• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

RAMAH LINGKUNGAN DI HUNIAN TROPIS

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 17 April 2009 17:08
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1078
  • 17 Apr
Memiliki rumah tinggal dengan lingkungan masih asri, menjadi dambaan semua orang. Kerjasama yang terjalin dengan apik antara arsitek dengan pemilik rumah, menghasilkan sebuah hunian yang apik sekaligus ramah lingkungan.Berkunjung ke rumah ini, kita laksana berada di daerah Puncak, Jawa Barat. Bagaimana tidak, lingkungannya yang masih asri, dengan udaranya yang bersih dan sejuk, membuat semua orang akan jatuh cinta pada lingkungannya.

Terletak di derah Cinere Depok, rumah ini didesain dalam gaya tropis modern, yang sangat memanjakan lingkungan untuk menjadi bagian darinya.Menyisakan halaman depan dan belakang merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk dekat dengan lingkungan. Halaman depan yang luas diolah dengan tatanan lansekap sederhana. Selain itu, bukaan-bukaan lebar menjadi prioritas utama di rumah ini, untuk menghadirkan pencahayaan dan penghawaan alami secara maksimal. Kesan ramah dan terbuka mencoba dihadirkan lewat penggunaan pagar transparan yang didesain natural namun tetap memperhatikan faktor keamanan.Lahan berbentuk trapesium yang bagi sebagian orang dianggap kurang baik, ternyata berlaku sebaliknya bagi arsitek rumah ini, Mathilda K Siahaan. Arsitek melakukan langkah estetis dan fungsional desain dalam merespon masalah. Bidang depan yang luas dimanfaatkan untuk mengolah tampak secara leluasa, yang didominasi oleh material batu Kebumen, Bagian depan rumah yang menghadap ke barat, disiasati dengan memblok sinar matahari sore melalui bidang dinidng yang membingkai jendela, hingga mengurangi efek matahari secara langsung. Sementara permainan tinggi rendah bangunan, maju mundur bidang serta penempatan menara, dimaksudkan untuk menampilkan tampak bangunan yang dinamis. Karenanya, tapak sengaja ditinggikan 120 cm,- kecuali area garasi- hingga membentuk split level pada penataan ruang dalam.
Salah satu daya tarik rumah ini adalah penempatan ruang tamu yang terpisah dari bangunan induknya. Bentuk ruang persegi, atap tumpuk  dengan posisi simetri terhadap bangunan induk menjadikan keberadaan ruang tamu menonjol.  Dikellilingi oleh air, ruang tamu ditata dengan cantik. Seperangkat kursi tamu dan untaian kain bersulam di sudut ruangan mengisi tatanan interiornya.

Sepenggal jalan berlapis beton sikat menghantar menuju ruang tengah yang merupakan ruang keluarga dan ruang makan. Ruangan yang luas dibiarkan menyatu untuk dua fungsi. Perletakan furnitur seakan menjadi batas maya yang memisahkan secara simetri antara ruang keluarga dan ruang makan. Di ruang keluarga ini terdapat rak partisi, yang selain sebagai tempat pajangan aneka aksesoris  dan tempat tv juga sebagai pembatas ke arah ruang kerja. Ruang kerja merangkap perpustakaan pribadi didesain nyaman dan fungsional.
Dari ruang tengah dan ruang kerja ini, dapat dinikmati taman dan kolam renang di halaman belakang. Teras belakang yang dilengkapi perangkat kursi ini menjadi tempat favorit keluarga dan kerabat untuk bersantai di sore hari.
Ruang keluarga, teras dan taman belakang yang mengalir berkesinambungan berhasil menciptakan kenyamanan. Hal ini sebagaimana harapan pemilik rumah yang menginginkan suatu tempat yang dapat mempererat  persaudaraan.
Menyoal lahan yang berbentuk trapesium, rumah ini memanfaatkan setiap sudut atau celah yang terbentuk, menjadi elemen interior. Semisal pembuatan furnitur builtin pada lemari buku dan meja komputer, untuk menutupi bentuk lahan yang miring. Juga dengan bentukan ruang pada level bordes yang dimanfaatkan sebagai gudang dan ruang tanki air. 

Sementara itu, kehadiran menara yang saat ini berfungsi sebagai ruang doa, bertujuan mengakomodasi dua kebutuhan sekaligus. Pertama, lingkungan masih asri yang sayang apabila tidak dimanfaatkan. Pemilik rumah menginginkan suatu ruang yang dapat memandang lepas ke lingkungan sekitar. Karenanya menara memiliki bukaan lebar ke segala arah.
Dan yang kedua adalah menjadikan tampak bangunan dinamis. Menurut arsiteknya, menara merupakan final touch kala membuat sketsa rumah ini. Baginya, terasa ada sesuatu yang kurang pas apabila menara dihilangkan, yang mungkin juga merupakan subyektifitas arsiteknya. Tapi nampaknya kita semua setuju, bahwa pendapatnya merupakan suatu obyektifitas. Kehadiran menara memang menjadikan bangunan terlihat lebih “hidup”.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11424 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9632 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8615 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7647 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6734 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6493 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5153 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4987 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4857 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4712 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4392 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4349 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4334 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4315 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4226 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 18 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com