• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Sabtu, 21 Juli 2012 18:00
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 10742
  • 21 Jul

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Ketika mendengar kata mengecat dinding dekoratif, mungkin Anda langsung berpikir tentang berbagai proses yang sulit dan membutuhkan tenaga ahli profesional. Sesungguhnya ada cara praktis agar Anda dapat mengerjakannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara mengecat dinding dekoratif yang dapat segera Anda praktekan di rumah.

 

1.TEKNIK SAPUAN KUAS

 

 Teknik mengecat tipe colorwashing ini memiliki tekstur yang sangat lembut yang diciptakan melalui sapuan kuas dengan gerakan bebas diatas permukaan dinding. Jangan lupa, lapisi permukaan dinding dengan cat dasar terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan lebih dari satu warna dan sebaiknya gunakan sapuan warna cat yang kontras atau lebih gelap dibandingkan dengan arna cat dasar.

 2.TEKNIK SPONS/BUSA

 

Awali proses pengecatan teknik spon/busa ini dengan memberi lapisan dasar pada dinding yang Anda inginkan. Celupkan sebagian sisi spon kedalam cat lalu aplikasikan satu warna cat atau lebih di atas lapisan cat dasar dengan cara menepuk-nepukan spon dengan lembut pada dinding. Pilihlah spon dengan pori-pori yang besar untuk hasil yang lebih maksimal, dan jangan menggesek spon ketika mengaplikasikan cat diatas dinding. Pori-pori pada spon akan menghasilkan pola dan tekstur yang menarik.

 

3.TEKNIK SISIR

 

 

Sisir adalah alat utama yang diperlukan dalam teknik cat dekoratif yang satu ini. Ini merupakan salah satu teknik yang mudah dilakukan. Aplikasikan warna cat yang Anda inginkan pada bidang dinding dengan konsistensi ketebalan yang cukup, kemudian goreskan sisir pada diatas cat dinding yang setengah kering. Motif goresan disesuaikan dengan imajinasi dan kreativitas Anda.

 

4.TEKNIK CETAKAN

 

Teknik cetakan ini dapat Anda gunakan jika ingin memberikan motif tertentu pada dinding, seperti misalkan motif daun. Untuk mempermudah dan menghemat waktu pengerjaan, buat cetakan polanya dengan menggunakan busa berpori rapat atau karet sandal yang tidak terpakai. Celupkan model cetakan pada warna cat yang Anda inginkan dan tempelkan pada dinding yang telah diberikan cat dasar. Sebaiknya buatlah model cetakan yang simpel untuk ruang yang memiliki dimensi relative kecil. Untuk ruang yang besar Anda bebas menggunakan beberapa warna berbeda dengan cetakan yang lebih rumit. Saat ini juga dijual cetakan yang sudah jadi dengan beragam bentuk di toko bangunan.

 

5.TEKNIK BERCAK

 

Untuk mengerjakan teknik ini diperlukan dua buah sikat. Celupkan sikat kedalam cat yang berbeda warna atau lebih gelap dibandingkan warna cat dasar dinding, kemudian gosokan kedua sikat kearah dinding dengan jarak yang cukup sehingga akan tercipta bercak titik-titik pada dinding. Usahakan bercak tersebut merata pada keseluruhan bidang dinding. Agar mendapatkan hasil bercak yang sesuai, sebaiknya Anda berlatih dulu sebelumnya pada kertas untuk mendapatkan teknik yang benar.

 

6.TEKNIK MURAL

 

Pada teknik ini, bahan yang digunakan adalah selembar kertas atau plastik yang diremas-remas menjadi sebuah gumpalan. Awali dengan mengaplikasikan cat menggunakan kuas atau rol cat, perhatikan kuantitas ketebalan cat. Jika cat terlalu tebal maka cat akan melimpah dan jika terlalu tipis maka tekstur tidak akan terbentuk. Lalu, gulirkan gumpalan kertas/ plastik diatas cat dasar dalam keadaan setengah kering dengan tekanan guliran yang mengambang agar tekstur kertas dapat terbentuk dengan baik.

 

7.TEKNIK GOSOK

 

 

Teknik ini memiliki resiko kegagalan yang relatif kecil. Alat yang diperlukan adalah selembar kain atau spon bersih. Setelah Anda mengecat keseluruhan dinding dengan warna cat yang diinginkan, sebelum cat mengering sempurna, silahkan gunakan kain/ spon dengan gerakan polesan acak. Yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan teknik ini adalah keseimbangan antara cat yang terpoles dan tidak agar terbentuk kombinasi tekstur yang indah.

 

8.TEKNIK MENARIK GARIS

 

Ciptakan tekstur garis yang timbul pada permukaan dinding dengan menggunakan kuas kering untuk memberikan kesan ruang yang lebih tinggi atau lebih lebar. Teknik pengecatan ini dimulai dengan mengecat dinding dengan warna dasar, dan ketika cat dasar masih dalam keadaan setengah kering, segera tarik garis horisontal atau vertikal menggunakan kuas lain yang kering. Maka goresan tersebut akan menjadi tekstur timbul yang indah pada saat mengering.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10742 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8779 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:6934 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6044 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4909 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4631 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4561 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4486 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4224 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4205 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4172 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4088 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:3999 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3946 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3882 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 9 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com