• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Rumah Gerbong Kecil, Panjang dan Nyaman

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 14 April 2009 19:12
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1871
  • 14 Apr
Menerapkan konsep in dan out dalam hunian, menjadi keunikan rumah ini.  Dua rumah tipe 36/90 dalam posisi saling membelakangi digabung, hingga menghasilkan rumah yang “panjang”.Memiliki rumah idaman adalah impian bagi semua orang. Tak terkecuali bagi pasangan suami istri Ario Danar dan Totti Retno. Pada tahun 2000 mereka berkesempatan membeli sebuah rumah tipe terkecil di kawasan perumahan Bintaro Tangerang, yaitu tipe 36 dengan luas bangunan 36m2 dan tanah seluas 90m2.
Rumah terdiri dari ruang tamu, dua kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Sebuah desain standar dari perumahan pada umumnya, yang pas untuk keluarga muda. Tampilan rumah pun sederhana namun fungsional, dengan atap pelana dan genteng beton.
Secara bertahap, Ario yang berprofesi sebagai seorang arsitek melakukan renovasi pada rumahnya. Lebar kavling yang hanya 6m, memaksanya untuk menambah luas bangunan ke arah atas. Dengan tetap mempertahankan struktur asli bangunan lama, Ario menambahkan bangunan baru yang terdiri dari dua lantai. Masing-masing berfungsi sebagai dapur dan ruang makan, serta kamar tidur pada lantai atas.  Desain ini memungkinkan terjadinya lubang (void) yang memisahkan antara bangunan lama dan bangunan baru. Lubang ini selain memudahkan sistem konstruksi juga menjadi ruang terbuka (innercourt) yang memungkinkan udara dan cahaya matahari secara leluasa masuk ke dalam ruangan. Lantai innercourt ditutup material dek kayu kamper, dinding semen kamprot dan dihiasi sebuah pohon kamboja. Sebuah tatanan yang memberi kesan alami dan eksotik.
Hal ini merupakan aplikasi kaidah dasar rumah tropis, dan Ario menyebutnya sebagai konsep in dan out. Dimana saat masuk ke dalam rumah, seolah-olah yang terasa adalah ia keluar lagi; padahal masih berada dalam rumah. Innercourt di sini difungsikan sebagai ruang aktif dan pusat orientasi, dimana posisinya sangat strategis.
Tatanan interior ruang makan yang ditempatkan bersisian dengan innercourt pun difungsikan secara maksimal. Furnitur pengisinya cukup sederhana. Hanya meja kayu solid berbahan jati dilengkapi sebuah bangku panjang, sehingga memberi kesan santai dan non formal. Selain itu, ruangan juga didesain secara kompak dan multifungsi. Salah satu diantaranya adalah adanya cerukan yang berfungsi sebagai tempat yang berfungsi sebagai tempat menyimpan lemari es, yang idenya bermula dari lemari built-in. Di sebelahnya terdapat bangku beton, yang di bagian dalamnya difungsikan sebagai peti untuk penyimpanan mainan. Praktis. Bagi Ario, yang menyukai kerapian, upaya ini sebagai langkah agar ruangan senantiasa terlihat rapi.
Seiring berjalannya waktu, tahun 2006, Ario dan Totty mendapatkan berkah dan rezeki, untuk membeli kavling tepat dibelakang rumahnya. Kedua rumah kemudian digabung, hingga menghasilkan rumah yang “panjang”.
Rumah belakang adalah tipe maisonet. Kondisi ini memberi inspirasi untuk meneruskan ide rumah lama ke dalam rumah ini. Konsep innercourt kembali dihadirkan, namun sifatnya sebagai ruang terbuka pasif.  Kali ini, digunakan batu koral putih, dengan pohon bonsai stek ating putri di tengahnya.
Hasilnya, ruang makan diapit oleh dua innercourt. Aliran udara dan cahaya matahari pun makin leluasa masuk ke dalam rumah.  Demikian pula dengan curahan air hujan, dapat dinikmati di area ini. Tak heran, karena innercourt memang sengaja dibiarkan terbuka tanpa penutup sama sekali, termasuk kala hujan menyapa.
Kondisi ini mengingatkan pada konsep resor yang banyak mengeskpos daya tarik perubahan cuaca, hujan dan panas. Dan Ario membuktikan, pendekatan tersebut bukan hanya milik hotel-hotel di Bali atau villa di kawasan Puncak. Di rumahnya yang mungil pun, suasana seperti itu bisa dihadirkan.
Ruang-ruang di rumah belakang, pada dasarnya tidak memiliki keunikan tertentu. Ario hanya melakukan sedikit perombakan pada ruang-ruangnya. Semisal dapur yang tadinya berupa ruang tertutup, oleh Ario temboknya dibuka hingga terkesan lebih luas. Beberapa ruang yang memiliki kesamaan fungsi, salah satunya harus dialih fungsikan. Contohnya dapur. Melalui beberapa pertimbangan, dapur di rumah “baru” lebih difungsikan, sementara dapur di rumah “lama” dijadikan area kerja. Tampilan meja dapur diubah dengan melapisinya dengan HPL motif serat kayu. Sebuah langkah cerdas sebagai upaya alih fungsi. Sementara itu, beberapa ruang lain di rumah belakang saat ini  belum dilakukan perubahan secara signifikan. Ruang-ruang tersebut pun cenderung tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk kedepannya, Ario berencana melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan masa yang akan datang.
Secara keseluruhan,  konsep ruang  dari gabungan dua rumah ini adalah berusaha membuat setiap ruang publik menjadi ruang yang transparan. Sehingga ukuran lebar ruangan yang relatif lebih sempit mempunyai kesan yang luas, dan “terbaca” oleh mata. Tak ada lagi ruangan sempit. Yang ada adalah hunian yang lapang, nyaman dan “panjang”. Tak heran, pemiliknya menyebut rumahnya sebagai “Rumah Gerbong”.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11325 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9368 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8579 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7571 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6592 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6058 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5126 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4909 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4829 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4687 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4361 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4318 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4305 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4267 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4202 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 27 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com