• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

KLASIK-JAWA

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 31 Agustus 2009 18:01
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3176
  • 31 Agu
Indonesia termasuk negara yang  mempunyai budaya sangat beragam. Salah satunya adalah budaya Jawa khususnya Solo, yang dipilih sebagai tatanan interior kediaman keluarga ibu Endang di bilangan Meruya, Jakarta Barat. Tak heran, darah Jawa yang mengalir begitu kuat di keluarga ini berasal dari suatu daerah yang dikenal sebagai sentra pengrajin batik di kota Solo.
Kental dengan budaya Jawa, membuat pemilik rumah menata interior rumahnya dengan gaya eklektik yang memadukan nuansa Jawa dan Eropa Klasik. Karenanya meski bangunan luar dikemas dalam arsitektur bergaya klasik namun interior ruangan didominasi gaya Jawa.  Jika dirunut ke belakang, sesungguhnya budaya Jawa banyak dipengaruhi oleh gaya Eropa. Oleh karena itu memadukan dua gaya ini dalam sebuah tatanan ruangan dapat dikatakan merupakan suatu langkah yang pas.Berbagai koleksi barang antik yang memiliki nilai historis terlihat begitu mendominasi ruangan. Sebut saja lampu gantung bohemian, lampu baccarat, dan lampu duduk yang terbuat dari besi cor hitam dengan bentuk bidadari. Ada pula cermin antik yang terbuat dari gips dengan finishing prada, cermin venetian yang merupakan khas interior rumah di Jawa, khususnya di Solo, hingga furnitur kayu solid berukir seperti model van de rough dan kursi madura. Uniknya, kebanyakan koleksi yang dimiliki merupakan limited edition, hingga menambah nilai historis.
Melintasi pintu gerbang dan menaiki tangga di area penerima, sepasang pilar bulat yang tegak berdiri menandai penampilan terasnya.Ya. hunian  yang terdiri dari dua lantai dan satu basement ini secara arsitektural dikemas dalam gaya klasik yang nampak jelas dari kolom, ukiran dan detil-detil yang ditampilkannya.
Sakundria Satya MW, sang desainer interior yang kebetulan juga putra dari pemilik rumah menyambut ramah dari teras hunian. Selangkah kemudian, terdapat foyer yang berukuran relatif kecil namun ditata penuh sentuhan seni dengan nuansa kuning keemasan.Credenza, cermin dan hamparan permadani mungil mengisi area ini. Di dalam credenza terdapat koleksi barang pecah belah yang memiliki nilai historis. Sementara di atasnya dipajang vas kristal, piring, lampu meja dan beberapa pigura kecil. Hamparan permadani di depan credenza diisi hiasan berupa patung loro blonyo dan beberapa bokor kuningan. Tatanan ini sekilas terlihat “penuh”, namun kepiawaian dalam menata, membuatnya tetap memiliki nilai estetika tinggi.
Dari foyer kami melangkah ke ruang tamu. Suasana ruangan terasa begitu hangat. Sofa besar yang nyaman dan empuk dengan desain klasik disandingkan dengan empat kursi warna putih bergaya Louis XVI. Selain itu perpaduan warna juga terlihat dari pemakaian gordyn dengan material silk yang memiliki tekstur pelangi. Desain kursi ini pun menambah kesan klasik yang kental. Di sudut kanan kiri sofa ditempatkan meja sudut yang dihiasi lampu meja dan aneka pajangan seperti kristal, vas dan pigura foto.
Koleksi barang antic terlihat begitu dominan di rumah ini.Di ruang tamu terdapat dua buah lemari kayu berdesain antik yang berfungsi untuk menyimpan koleksi kain batik tulis siap jual. Ya, ibu Endang yang memiliki usaha dibidang batik tulis dengan label Wardhana, acapkali menerima tamu yang bermaksud membeli koleksi batiknya. Tak heran, jika diamati, banyak terdapat ruang duduk di rumah ini. Fungsinya jelas, untuk menampung para tamu jika suatu saat datang secara bersamaan.Di ruang ini pula terdapat rono, yaitu pintu penghubung yang terbuat dari material kayu solid penuh ukiran dengan teknik 3 dimensi (dari depan dan belakang akan terlihat sama) serta finishing natural. Pintu yang digunakan sebagai pembatas antara ruang tamu dan ruang dalam berikutnya memperkuat karakter Jawa yang ditampilkan. Ruang berikutnya adalah ruang duduk dan ruang keluarga. Ruang duduk diisi bench dilengkapi dengan puff. Ada yang menarik di ruang ini, yaitu hiasan petangaring yang terpasang di dinding. Petangaring berukiran naga dengan finishing emas prada menambah suasana Jawa yang kental. Untuk mengisi kekosongan dinding, di bagian tengahnya Andri, sapaan akrab Sakundria Satya MW, menambahkan cermin gips oval dengan warna yang sama dengan petangaringnya dengan frame keemasan.
Di area ini juga terdapat lemari antic untuk menyimpan sebagian koleksi batik lainnya. Untuk menjamu para tamu, disediakan meja dengan ketinggian rendah. Di meja inilah biasanya para tamu duduk lesehan sambil memilih kain-kain batik. Selanjutnya di ruang keluarga, ditata dengan furnitur fungsional. Lemari pajang sekaligus tempat meletakkan televisi, melengkapi seperangkat sofa dengan ukuran cukup besar nan empuk. Ruang keluarga berbatasan dengan ruang makan yang terhubung langsung ke arah taman belakang.  Bersantap di ruang makan serasa berada di ruang luar dengan semilir angin dan hijaunya dedaunan.
Secara keseluruhan, tatanan interior rumah ini memperlihatkan suasana yang nyaman dan terasa homey bagi pemiliknya. Menghadirkan nilai historik dalam tatanan interior akan senantiasa memberi kenangan indah masa silam yang tak terlupakan.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9057 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6271 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4080 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 44 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com