• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

RUMAH LOW MAINTENANCE

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 03 April 2009 21:43
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1838
  • 03 Apr
Setiap individu berhak memiliki mimpi. Termasuk mimpi tentang hunian yang nyaman sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.Beruntunglah bagi Febriyani Sjofjan yang berhasilmewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. Sebuah rumah yang didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, juga mimpinya.Dulu sebelum memiliki rumah ini, Febriyani punya mimpi-mimpi yang indah terhadap rumahnya. Rumah dengan lingkungan yang masih alami, dimana ia masih bisa mendengar suara jangkrik kala malam menjelang adalah mimpinya tentang rumah idaman.

 Selain itu, faktor jauh dari kebisingan juga menjadi pertimbangannya. Tak heran, lokasi inilah yang kemudian dipilihnya setelah cukup lama berburu di beberapa tempat.
Hunian yang berlokasi di daerah Cibubur, Bekasi ini terletak dalam lingkungan perumahan Citra Gran yang menerapkan sentuhan klasik modern pada tampilan bangunannya. Butuh negosiasi yang cukup panjang dengan pihak pengembang untuk dapat merealisasikan keinginan Febriyani. Akhirnya disepakati masih ada benang merah yang menyatukannya dengan lingkungan sekitar. Area kanopi  yang didesain dengan bentuk lengkung menjadi penanda benang merahnya.
Hunian dua lantai dengan luas tanah 200 m2 dan total bangunan 196m2 ini dikemas dalam sentuhan arsitektur modern tropis. Atap miring, teritisan dengan banyak bukaan mempertegas konsep rumah tropis.
Mimpi Febriyani diaplikasikan juga dalam penataan ruangnya lewat keterlibatan yang cukup mendalam selama proses desain. Komunikasi dan kerjasama yang terjalin secara baik antara klien dan arsitek, menjadi kunci keberhasilan desain rumah ini. Tim arsitek dari PT. Jelajah Harmoni Cipta mendengarkan dengan seksama segala keinginan dan kebutuhan si klien. Termasuk tentang keinginan klien yang mendambakan rumah terbuka, plong tanpa sekat, dan banyak bukaan. Hingga kebutuhan ruangnya termasuk mushola atau letak kamar tidur utama di lantai dua demi alasan privasi.
“Klien kami ini sangat mengutamakan privasi, dan menginginkan batas yang jelas antara area servise dan ruang utama”, tutur Jessi Martino Tjiptoning mewakili tim arsitek. Karenanya layout rumah didesain dengan membuat batas yang tegas dalam penempatan zone-nya. Zone utama ditempatkan di area tengah lahan, sementara zone servise di area samping. “Masing-masing zone memiliki akses tersendiri sehingga tidak saling terganggu. Dengandemikian tanpa masuk ke ruang utama, kegiatan di zone servise masih tetap dapat berlangsung”, ujar Jessi lebih lanjut. Zone servise yang terdiri dari dapur, ruang tidur pembantu, kamar mandi, gudang serta akses ke carport dan halaman belakang didesain seakan memiliki kehidupan tersendiri.
Kondisi lahan yang lebih tinggi dari jalan raya diolah dengan baik. Lansekap di area depan dibuat mengikuti kontur tanah, yang memberi kesan seolah-olah tanahnya lebih luas. Taman hanya diisi rumput dan sedikit tanaman iris sebagai pemanis. Selebihnya, terdapat tangga berundak yang mengarah ke pintu masuk utama.
Memasuki pintu utama, yang terlihat adalah ruang yang plong, terbuka tanpa sekat, dan dikelilingi oleh banyak jendela yang mengarah ke taman samping dan belakang. Jendela didesain setinggi daun pintu, sehingga ruangan dalam terasa makin luas saat jendela terbuka. “Saya suka mengundang tamu. Biasanya kegiatan pesta atau barbeque diadakan di lantai bawah, termasuk di area taman.” ujar Febriyani. Lantai satu adalah zone publik, namun lantai dua adalah zone privat. Hanya orang-orang terdekat saja yang saya ijinkan naik ke lantai dua. tukas Febriyani, penyuka warna merah ini lebih lanjut.
Lantai satu ditempatkan fungsi ruang duduk, ruang makan dan pantry. Sementara untuk kamar tidur utama, dua buah kamar tidur anak dan musholla terdapat di lantai atas. Tatanan ruang ditata secara kompak melalui pemanfaatan ruang seefisien mungkin.

Semisal pemanfaatan area bawah tangga sebagai gudang, atau sisi dinding bordes sebagai tempat penyimpanan sepatu. Sebagai pembatas area servis dengan area publik, arsitek memilih desain kisi-kisi yang terbuat dari plat besi. Posisi plat besi disusun miring dan vertikal sehingga menutup pandangan dari salah satu sisi. Desain kisi-kisi ini selain memberi privasi, juga menjamin sirkulasi udara berjalan dengan lancar  dari luar ke dalam ruangan.
Terkait dengan kebutuhan rumah, Febriyani mendambakan rumah yang low maintenance, mengingat kesibukannya yang sangat padat. Ibaratnya bila rumah ini tidak dibersihkan selama seminggu pun, kondisinya masih tetap oke. Sudut-sudut rumah dibuat simpel, menghindari banyak lekukan.  Demikian pula dalam memilih desain kolam dan taman. Sengaja dinding kolam tidak dialiri air mengalir, untuk menghindari tumbuhnya lumut di kemudian hari.
Konsep low maintenance juga diterapkan dalam tatanan interior yang didesain dengan simpel namun tetap menarik. Dibantu desainer interior, Faini Indriana, tampilan interior terlihat sangat pas dengan kemasan bangunannya. Sofa berbentuk L-shape warna 

krem tampil senada dengan kursi meja makan. Di ruang duduk, terdapat hanging table untuk perletakan televisi yang berlatar panel kayu warna merah mahony.
Klimaks dari ruang-ruang di rumah ini ada di kamar tidur utama. Didesain secara komprehensif antara kamar tidur, kamar mandi, dan area wardrobe, ruangan ini terlihat sangat nyaman. Warna merah kembali digunakan sebagai back panel tempat tidur. Ruangan ini juga dilengkapi dengan balkon mungil dan deretan bukaan  berupa jendela besar. Sudut kamar menghadap balkon menjadi tempat favorit Febriyani saat santai membaca buku sambil menghadap view luar yang hijau.
Bagi Febriyani, kamar tidur menjadi tempat beristirahat paling nyaman seusai lelah beraktifitas di luar. Home sweet home sesungguhnya bagi Febri, ada di ruangan ini.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11424 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9632 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8615 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7647 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6734 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6493 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5153 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4987 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4857 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4712 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4392 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4349 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4334 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4315 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4226 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 26 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com