• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Sentuhan Cina Di Rumah Mungil

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 30 Maret 2009 16:28
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1004
  • 30 Mar
Kemajuan teknologi informasi,  berpengaruh pada perkembangan desain, dengan seolah-olah  hilangnya batas antar negara. Cina sebagai salah satu negara terbesar  dari  jaman dulupun sering menjadi inspirasi pada desain interior.

Demikian pula yang coba diterapkan oleh desainer interior Christianto Roesli dan Budi Setiawan saat diminta oleh sahabatnya untuk mendesain interior rumah tinggalnya. Sentuhan Cina ( Chinoiserie) dipilih sebagai tema interiornya. Besaran hunian yang relatif sempit dan “standar” bentukan ruang sebuah perumahan, berhasil tampil beda. Terletak di daerah Alam Sutera, Tangerang, Hendra sang pemilik rumah mempercayakan desain sepenuhnya pada sang desainer interior.
Hunian seluas ±100 m2 di renovasi khusus bagian ruang dalamnya. Tanpa merubah secara significant pada bentukan ruang, beberapa ruang utama tetap dipertahankan. Demikian pula pada tampak bangunan, yang sengaja dibiarkan sesuai dengan aslinya. Renovasi interior dilakukan pada sebagian penutup lantai. Dari yang semula menggunakan keramik ukuran 30x30 cm, diganti dengan parket laminated. Selain itu juga dilakukan pengecatan ulang sesuai dengan konsep interiornya. Dan yang terpenting adalah, penggunaan elemen-elemen interior seperti furnitur dan aksesoris yang memberi karakter ruang secara keseluruhan.
Gaya Chinoiserie yang cenderung feminin dielaborasi dengan padanan tone warna yang kuat. Kali ini Andre, demikian sapaan Christianto Roesli, memilih warna cokelat dan biru. Sebuah paduan warna yang jarang menjadi pemikiran banyak orang. Corak fabric pada upholstery sofa di ruang duduk menggunakan bahan jeans, demi mendapatkan warna biru sesuai yang diharapkan. Guratan tekstur khas bahan jeans menjadi aksen menarik pada perangkat furniturnya.
Keterbatasan ruang di rumah ini ditanggapi dengan pemilihan furnitur yang bersifat kompak dan multifungsi. Hal ini sekaligus untuk mengakomodir kebutuhan saat banyak tamu bertandang. Maklum, rumah Hendra menjadi tempat favorit bagi teman-temannya untuk berkumpul. Sofa bed dan puff dipilih sebagai furnitur yang multifungsi di living room. Dua buah puff yang diletakkan bersisian, berfungsi sebagai meja sekaligus tempat duduk. Fabric puff yang bercorak retro pun menjadi aksen menarik saat disandingkan dengan bahan jeans pada sofa.
Untuk mendukung sentuhan Chinoiserie, persis sesudah pintu masuk utama, ditempatkan tirai yang terbuat dari jalinan benang berwarna biru. Penggunaan tirai ini sejatinya berfungsi sebagai partisi, untuk menghindari kontak langsung antara pintu masuk dengan ruang dalam. Ide tirai ini sangat sesuai sebagai pembatas untuk ruang-ruang dengan luas terbatas. Dengan tampilan yang transparan, interaksi antara “foyer” dan ruang dalam tetap dapat terjalin.
Berlanjut ke ruang makan yang terletak menyatu dengan living room, ditempatkan seperangkat meja makan berdesain simpel. Top table kaca hitam dipadu dengan material stainless steel pada kakinya, memberi tampilan modern dan ringan pada meja makan. Di sini digunakan dua buah kursi kayu dengan desain sederhana, dipadu dengan bangku kayu panjang. Idenya berasal dari bangku warung makan, sehingga memberi kesan santai dan non formal.
Bersisian dengan meja makan, terdapat dapur yang didesain membentuk huruf L. Dapur dilengkapi kabinet dengan komposisi yang apik antara lemari dan rak. Mengingat besaran ruang yang tidak luas. bentukan kabinet sengaja tidak dibuat penuh ke atas plafon, untuk menghindari kesan sesak dan penuh ruangan.
Nuansa dapur kental dengan warna cokelat dan turunannya. Panel multiplek digunakan untuk menutup sebagian dinding dapur, yang dipadu dengan mozaik warna cokelat keemasan pada bagian bawahnya. Penempatan panel multiplek yang dilapis HPL merupakan solusi sederhana untuk menekan biaya. Juga dengan penggunaan rak-rak terbuka pada kabinet dapur. Selain untuk menghindari kesan sesak dan penuh, desain rak terbuka sekaligus bertujuan untuk menghindari membengkaknya biaya.
Kabinet dapur pun didesain secara kompak dan multifungsi. Bagian lain dari dapur, kabinetnya didesain sebagai tempat penyimpanan mesin cuci dan aneka perkakas. Salah satu pintu kabinet bisa dibuka-tutup dan berfungsi sebagai meja seterika.
Selanjutnya, kesan lain yang tak kalah penting adalah aksesori. Untuk memperkuat kesan gaya Chinoiserie, dipasang piring porselen pada dinding di ruang makan. Piring porselen khas Cina ditempatkan di atas bidang tatakan berwarna cokelat. Tampak kontras dengan background warna biru pada dindingnya. Tampilannya simpel, namun terlihat menarik. Selain itu terdapat juga beberapa lukisan rumah Pecinan dalam tampilan black and white. Kesemuanya saling mendukung, membentuk karakter sesuai yang diharapkan.

Pada masa ekplorasi  benua baru, Cina sering dianggap sebagai negara yang sangat eksotik, lewat produksi sutra dan porcelain yang sangat halus buatannya. Sampai masa kinipun, touch Chinese ( Chinoiserie) menjadi daya tarik tersendiri, yang dapat juga menjadi
alternatif tema yang dapat dipakai pada interior.
Sentuhan China dapat diterapkan pada elemen interior, misalnya dinding, lantai, dan aksesoris. Selain itu, suasana Cina dapat juga dibangun dari permainan warna, tekstur bahan. Warna merah misalnya, yang hampir identik dengan warna Cina.
Chinoiserie dapat dipakai juga pada interior  modern, misalnya pada kamar tidur. Walaupun headboard (kepala tempat tidur) terlihat modern, namun sebagai latarnya (back wall) bisa digunakan wallpaper bermotif Chinese. Untuk melengkapinya, ditempatkan side table berbentuk meja Cina. Terlihat sangat eksotik.
Jangan takut bereksperimen agar sentuhan Cina dapat terasa. Selamat bereksperimen.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7463 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6418 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6363 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 27 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com