• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

APLIKASI BETON EKSPOS PADA RUMAH ART DECO

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 01 Mei 2012 17:48
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2484
  • 01 Mei

Penggunaan beton ekspos pada rumah tinggal belum banyak diaplikasikan, mengingat beton ekspos memberikan kesan berat.

 Orang awam menyebutnya ‘seperti bangunan belum jadi’. Aplikasinya pada rumah tinggal, membuat rumah tampil lain dari lingkungannya yang saat ini didominasi tren rumah minimalis. Aplikasi dinding beton merupakan ciri dari gaya arsitektur art deco, gaya yang mempengaruhi seni dekoratif seperti arsitektur, desain interior. Gaya ini merupakan gabungan dari berbagai gaya seperti Konstruksionisme, Kubisme, Modernisme, Bauhaus, Art Nouveau, dan Futurisme. Art Deco bersifat dekoratif, anggun, fungsional, ultra modern.

A R T D E C O

Di dunia arsitektur, gaya ini tidak menyuguhkan suatu sistem atau solusi baru, namun Art Deco berbicara tentang permukaan dan bentuk. Arsitektur Art Deco merupakan arsitektur ornamen, geometri, retrospeksi, warna, tekstur, cahaya dan simbolisme.

     Art Deco banyak bereksperimen dengan memakai teknik dan material baru, misalnya metal, kaca, beton, plastik dan menggabungkannya dengan penemuan-penemuan baru. Karya-karya Art Deco memakai warna-warna kuat serta bentuk-bentuk abstrak yang geometris misalnya bentuk tangga, segitiga dan lingkaran terbuka. Namun kadang masih menggunakan motif tumbuhan dan figur, tetapi itupun cenderung geometris. Jadi komposisi elemennya mayoritas dalam format sederhana.

     Bangunan menggunakan struktur beton dan tanpa dekorasi sering diklasifikasikan sebagai arsitektur Art Deco karena bentuknya yang geometris dan tidak ada dekorasi. Pengaruh Art Deco di Indonesia dibawa oleh arsitek-arsitek Belanda, C.P. Wolff Schoemaker dan A.F. Aalbers. Hotel Preanger Bandung dan Villa Isola Bandung (dekarang gedung IKIP) adalah contohnya. Kesederhanaan bentuk belumlah mewakili semua konsep arsitektur Art Deco ini karena kedinamisan ruang interior dapat dilihat pada layoutnya

B E T O N
Berbicara tentang gaya Art Deco, tidak ada salahnya untuk mengetahui salah satu elemen pembentuknya yaitu beton yang kental dengan nuansa industrial style-nya. Nilai plus dari beton ekspos diaplikasikan di rumah tinggal karena tekstur dan warnanya yang unik. Selain itu beton ekspos tidak memerlukan finishing. Meskipun terkesan berat dan monoton, tapi banyak juga yang menyukainya. Biasanya rumah seperti ini dianggap aneh karena lain sendiri. Biasanya beton ekspos diterapkan pada dinding dan plafon.



KWALITAS PERMUKAAN


Faktor penting untuk mendapatkan kwalitas permukaan beton ekspos, antara lain;

- MUTU CETAKAN.
Pertama, kekakuan (stiffness), jika cetakan lendut dan tidak rigid ketika pengecoran akan mengakibatkan variasi warna permukaan dan timbul bintikbintik agregat. Kedua, daya serap (absorbency). Daya serap bekisting kayu baru akan berbeda setelah dipakai berkali-kali. Ketiga, kekedapan terhadap air (watertightness). Bocornya air semen dapat mengakibatkan keropos, dan untuk menghindari hal tersebut bekisting harus dibuat rapat, ditempel dengan waterproof tape strip.

- PERENCANAAN CAMPURAN BETON.
Merencanakan jenis semen yang harus mampu menjamin warna akan seragam. Menentukan pasir, kerikil dan batu yang dipilih sesuai dengan tekstur yang diinginkan. Merencanakan kandungan semen yang tinggi dan rasio kandungan semen dengan air yang rendah.

- PENGECORAN DAN PEMADATAN.
pengecoran dilakukan layer-layer tanpa menimbulkan cold joint dan tebal yang seragam dengan kecepatan yang terukur. Kemudian pemadatan dilakukan dengan mengunakan vibrator tanpa menyentuh bekisting.

- PERAWATAN DAN PROTEKSI.
Dilakukan setelah bekisting di bongkar. Air yang mengandung besi dan garam dapat mengakibatkan warna menjadi tidak seragam. Perawatan sebaiknya dengan plastic dan dilindungi dari benturan dan noda.

Bangunan yang mengaplikasikan beton ekspos pada seluruh permukaan dinding terbukti cukup serasi dengan elemen kaca. Beton ekspos dapat diaplikasikan baik untuk elemen luar maupun elemen dalam. Satu hal yang keuntungan eksplorasi beton ekspos adalah tidak memerlukan fininshing seperti gambar dinding disamping dan gambar kolom dibawah ini.

tips untuk anda
PAGAR BETON
Anda pasti pernah melihat beberapa properti menggunakan pagar beton sebagai pembatasnya. Dan saat ini sudah banyak yang menggunakan pagar beton tersebut. Tapi tahukah anda, kelebihan pagar beton sehingga banyak yang menggunakannya. • Konsistensi mutu terjamin, karena dibuat di pabrik dengan kontrol kualitas prima.
- Sangat ideal untuk proyek-proyek dengan sistem Knock Down, karena dengan mudah bisa dibongkar pasang.
- Permukaan yang halus dan kualitas beton ekspos, tidak memerlukan biaya finishing.
- Bisa digunakan di berbagai jenis lokasi dan berbagai jenis pondasi.
- Waktu pemasangan yang lebih cepat, mudah dan praktis.
- Harga bersaing dengan sistem pagar konvensional yang saat ini beredar di pasaran.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11008 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9068 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7281 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6278 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5056 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4726 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4686 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4629 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4290 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4273 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4222 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4160 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4106 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4082 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3999 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 48 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com