• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

16 SMART shopping guide

  • Kategori Induk: LIFESTYLE & LEISURE
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 30 April 2013 21:50
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 969
  • 30 Apr

     ANDA BERENCANA MEMBELI BARANG-BARANG UNTUK MENGISI RUMAH ? BACA PANDUAN INI SEBELUM BERBELANJA, AGAR BISA LEBIH BERHEMAT !

     Tahun baru, identik dengan semangat baru. Memiliki rumah baru, kenapa tidak? Jika Anda berencana pindah ke rumah baru, sekaligus mendekorasi ulang elemen interior khususnya untuk sofa, lighting dan flooring, sebaiknya jangan terburu-buru. Berhati-hati, cermat dan teliti sebelum membeli, agar kocek Anda tidak terkuras akibat pengeluaran tak penting yang membengkak.

LANTAI KAYU

     SAAT INI, SULIT UNTUK MENDAPATKANLANTAI KAYU YANG TAHAN LAMA, TERLIHAT MENARIK SEKALIGUS TERGOLONG DALAM MATERIAL YANG RAMAH LINGKUNGAN (GREEN MATERIAL). HARD FLOORING, ADALAH SALAH SATU MATERIAL YANG MENAWARKAN PEMELIHARAAN RENDAH. TAPI ADA YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN :

1 Jenis Kayu

     Penampilan lantai bergantung pada material asalnya. Hardwood akan lebih kuat dan tahan lama pemakaiannya, bila dibandingkan dengan kayu lunak, seperti pinus yang akan lebih cepat rusak. Contoh hardwood adalah oak, cherry, mahoni santos dll. Masing-masing kayu memiliki pola tekstur dan warna yang berbeda-beda, yang akan menghasilkan efek tampilan berbeda saat digunakan. Kayu oak dengan tekstur seperti daging ikan salmon, mahoni yang menawarkan pola bergelombang, atau ceri dengan pola butiran lurus yang menghadirkan kesan formal. Ada juga bambu yang merupakan sumber daya yang mudah tumbuh dan berkembang, sehingga ramah lingkungan. Bambu menghasilkan sedikit pola butiran, dengan warna yang bagus untuk ruang bergaya kontemporer.

2 Memilih tampilan

     Satu jenis kayu yang dipilih, bisa menghasilkan tampilan yang berbeda-beda, melalui teknik pengolahan pelapisan yang digunakan. Sebuah kayu oak, hasil akhirnya akan nampak berbeda saat difinishing menggunakan metode walnut, natural, atau mahony.

3 Memilih Gaya

     Ukuran dan bentuk papan lantai akan memengaruhi tampilan akhir. Terdapat tiga jenis, yaitu strip, papan dan parket. Strip Adalah jenis yang sering dipakai, lebar 7-20cm, panjang 30-200 cm, fleksibel untuk segala ruang baik klasik maupun kontemporer. Papan Memiliki ukuran yang lebih lebar, antara 8-12 cm, tergantung dari besar pohon yang digu nakan. Tampilannya bergaya rustic, saat ditambahkan paku dibagian atasnya. Parket Memiliki pola seperti ubin kayu, biasanya digunakan untuk ruang-ruang formal seperti ruang tamu dan ruang makan.

4 Jenis Papan

- Solid Timber Boards, pemasangannya dipaku.
- Engineered Timber
- Floorboards, lebih mudah pemasangannya. Dengan menggunakan Lock System
- Laminate Flooring, Ukuran standardnya lebar, 80mm, 110mm and 140mm
- Green Choice, floorboards daur ulang adalah pilihan yang sangat baik tetapi bisa lebih mahal dan rumit untuk menginstalnya.

SOFA

     SOFA ADALAH SALAH SATU ITEM YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DARI FURNITUR DI RUMAH ANDA. JIKA ANDA INGIN MENGHEMAT, PILIHLAH BAHAN YANG BERKUALITAS, KUAT SUSPENSI BAIK DUDUKAN DAN BANTALAN. BAHKAN JIKA ANDA TIDAK MEMILIKI ANGGARAN YANG BESAR, ADA BAIKNYA UNTUK MENGETAHUI APA YANG ANDA HARUS BELI DAN BERAPA BUDGET-NYA. PADA UMUMNYA, MUDAH DAN MURAH UNTUK MENGGANTI KAIN SOFA. NAMUN TETAPLAH MEMILIH BAHAN YANG MEMPUNYAI TEKSTUR BAGUS DAN KUALITAS BAIK.

 

5 Ukuran

     Dalam mengatur penataan sofa, harus dipertimbangkan ukuran ruang, sehingga bisa disesuaikan dengan besarnya sofa. Miliki cukup ruang untuk menempatkan sebuah meja kopi di depan, dan sediakan banyak ruang untuk berjalan di sekitar area tersebut. Yang penting ukuran sofa harus sebanding dengan perabot yang lain, sehingga tercipta harmonisasi. Dan, bicara tren, hingga saat ini sofa modular tetap digemari.

6 Desain

     Bentuk dan desain sofa yang dibeli, harus cocok dengan pengguna dan gaya hidupnya. Jika memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, sebaiknya gunakan kain penutup dengan warna gelap, dan sebisa mungkin harus rajin dicuci. Jika Anda memiliki kaki panjang, mungkin diperlukan kursi dengan kaki tinggi. Dan jika Anda menyukai sandaran kepala ketika berbaring dan menonton tv atau membaca, hindari sofa dengan berlengan rendah.

