dengan sensor infra merah  atau pedal yang bisa digerakkan dengan siku. Perubahan ini dikenal dengan gerakan “hands-free”, yaitu gerakan yang menghimbau setiap orang untuk mengurangi penggunaan telapak tangan pada saat di toilet, karena melalui telapak tanganlah  penyebaran berbagai macam penyakit itu terjadi.
Menurut survey WTO, tidak kurang dari 50% kaum pria tidak mencuci tangannya setelah keluar dari WC. Demikian juga dengan kaum wanita kurang lebih 25% mereka tidak mencuci tangannya setelah keluar dari WC. Kesadaran  akan mencuci tangan dengan sabun setelah dari WC pada akhirnya akan dapat menyelamatkan banyak jiwa. Kesadaran inilah yang harus kita pupuk dan kita tingkatkan.
Di Indonesia  terdapat beberapa bandara yang memiliki toilet umum dengan disain dan penampilan yang unik serta menyenangkan. Misalnya toilet umum di bandara Ngurah Rai, Bali.  Di bagian depan urinal di dalam toilet pria dihiasi dengan akuarium berisi ikan hidup. Sedangkan Sunda Kelapa Lounge di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta memberikan kesempatan bagi siapa saja yang menggunakan toilet pria untuk menikmati pemandangan pesawat-pesawat yang hilir mudik mendarat dan lepas landas. Tetapi sayang sekali toilet wanita di ruang tunggu ini terkesan sempit dan tertutup.
Tetapi masih banyak ditemui ketidaksesuaian disain standar toilet umum yang terjadi, dimana sebagian besar toilet pria justru lebih luas dibandingkan toilet untuk wanita. Berdasarkan  hasil  penelitian, wanita menggunakan toilet 3x lebih lama dibandingkan kaum pria. Sehingga muncullah ketentuan dalam Standar Toilet Umum  bahwa kompartemen WC dalam toilet wanita berjumlah minimal 2x lebih banyak dibandingkan untuk kaum pria.
Sejalan dengan semakin banyak dan seringnya orang bepergian, mereka cenderung untuk bepergian dengan tidak membawa banyak bagasi berat/besar.  Mereka hanya membawa tas-tas biasa yang akan selalu dibawa selama di dalam perjalanan, termasuk ketika sedang menggunakan toilet. Sebagai respon terhadap fenomena ini, toilet umum di dalam bandara dituntut untuk mempertimbangkan hal ini dengan seksama, dan merancang toilet-toilet umum yang cukup luasannya untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Kita patut berbangga hati karena sudah semakin banyak tempat-tempat makan atau restoran menyediakan fasilitas toilet umum yang tidak hanya bersih, tetapi juga dekoratif. Sayang sekali toilet-toilet umum untuk sebagian besar tempat-tempat publik tak terbatas seperti terminal transportasi umum, taman rekreasi dan tempat olahraga untuk umum masih dalam kondisi menyedihkan, bahkan ada suatu tempat olahraga umum di pantai Kuta yang tidak memiliki fasilitas ini.
Untuk masa depan, kita  dituntut untuk menyediakan fasilitas toilet umum yang memadai di area-area pedestrian atau area bagi pejalan kaki (kaki lima) yang baik serta sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Standar Toilet Indonesia. Memang sudah ada sebagian orang yang menyediakan fasilitas ini bagi pejalan kaki/kaki lima tapi keadaannya masih memprihatinkan.
Sekolah-sekolah juga harus mulai membenahi toiletnya, karena kondisi toilet yang sempit, gelap, kotor, bau dan membuat  anak-anak sekolah malas pergi ke toilet. Mereka cenderung mengurungkan niatnya atau menahannya untuk menggunakan toilet  dan ‘melegakan’ tubuhnya. Kondisi seperti ini apabila dibiarkan lambat laun dapat mengganggu  kesehatan anak-anak tersebut dimasa depannya, khususnya kesehatan kandung kemih.
Belum lagi tuntutan yang makin besar akan fasilitas toilet bagi orang-orang dengan ‘keterbatasan fisik’. Keterbatasan fisik di sini tidak hanya mencakup orang-orang dengan cacat fisik, tetapi juga bagi kaum manula, anak-anak  dan wanita hamil.  
Merekapun butuh untuk merasa nyaman dan aman setiap saat. Sedangkan fasilitas bagi mereka masih sangat terbatas.
Betapa nyamannya apabila kita tahu bahwa fasilitas ini tersedia dimana saja, gampang ditemukan, selalu dalam keadaan bersih, kering, harum dan sehat.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11389 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9509 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8602 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7622 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6677 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6481 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5141 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4963 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4845 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4698 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4378 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4332 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4319 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4295 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4214 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 21 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com