• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Merenovasi Rumah Secara Tepat dan Mudah

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 04 November 2009 23:31
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1705
  • 04 Nov
Renovasi rumah adalah hal yang kerap dilakukan. Tujuannya jelas, selain untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, menciptakan kenyamanan, memberi sentuhan estetika, juga berfungsi menghadirkan nuansa baru agar tidak monoton. Perubahan baru dan tampilan baru diyakini dapat menciptakan semangat baru untuk kualitas hidup yang lebih baik.
     Kategori renovasi dalam rumah tinggal dapat dilakukan secara berjenjang, dari paling ringan sampai berat (total). Renovasi ringan termasuk diantaranya adalah tata ulang perletakan ruang, penggantian warna cat, penggantian material lantai, perbaikan atap yang bocor, atau membuat taman. Sedangkan contoh renovasi berat adalah penambahan lantai bangunan,  perubahan fisik bangunan seperti penambahan ruang, perubahan fasad, atau merombak total bangunan yang diikuti dengan mendirikan bangunan baru. Selain itu penggantian elemen interior seperti furnitur dan aksesoris juga bisa dikategorikan dalam renovasi skala kecil, agar tercipta kenyamanan secara maksimal.


    Pada intinya, renovasi dilakukan tidak hanya semata secara struktural, namun juga pada bagian-bagian rumah yang skalanya kecil namun tetap terasa mengganggu jika tidak berlangsung dengan semestinya. Sebelum memutuskan melakukan renovasi, hendaknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.
1.    Tentukan konsep
2.    Sesuaikan Anggaran
3.    Pilih waktu yang tepat
4.    Lakukan survey
5.    Pilih cara pembayaran
6.    Pilih tukang yang tepat
7.    Berani bereksperimen


Tentukan Konsep
    Perlu dilakukan pematangan konsep, mengenai bagian-bagian mana yang hendak dilakukan renovasi. Rundingkan dengan seluruh anggota keluarga, karena akan berpengaruh pada kenyamanan. Baik kenyamanan seutuhnya sebagai tujuan akhir, ataupun kenyamanan yang terganggu saat proses pengerjaan renovasi. Konsep yang jelas, akan memudahkan saat pelaksanaan renovasi. Konsep juga bertujuan untuk menciptakan efisiensi dalam pelaksanaan, menekan kesalahan pengerjaan sehingga bisa menekan pembengkakan biaya.
    Jika ada beberapa bagian rumah yang perlu dilakukan perbaikan, tentukan faktor prioritas, mana yang harus didahulukan. Pertimbangkan juga jangka waktu pelaksanaan dan biaya yang dibutuhkan. Jangan sampai renovasi terbengkalai atau bahkan berhenti di tengah jalan karena tidak tersedianya biaya.
Sesuaikan Anggaran
    Pembengkakan anggaran sering terjadi, terutama pada renovasi yang sifatnya parsial sedang. Sebagai contoh, pada perbaikan atap yang bocor. Banyak kasus ditemui ternyata kebocoran bukan hanya disebabkan genteng yang pecah. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, ditemukan “penyakit-penyakit” penyebab kebocoran lainnya, misalnya kayu yang lapuk, atau pipa yang pecah. Hal-hal semacam inilah yang seringkali menjadi penyebab membengkaknya biaya.
    Pengerjaan renovasi dalam skala besar, sebaiknya menggunakan perincian anggaran biaya (RAB) dan gambar kerja, sehingga renovasi dapat berjalan sesuai rencana. Pembengkakan biaya pada renovasi jenis ini umumnya terjadi karena dalam proses pengerjaan timbul keinginan atau ide lain yang berbeda dengan konsep awal. Sebagai contoh, di awal sudah disepakati untuk menggunakan material keramik pada lantai, namun tiba-tiba timbul ide untuk menggantinya menjadi marmer. Karenanya, dibutuhkan perencanaan secara matang.
    Pertimbangan anggaran terkait dengan material yang berkualitas. Bandingkan harga dengan kualitas yang ditawarkan. Sudah menjadi rahasia umum, barang berkualitas umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Beberapa bagian rumah seperti pipa, pondasi, dan rangka atap perlu menggunakan material dengan kualitas baik. Pondasi rumah sebagai dasar bangunan hendaknya menggunakan material berkualitas, seperti besi tulangan dengan ukuran sesuai, pasir, batu pecah serta semen gresik yang telah teruji kualitas kekuatannya.
Pilih Waktu Yang Tepat
    Kondisi iklim dan cuaca sangat mempengaruhi berlangsungnya renovasi, terutama jika dilakukan pada bagian luar bangunan. Hindari melakukan pengecatan eksterior rumah atau perbaikan atap saat musim hujan tiba. Hujan akan menyulitkan proses pembangunan, sehingga waktu pengerjaan akan lebih lama dan hasilnya pun akan menjadi tidak maksimal.
Lakukan Survei
     Untuk meminimalisasi pengeluaran, lakukan survei terhadap harga-harga bangunan dan keperluan renovasi lainnya. Kadangkala, harga bangunan tertentu berbeda antara satu toko dan toko lainnya. Untuk lebih menghemat pengeluaran, tak ada salahnya menggunakan bahan bangunan bekas tapi berkualitas. Atau bisa juga kunjungi pusat bahan bangunan dengan kualitas nomer dua (KW II), misalnya pusat keramik murah. Yang harus diingat, tetaplah cermat dalam memilihnya sehingga diperoleh barang-barang yang bagus.
Pilih Tukang Yang Tepat
     Untuk hasil lebih baik,  gunakan tenaga tukang yang berkualitas. Mintalah bantuan kepada tetangga atau kerabat untuk mereferensikannya. Tukang yang  berkualitas biasanya masing-masing memiliki keahlian khusus, seperti tukang kayu, tukang pasang keramik, tukang khusus detail/ornamen dan lain lain. Umumnya biaya jasa untuk tukang berpengalaman lebih tinggi dibanding tukang biasa.
     Dalam proses pembayaran jasa tukang terdapat dua cara, yaitu harian dan borongan.  Untuk pekerjaan yang terencana dengan pasti, sebaiknya menggunakan jasa borongan karena biasanya efisien dalam waktu dan menghemat pengeluaran. Namun kelemahannya, kualitas pengerjaan kadangkala kurang memuaskan. Sebaliknya untuk pembayaran harian, dari sisi kualitas mungkin akan lebih baik, namun total waktu pengerjaan tidak terkontrol. Renovasi yang belum terkonsep secara matang, sebaiknya memilih pembayaran pekerja secara harian.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10801 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8850 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7002 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6094 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4976 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4650 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4518 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4229 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4176 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4014 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3982 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3893 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 59 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com