7 Frame

     Untuk bingkai atau frame sofa carilah yang berkualitas. Lebih baik mencari frame yang terbuat dari baja atau kayu kiln kering, yang telah dirakit dengan lem atau sekrup, daripada sofa yang cenderung memiliki frame yang terbuat dari pinus atau chipboard. Sebagai patokan, frame kualitas baik, lebih berat apabila diangkat.

 

8 Dudukan

     Bantal busa pada dudukan yang kokoh, memiliki ketahanan bentuk, dan terlihat lebih struktural. Agar terisi semua disetiap sudut sampai bawah, harus dilakukan tepuk-menepuk, sehingga dapat memberikan tampilan santai. Anda bisa mendapatkan bantal yang memiliki dua kombinasi baik dari segi warna maupun motif.

9 Upholstery ( Kain Pelapis )    

     Terdapat dua pilihan material yang biasa digunakan sebagai pelapis sofa, yaitu kulit atau kain. Kulit mudah dibersihkan, namun harus yang berkualitas, sedangkan kain sofa mungkin lebih banyak pilihan dalam hal warna dan pola . Usahakan kain ataupun kulit yang dipilih harus mempunyai mutu, agar tetap terasa nyaman dengan pemakaian dalam waktu yang lama.

10 Perencanaan

     Saat membangun rumah atau merencanakan renovasi, pencahayaan merupakan salah satu faktor pertama yang perlu anda diperhatikan. Dimana penempatan titik-titik lampu, saklar ataupun stopkontak, harus direncanakan dengan cermat. Jangan sampai terjadi kesulitan di kemudian hari, karena salah penempatan.

 

11 Desain

     Pilihan bentuk desain lampu yang tersedia, ditentukan oleh selera penggunanya. Namun pertimbangkan kesesuaian dan keharmonisan bentuk dan ruang, sehingga pencahayaan dan desain lampu akan mendukung suasana dalam ruang tersebut. Untuk suasana resort, pilih lampu gantung dari material kayu atau bambu untuk hasil sempurna. Enamel pendant, dan lampu gaya modern cocok untuk ruangan bergaya industrial.

 

 

12 Fittings

     Bijaklah memilih bola lampu, dengan memilih yang hemat energi, seperti compact fluorescent lights (cfls), LED dan linear fluorescent. CFLS biasanya dipakai di dapur dan dipasang di bawah lemari kabinet, untuk menerangi area persiapan makanan. Adapun LED digunakan karena dapat menghemat sekitar 90 sampai 95 persen dan merupakan energi yang paling efisien.

13  Kepraktisan

     Saat memasang lampu, selain mempertimbangkan besar kecilnya watt yang akan digunakan, cermati pula seberapa banyak cahaya alami yang masuk ke dalam ruang. Ingat, saat pagi atau sore hari, kehadiran cahaya alami yang menciptakan bayangan dalam ruang, merupakan sebuah nilai tambah yang bisa menjadi elemen estetika tersendiri. Pertimbangkan kebutuhan cahaya lampu masing-masing ruang, karena tiap ruang memiliki kebutuhan berbeda. Sebagai contoh di dapur, selain penerangan umum, tentu dibutuhkan penerangan tambahan untuk memudahkan saat beraktifitas di dapur, misalnya diletakkan di balik kabinet dapur. Berbeda dengan ruang duduk, yang mungkin membutuhkan standing lamp di sudut ruangan untuk kegiatan membaca saat bersantai.

14 Pusat perhatian

     Fitur pencahayaan bisa menjadi pusat perhatian, kala seseorang memasuki sebuah ruang. Jika ingin hal tersebut terjadi, tahan penggunaan furnitur ataupun elemen pelengkap interior lainnya. Ingat, hanya dibutuhkan satu kekuatan elemen dalam sebuah Sebuah titik perhatian bisa dilakukan secara sekaligus, menyorot area ruang makan dan hall sirkulasi. Berbeda dengan ruang tidur sebagai tempat relax, dimana cahaya lampu temaram lebih baik.

15 Pencahayaan dapur

     Meski dapur adalah ruang yang fungsi prioritas, tak berarti harus terbatas dalam menciptakan efek pencahayaan. Untuk estetika, bisa digunakan tiga lampu gantung di atas island benchtop, atau lampu halogen atau fluorescent di bawah kabinet dapur. Hal ini sangat membantu jika memiliki layout ruang terbuka, atau bagi yang tidak ingin terjadi efek silau lampu gantung saat dinner, namun tetap bisa beraktifitas di dapur.

 

16 Aksen

     Jangan hanya terpusat pada penggunaan lampu gantung, atau yang terpasang di plafon saja. Namun, perlu juga menempatkan lampu meja di sisi tempat tidur atau ruang duduk. Saat ada tamu berkunjung menjelang petang, ciptakan suasana melalui kehadiran lampu meja, dibanding hanya lewat pencahayaan umum. Standing lamp diperlukan untuk ruangan dengan skala besar, misalnya ruang duduk. Tempatkan standing lamp di sudut ruang, sebagai solusi mudah jika tidak memiliki instalasi fitting terdekat.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11389 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9515 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8602 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7622 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6677 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6481 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5141 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4964 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4845 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4698 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4378 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4332 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4319 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4295 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4214 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 18 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com