• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

RUMAH MINIMAL BUDGET

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 03 April 2009 22:15
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1242
  • 03 Apr
Mengurangi beberapa bagian yang dirasa tidak perlu, menjadikan rumah ini tampil jujur dan apa adanya. Sebuah langkah cerdas untuk menghemat budget sekaligus peduli terhadap lingkungan.Dalam mendesain rumah tinggalnya, Wiyoga Nurdiansyah memiliki sebuah pemikiran yang tidak banyak diikuti oleh kebanyakan orang. Adalah konsep reduksi, mengurangi hal-hal yang tidak perlu, hingga seolah-olah semuanya ditempatkan pada titik terendah. Sebagai seorang arsitek, Wiyoga memiliki keberanian untuk melakukan pengurangan pada beberapa bagian, tanpa harus khawatir tampil tidak menarik. Hampir semua komponen dilakukan reduksi, mulai dari fungsi ruang, bentuk hingga penggunaan material mentah. Kesemuanya berujung pada berhasil ditekannya biaya pembangunan.


Dengan lahan terbatas, Wiyoga Nurdiansyah yang akrab disapa Yoga, mendesain rumah secara fungsional dan kompak. Besaran ruang dipertimbangkan dengan cermat. Ruang-ruang direduksi seminimal mungkin untuk menekan biaya pembangunan. Yang penting fungsional dan masih memberikan kenyamanan.
Di atas lahan 90m2, dibangun rumah dua lantai dengan total bangunan seluas 95m2. Di lantai dasar, fungsi ruangan dimulai dengan penempatan pantry dan kamar pembantu. Sedikit di luar kebiasaan memang. Namun menurut Yoga, ini sebagai salah satu upaya mereduksi keberadaan zona privasi dalam sebuah rumah.
Ruang tamu sengaja ditiadakan. Yang ada adalah teras multifungsi yang terletak dibelakang carport. Kini seiring berjalannya waktu, teras yang dilapis dek kayu pada lantainya ini berfungsi sebagai area santai dan tempat bermain Yoga yunior alias si kecil Ken. Apalagi, teras ini berhadapan langsung dengan taman.
Teras dibatasi bidang kaca lebar dengan ruang makan, pantry dan ruang keluarga. Bukaan kaca lebar ini, menghilangkan batas visual antara ruang keluarga dan teras. Area teras ini sekaligus menjadi pusat orientasi keseluruhan ruang di rumah ini.  Terutama dari dan ke arah pantry, ruang makan dan ruang keluarga yang menyatu dalam satu ruangan, tanpa sekat.
Ruang tidur utama ditempatkan di sisi belakang. Ukurannya tidak besar, hanya seluas 15m2. Cukup untuk fungsi tempat tidur, ruang kerja, ruang baju, ruang rias dan kamar mandi. Furnitur untuk ruang baju dan ruang rias didesain menyatu dengan arsitekturnya, berbentuk built-in furniture sehingga tidak memerlukan luasan yang besar. Ruang tidur utama juga berorientasi ke arah taman. Bukaan dibiarkan menganga lebar, untuk mendapatkan cahaya alam dan udara luar yang maksimal.  
Di lantai atas, ditempatkan fungsi dua ruang tidur anak, mushola dan kamar mandi. Semuanya dalam ukuran yang pas dan fungsional. Lay out ruangan menyisakan lubang void sebagai koneksitas antara lantai dasar dan lantai atas. Area void yang ditutup kaca memberikan keleluasaan pandangan ke arah lantai dasar.
Meski desain rumah mengambil konsep reduksi, bukan berarti tampilannya menjadi minim estetika. Yoga banyak mendapat inspirasi desain rumah bergaya Jepang, yang diaplikasikan pada detil-detil horisontal yang menghiasi bidang-bidang kaca. Beberapa elemen ruang sengaja diberi sentuhan estetika secara khusus, untuk mengimbangi bagian lain yang direduksi. Semisal digunakannya kolom bulat di sudut kamar, yang “terlepas” dari bukaan kaca  yang melingkupinya. Demikian pula dengan ekspose kayu pada teritisan atap.
Selain itu rumah pun tampil tanpa pagar depan dan penutup carport. Sebagai penegas batas teritori lahan, bagian depan rumah diurug setinggi batas jendela yang mengesankan kedinamisan. Namun ternyata, dibalik urugan tanah tersebut terdapat bak penyimpanan air. Sebuah solusi cerdas dalam efisiensi ruang.
Penerapan prinsip arsitektur tropis yang mengedepankan keterbukaan menjadi solusi melawan udara panas dalam rumah, sekaligus mengurangi penggunaan listrik. Karena itu pula meski ketinggian peil antar lantai rumah hanya setinggi 2.75m, ruangan tak terasa panas atau sumpek. Menurut Yoga, besaran batas ketinggian ini juga didasarkan pada pertimbangan penghematan material, yang juga berarti hemat biaya.
 
MATERIAL MENTAH
Hampir keseluruhan material yang digunakan di rumah ini dibiarkan mentah. Hanya plafon yang di-finish cat putih untuk menambah kesan lapang ruang-ruangnya. Material semen putih expose dipilih untuk mereduksi penggunaan cat pada semua dinding, baik eksterior maupun interior.  Hal ini diyakini mengurangi pengaruh bau bahan kimia dari cat di setiap ruang. Selain itu, material yang dominan adalah kaca dan panel grc. Kaca digunakan untuk membingkai ruang luar, sedangkan panel grc digunakan sebagai  pemisah yang bersifat masif. Grc contohnya digunakan pada pintu utama, pintu garasi, dan dinding wc service.
Konsisten dengan prinsip reduksi, Yoga pun meniadakan penggunaan kusen pintu dan jendela, serta meminimkan penggunaan kayu solid. Semua menggunakan kayu olahan, sehingga menjawab persoalan  keterbatasan kayu saat ini. Sedangkan untuk atapnya menggunakan genteng plentong tanah liat. Pemilihan genteng ini didasarkan pada pengalaman turun temurun dari genteng rumah konvensional di Indonesia.
Penggunaan semua material mentah ini, diharapkan menonjolkan karakter arsitektur jujur pada rumah ini, arsitektur reduksi. Rumah ini memberi pembelajaran untuk tidak terjebak dalam bentuk  dan kosmetik yang berlebih. Justru yang diharapkan adalah menonjolkan karakter rumah ini sebagai wujud arsitektur rumah tropis dengan konsep baru.

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9057 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6271 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4080 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 41 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com