• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Konsep Studio Rumah Bebas Banjir

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Sabtu, 21 Maret 2009 23:09
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1577
  • 21 Mar

Keterbatasan lahan bukan berarti terbatas pula dalam desain. Hunian ini mengakomodasi semua kebutuhan penghuninya, termasuk dalam penanggulangan terhadap banjir.Februari 2007 silam, Jakarta dilanda musibah banjir yang cukup besar. Salah satu wilayah yang terkena adalah kawasan Pulo Mas, dimana keluarga Syarief Raharjo tinggal. Rumah mereka pun terendam banjir hingga ketinggian 1,2 m.

Berawal dari situ, Syarief lantas membangun rumah baru di atas lahan kosong di samping rumah lamanya. Satu hal yang menjadi titik beratnya adalah, rumah harus bebas banjir. Tentunya, Syarief dan keluarga tak mau mengalami banjir untuk kedua kalinya.
Dibantu oleh arsitek Dicky Aryo Aditomo dari D+E Architect, pada awal desain disepakati untuk membuat rumah tumbuh. Sedikit yang membedakan dari rumah tumbuh lainnya adalah penerapan konsep studio layaknya sebuah apartemen, yang digabung dengan sentuhan resort. Dengan luas tanah 140m², Dicky pun leluasa mengolah ruang, termasuk menyediakan carport untuk kapasitas dua buah mobil.
Konsep studio apartemen yang menjadi inspirasi desain rumah ini, diwujudkan dalam tatanan ruang yang serba terbuka dalam satu kesatuan. Rumah dengan total luasan 67m² ini terdiri dari satu ruang tidur, ruang duduk, dapur, ruang kerja, kamar mandi dan area wardrobe yang posisinya saling menyatu. Sementara untuk ruang makan ditempatkan di sisi luar,bersisian dengan taman belakang. 
Taman mungil di area belakang berfungsi sebagai innercourt di rumah ini. Letaknya yang langsung terhubung dengan ruang tidur mengakomodasi kebutuhan akan sirkulasi udara dan cahaya. Adanya taman sekaligus menutupi kekurangan yang seringkali menjadi kendala dalam sebuah hunian apartemen, terhadap kebutuhan udara dan cahaya alami.
Penerapan konsep studio di rumah ini, membuat tatanan ruangan minim privasi. Selangkah melewati pintu masuk utama, langsung terlihat perangkat tempat tidur dilengkapi sofa berbentuk simple yang nyaman untuk menonton televisi. Ruangan seluas ±50 m² dibiarkan terbuka tanpa sekat, menyatu dengan dapur.  Semuanya didesain secara kompak dan serba efisien, termasuk ruang pendukung seperti kamar mandi, area wardrobe dan ruang kerja yang ditempatkan di sisi belakang tempat tidur.
Dan untuk mempertegas batas antara area privasi dan publik, digunakan beberapa tatanan yang memperlihatkan batas territory. Semisal lewat penempatan perangkat meja kursi di area teras yang juga berfungsi sebagai ruang tamu. Jarangnya tamu yang berkunjung membuat kapasitas area ini tercukupi. Di lain pihak jika dibutuhkan ruang yang lebih besar sebagai tempat berkumpul, bisa menggunakan halaman depan. Meski berukuran kecil, namun area yang juga diurug  dengan ketinggian yang sama ini cukup fungsional. Dilengkapi perangkat meja kursi taman berpayung dan beberapa tanaman, area ini menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai di sore hari, laksana sebuah resort.
Hal lain yang patut disimak adalah pengolahan tampilan bangunan. Rumah dikemas dalam nuansa tropis, sesuai dengan iklim Indonesia. Penggunaan banyak jendela yang sekaligus sebagai aksen bangunan, dapat berfungsi secara optimal. Atap datar yang sekarang digunakan di rumah ini pun bukan tanpa alasan. Sebagai rumah “tumbuh”, atap datar ini dipersiapkan sebagai pengembangan pada masa yang akan datang.
Secara arsitektural, rumah ini menerapkan elemen-elemen yang sifatnya mengundang perhatian. Pengolahan fasad ditekankan pada area entrance secara menarik.
Penggunaan warna oranye pada sebagian dinding luarnya, tampil selaras dengan area  entrance berupa anak tangga dan teras yang ditutup koral sikat kombinasi hitam putih. Koral disusun membentuk gambar kucing, sebagai wujud kecintaan si nyonya rumah terhadap binatang kesayangannya itu. 
Melengkapi tatanan ini, ditempatkan sebuah dinding masif dilapis batu slab di area entrance. Selain sebagai aksen yang memberi karakter, dinding masif juga berfungsi menyamarkan keberadaan pintu masuk utama.
Sementara itu, dalam hal penanggulangan terhadap banjir yang sewaktu-waktu bisa menerjang, Dicky menerapkan beberapa strategi jitu. Tanah diurug dan dipadatkan setinggi 2m, dengan kekuatan pondasi sedalam 80cm pada lahan dasarnya.  Tak hanya lantai rumah yang dipersiapkan bebas banjir, saluran drainase dan septictank-nya pun berada pada ketinggian 1.5m dari atas permukaan jalan.
Melalui desain rumah barunya, Syarief dan keluarga pun tak perlu khawatir lagi akan bahaya banjir yang menghadang. Aktifitas dan istirahat di rumah menjadi tenang dan menyenangkan.

 TIPS RUMAH ANTI BANJIR
-    Meninggikan ketinggian lantai rumah, dengan memperhatikan ketinggian plafon. Jika tinggi plafon di rumah 3 m, maka batas   maksimum peninggian lantai adalah 50cm, sehingga diperoleh tinggi plafon 2.5 m.
Jika melakukan renovasi total, berikut hal-hal yang bisa dilakukan :
-    Urug tanah minimal 50 cm di atas jalan. Tempatkan halaman dan carport di atas jalan, sehingga barang-barang berharga dapat terhindar saat banjir menerjang.
-    Rencanakan posisi rumah induk, lebih tinggi dari batas maksimal banjir yang pernah terjadi. Bisa dilakukan dengan cara mengurug tanah, bisa juga dengan menempatkan rumah induk di lantai atas.
Mengurug tanah bisa dilakukan dengan menggunakan puing-puing bangunan atau tanah padat, dengan terlebih dahulu menempatkan pondasi sebagai perkuatannya.
Untuk rumah induk yang terletak di lantai atas, bisa memanfaatkan ruang-ruang dibawahnya menjadi ruang lain, seperti gudang, ruang servis, ruang olah raga dan sebagainya.
-    Menempatkan saluran drainase, septictank, instalasi mekanikal dan elektrikal dengan ketinggian di atas permukaan tanah dalam posisi “aman” dari banjir.
Jika perlu, sediakan genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik saat banjir hebat menerjang. Pemadaman listrik saat banjir, seringkali tidak bisa diprediksi jangka waktunya.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11006 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9063 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7277 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6274 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4725 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4683 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4272 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 71 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com