• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Konsep Berkelanjutan di Rumah Kreatif

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 19 Juli 2010 17:55
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1773
  • 19 Jul
Tak sekedar gimmick, konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan diterapkan di rumah ini dalam arti sebenarnya. Bagaimana sebuah kesederhanaan dapat menjelma menjadi kemewahan, melalui sentuhan kreatifitas. Sejatinya ungkapan home sweet home tidak hanya milik kaum berduit saja. Juga tidak hanya milik lingkungan atau ruangan yang menyajikan kemewahan semata. Bagaimana dengan kaum terpinggirkan?

Bagi mereka, mendapatkan suatu tempat tinggal yang layak saja, sudah merupakan suatu anugerah dan kebahagiaan tak terkira.

             Peran rumah tidak sekedar sebagai wadah dimana keluarga tumbuh, namun juga sebagai wadah stimulasi dan landasan awal dari kesenangan dan kegembiraan sebuah keluarga. Bagi mantan anak jalanan, makna keluarga mungkin berbeda dengan kebanyakan orang. Namun intinya adalah hidup, tumbuh dan tinggal bersama-sama dalam satu atap, bisa disebut sebuah keluarga.Kepedulian terhadap kaum terpinggirkan khususnya pada mantan anak jalanan, telah ditunjukkan dengan membuat tempat tinggal (rumah) yang sangat layak buat mereka. Sebuah Yayasan Sosial Kampus Diakonia Mmodern (KDMm) yang terletak di kawasan Cibubur, Jakarta, merupakan yayasan yang bergerak dalam pembinaan anak jalanan. Mmelalui dana bantuan dari Deutsche Bank, telah dibangun sebuah tempat tinggal baru – melengkapi bangunan lain yang lebih dulu ada- , untuk menampung anak-anak jalanan.
             Rumah yang didesain oleh Ary Mm Wibowo dan rekan ini, menerapkan konsep-konsep menarik. Fungsi bangunan sebagai wadah dan tempat berlindung anak-anak jalanan, menjadi titik tolak perancangan. Konsep yang diterapkan, selain terkait erat dengan penghuni yang akan tinggal disitu, juga mengangkat tema “sustainable”. Langkah ini sekaligus sebagai pembelajaran, agar penghuni dapat sadar akan lingkungan.

Material Aman, Ramah lingkungan

             Rumah ini menempati tanah seluas 250 meter persegi dari keseluruhan kompleks yayasan yang luasnya mencapai 800 meter persegi. Bangunan satu lantai seluas 150 meter persegi ini, terdiri dari sepuluh kamar masing-masing berukuran 3x4 meter, serta tiga kamar mandi.
             Desain rumah mengacu pada dua prinsip besar, yaitu prinsip keamanan material dan prinsip ramah lingkungan. Keamanan material harus diperhitungkan dengan cermat, mengingat beberapa penghuni rumah tersebut masih dalam tahap rehabilitasi faktor emosi. Karena itu, diperlukan rumah yang bebas dari material “rawan” hancur seperti kaca, kayu atau multipleks. Sedangkan prinsip ramah lingkungan yang diterapkan, bertujuan agar rumah ini dapat meningkatkan kesadaran penghuninya atas prinsip “hijau” atau ramah lingkungan.
             Mengacu pada kedua prinsip dasar, arsitek menerapkan denah yang “ramping”. Ttata letak ruang yang diterapkan, memungkinkan setiap ruang dialiri udara dengan baik (optimum cross ventilation) karena semua ruang berhubungan dengan ruang luar. Tterdapat sepuluh buah kamar yang ditempatkan secara berjajar di bagian samping kanan dan kiri lahan, sedangkan bagian tengahnya difungsikan sebagai ruang komunal yang mendukung nteraksi penghuninya.


             Arsitek juga menerapkan penggunaan material yang berkelanjutan (sustainable). Desain rumah ini, tidak menggunakan material kayu, melainkan dengan material beton atau semen ekspos, baik itu pada lantai, kusen pintu dan jendela. Selain itu, tidak ada satu bagian pun dari bangunan yang menggunakan kaca. Hhal ini merupakan prinsip keamanan untuk melindungi anak dari cedera.
             Kusen jendela menggunakan frame besi siku yang dikombinasikan dengan bambu, sedangkan untuk kusen pintunya dari frame besi hollow yang dipadu dengan aksentuasi “lingkaran serabut kelapa” dan kerai bambu. Mmenariknya lagi, serabut tersebut adalah hasil kerajinan anak-anak yang tinggal di rumah tersebut. Penutup atap ruang kamar menggunakan atap metal. Di bagian plafonnya sengaja diekspos yang dilengkapi dengan wire frame yang berfungsi menahan lembaran matras karet untuk mereduksi bising air hujan serta aluminium sheet untuk insulasi panas.
             Untuk menekan biaya, arsitek banyak melakukan langkah-langkah kreatif lewat penggunaan material sederhana dan gampang perolehannya. Mmeski sederhana, namun material diolah dengan kreatif hingga tak kalah menariknya dengan material yang mahal. Mmisalnya lampu unik terbuat dari corong plastik atau shower system di kamar mandi yang menggunakan pipa pralon bekas.

Sustainable

 

             Konsep “sustainable” pada desain rumah ini tak sebatas pada gimmick semata. Bekerjasama dengan LIPI Bandung, toilet di rumah ini menerapkan sistem Bio Ttoilet yang menggunakan sistem toilet kering. Lewat sistem ini, konsumsi air dapat ditekan, karena hampir tidak melibatkan penggunaan air sama sekali. Ttak hanya itu, sistem pengolahannya pun memungkinan sisa fases yang bercampur dengan serbuk kayu dapat digunakan sebagai kompos. Selain itu, di halaman belakang rumah terdapat bak-bak untuk menampung air hujan, yang dialirkan melalui talang air. Air hasil tampungan dialirkan untuk selanjutnya digunakan kembali.
             Melengkapi konsep sustainable yang diusung, seluruh material yang digunakan, didatangkan dari toko-toko bangunan dalam radius maksimal dua kilometer dari lokasi rumah. Selain menghemat, langkah ini juga cukup mengurangi emisi karbon atau pencemaran dari alat transportasi yang digunakan.
Rumah ini tak luput dari sentuhan estetika pada pengolahan lansekapnya. Bagian depan bangunan ditempatkan kolam ikan yang berfungsi sebagai penyaring debu, penurun suhu ruang sekaligus mengeliminasi nyamuk. Sedangkan bagian dak atapnya yang diproyeksikan tumbuh menjadi dua lantai, digunakan untuk pengembangbiakan tanaman hidroponik.
             Proses pembangunan rumah ini tak kalah menariknya dengan desain rumah yang penuh kreatifitas. Karena, rumah ini “hanya” dibangun oleh tenaga yang terbatas, yaitu satu tukang, satu asisten tukang dan lima anak yang belajar mulai dari nol dalam proses pembangunannya. heran jika dikatakan, proses desain dan pembangunan rumah ini disebut sebagai proses pembelajaran bagi mantan anak-anak jalanan tersebut. Melalui kreatifitas, dapat diberikan suatu kemewahan, kenyamanan sekaligus pembelajaran bagi penghuni rumah ini. Hharapannya, rumah ini bisa menjadi wadah kreatifitas untuk anak-anak yang menghuninya.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10805 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8852 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7002 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6096 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4976 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4651 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4523 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4229 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4177 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4014 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3983 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3894 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 59 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com