• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Rumah Bergaya Amerika

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 28 Maret 2011 18:26
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2917
  • 28 Mar

     Kecintaan terhadap sebuah tempat, bisa menjadi inspirasi dari desain sebuah rumah tinggal. Hal itulah yang tercermin dari sebuah rumah di kawasan Sentul, Bogor yang mengadopsi gaya Amerika pada desain rumah tinggalnya.

Tiga puluh tahun menetap di Amerika Serikat, bukanlah waktu yang singkat. Selama menetap di Amerika, Wiguna hampir selalu dihadapkan pada padatnya aktifitas, kesibukan dan lalu lintas kendaraan yang tinggi. Karena itu saat pulang ke Indonesia memasuki masa purna tugas, Wiguna berencana mendapatkan suasana lain, yang jauh dari kebisingan

     seperti minimalis dan modern. Saya lebih memilih gaya yang long life style. Dan, karena saya lama tinggal di Amerika, maka gaya itulah yang saya pilih,”ujar Wiguna. Ide Wiguna untuk mendesain huniannya terbilang menarik. Perencanaan cukup panjang dilakukannya. Mulai dari pencarian lokasi, hingga ide desain yang memang sudah dirancang jauh hari. Ide tersebut lantas dituangkan oleh Ward Design, tim arsitek dari Indonesia, dalam bentuk tiga dimensi dan gambar kerja, hingga akhirnya rumah terbangun. Menurut Shanty dari Ward Design, tak banyak kendala ditemui saat menuangkan ide Wiguna, karena semuanya sudah secara detil diperhatikan oleh Wiguna.

Optimalkan Potensi Lingkungan
 

    Berdiri di atas lahan seluas 1300 m2, bangunan dua lantai ini didesain khusus untuk menikmati hidup dengan santai dan tenang. Memasuki gerbang rumah, terbentang hamparan rumput hijau, diselingi taman khas bernuansa tropis di salah satu sudutnya. Penataan lansekap yang rapi dan apik, juga dihadirkan di halaman belakang. Beruntung, lokasi rumah ini berada di lahan yang memiliki view belakang langsung ke arah hamparan lapangan golf. Lahan yang luas benar-benar dimanfaatkan dengan pengolahan lansekap yang mendukung konsep hijau rumah ini. Halaman belakang, juga dilengkapi dengan gazebo sebagai tempat bersantai, ayunan, serta beberapa tanaman rambat yang menambah asri. “Biasanya, area ini jadi favorit kala diadakan acara-acara tertentu di rumah. Selain itu, pas juga untuk para ahli hisap alias yang hobi merokok, “ papar Wiguna.

Konsep Gaya Amerika
 

     Sentuhan gaya Amerika, nampak kental pada kemasan arsitektur rumahnya, diantaranya lewat bentuk atap dan jendela. Tak hanya itu, ruang dalam juga menerapkan konsep gaya Amerika, pada tatanan ruangnya yang serba terbuka dan plong tanpa sekat. Salah satu ciri lainnya adalah, penempatan powder room selangkah usai memasuki pintu masuk utama. Di Amerika, tatanan ini lazim diterapkan, karena powder room berfungsi sebagai area persiapan tamu sebelum bertemu dengan pemilik rumah.Suasana luar yang asri dan sejuknya udara dapat juga dirasakan di dalam rumah lewat bukaan dan jendela lebar. Ruang luar seakan ditarik ke ruang dalam, saling menyatu. Berada di dalam rumah, dapat dirasakan semilirnya angin yang khas. Desain ini menjadi penanda, bahwa meski mengusung tema Amerika, namun rumah ini tetap mengacu pada kondisi iklim tropis setempat. Bukaan lebar, atap miring, teritisan, teras, menjadi bagian dari langkah untuk mendapatkan kenyamanan lebih.

    Total ingin menghadirkan gaya Amerika di rumahnya, tak tanggung-tanggung, Wiguna secara khusus mengusung furniturnya langsung dari negeri Paman Sam. Tak heran, jika perangkat sofa di rumah ini memiliki dimensi dan American Style. Dan untuk melengkapi gaya Amerika, di ruang tamu terdapat perapian yang siap menghangatkan kala udara dingin datang.

    Meski tergolong berdimensi besar, tak lantas banyak ruang terbuang di rumah ini. Beberapa sudut ruang sengaja dimanfaatkan agar optimal, semisal area bawah tangga yang difungsikan sebagai musala. Tak lupa, terdapat area wudhu persis di sebelahnya, agar memudahkan penggunanya. Selain itu, beberapa furnitur yang sifatnya built-in juga didesain multifungsi, misalnya bench yang dilengkapi dengan area penyimpanan tertutup pada bagian kakinya.

    Masih di lantai satu, selain pantry yang diletakkan berdampingan dengan meja makan resmi, terdapat juga sebuah perangkat meja bundar yang fungsinya sebagai meja makan santai. Posisi meja bundar ini langsung mengarah ke lapangan golf. Wiguna bersama keluarga, seringkali melakukan sarapan atau sekedar menikmati secangkir kopi di area ini, sembari menikmati keindahan pemandangan.

     Beralih ke lantai dua, ditempatkan ruang-ruang yang sifatnya privat, yaitu kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, ruang duduk dan teras yang cukup lebar. Dimensi ruang kamar tidur utama sangat besar, karena fungsinya untuk mengakomodir beberapa fungsi sekaligus. Selain tempat tidur untuk beristirahat, dilengkapi juga dengan sofa sudut dan bay window untuk bersantai membaca buku, kamar mandi, wardrobe, dan ruang kerja. Kehangatan di kamar tidur, makin lengkap dengan penggunaan warna cokelat susu pada bidang dindingnya.

    Adapun keberadaan teras di rumah ini cukup dominan, baik di bagian depan dan belakang rumah, ataupun sebagai balkon di lantai dua. Teras dilengkapi dengan beberapa kursi teras berikut mejanya bermaterial kayu, logam dan juga pot-pot tanaman. Tak heran, karena fungsinya sebagai tempat bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar rumah yang memang memesona.

     Rumah ini memberi pembelajaran, bahwa mengadopsi gaya Barat tak harus menelan mentah-mentah gaya yang ditawarkan. Justru dengan cara mengkombinasikan dan mengutamakan potensi lingkungan, akan diperoleh hasil yang maksimal. Menghadirkan suasana dan nuansa gaya Amerika pada rumah ini, seakan menjadi obat rindu bagi keluarga Wiguna terhadap keindahan arsitektural rumah-rumah Amerika, sekaligus untuk menumbuhkan kenangan terhadap Amerika.

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10798 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8846 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7000 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6090 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4974 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4650 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4518 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4228 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4176 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4012 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3981 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3893 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 121 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com