• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Eksplorasi Desain di Rumah Puzzle

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 13 Desember 2011 21:30
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2322
  • 13 Des

Rumah ini kaya permainan material dan eksplorasi yang inovatif. Menariknya lagi, desain rumah mengusung konsep arsitektur hijau melalui pemanfaatan material bekas.

     Sebuah rumah tinggal di bilangan Jakarta Barat, hasil karya arsitek Yu Sing dan tim, tampil unik dan memiliki karakter yang sangat kuat. Penataan ruang, komposisi bidang dan massa, penggunaan material yang beragam dan tidak biasa, pemanfaatan material bekas serta detil-detil arsitektur yang ditampilkan, menjadi kekuatan utama rumah ini.

      Rumah Puzzle. Demikian si arsitek menamai rumah kediaman Jonathan dan Shanty ini. Kenapa, karena fasade-nya menggunakan material grassblock yang harus disusun satu persatu layaknya bermain puzzle. Dari depan rumah ini layaknya bidang puzzle yang kaya dimensi. Terdapat permainan naik turun kotak-kotak bidang dan massa, membentuk proporsi yang dinamis.

 1 Unik, simpel dan berkarakter. Fasad rumah didominasi warna abu-abu dari material grassblock. Jendela frame aluminium disusun dengan komposisi acak, melengkapi kedinamisan dari massa bangunan. Balkon berbentuk segitiga ditempatkan di sudut lantai 1 dan lantai dua, dihiasi tanaman merambat lee kuan yeuw.

     Selain itu, padu padan penggunaan material yang cukup beragam, juga membuat si arsitek menamai rumah ini demikian. Mulai dari grassblock, beton ekspos, bambu, kayu bekas bantalan rel kereta api, hingga material bekas seperti genteng atau botol bir. Puzzle ini juga menjadi strategi menggabungkan aneka jenis koleksi dan hobi pemilik rumah. Rumah ini memang menampilkan tingkat personalisasi pemiliknya cukup tinggi. Ini ditunjukkan lewat bungkus rokok, botol bir dan anggur, tameng, busur panah papua, wayang-wayangan, yang digunakan sebagai elemen dekoratif pada interior rumah.

     Banyak hal unik dan menarik yang ditemukan saat memasuki rumah ini. Dimulai dari dinding depan yang menggunakan material grassblock. Selama ini, orang mengenal grassblock sebagai material untuk perkerasan atau menutup tanah berumput pada lapangan parkir. Namun, siapa sangka di rumah ini grassblock bisa beralih fungsi sebagai dinding?

     Grassblock disusun dengan rapi dan hati-hati, membentuk sekitar 4.000 lubang yang kemudian dipasangi kaca akrilik 4mm berukuran 4 x 4 cm, serta dikombinasikan dengan kawat nyamuk sebagai sirkulasi udaranya. Tentunya dibutuhkan ketelitiandan ketelatenan yang tinggi saat pengerjaannya. Awalnya, muncul kekhawatiran grassblock tidak akan kuat jika dipasang vertical. Jika tidak terpasang dengan kuat, dikhawatirkan grassblock akan jatuh dan runtuh, menimpa siapapun yang ada dibawahnya.

 

“Aplikasi material reused seperti genteng, bambu, dan botol bekas, menjadi kekuatan desain rumah ini.” Akhirnya ditemukanlah sebuah metode perekatan pada satu modulnya. Bahan perekatnya yang berwarna putih, dibiarkan tampil apa adanya, dan memberikan tampilan seperti jahitan diatas bidang fasad yang berwarna abu-abu. Sebagai konstruksi rangka modul digunakan material baja, kombinasi antara IWF sebagai kolom penahan dan besi siku sebagai frame dari modulnya. 

     Sesaat saja di pagi hari, sinar matahari akan masuk ke dalam rumah melalui celah-celah lubang grassblock. Ketika matahari mulai naik dan agak panas, sinar sudah tidak masuk lagi karena ukura  lubang-lubang grassblock yang kecil. Bayangan dan efek sinar yang masuk ke ruangan, menciptakan suasana yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya.

 Arsitektur Hijau
Konsep arsitektur hijau ditampilkan lewat aplikasi material bekas (limbah) pada beberapa bagian rumah. Misalnya pemakaian genteng bekas rumah lama yang dipasang secara vertikal, pada dinding di area teras dan ruang tamu hingga ke innercourt. Terdapat juga batang-batang bambu sebagai dinding pembatas area tangga dan pelapis lantai dan plafon di ruang santai di area depan. Bambubambu ini dulunya digunakan sebagai perancah saat rumah ini dibangun. Jadi, selain hemat energi juga sebagai langkah untuk pemanfaatan material yang ada.

 

 Genteng-genteng bekas disusun vertikal sebagai penutup dinding ruang tamu. Sebagai elemen dekoratif, digunakan art work yang diperoleh dari penjuru nusantara. Desain split level, untuk sudut ruangsantai saat menjamu teman. Lantai, plafon dan dindingnya menggunakan material bambu, bekas bekisting saat proses pembangunan rumah.

 

 

 

 Lantai dan plafon rumah terbuat dari beton ekspos. Beberapa artwork dari penjuru nusantara dipajang sebagai elemen dekoratif yang mempertegas karakter dan kepribadian penghuninya. Tak hanya itu, ada pula material botol bekas bir yang digunakan sebagai pembatas ruang. Material ini menciptakan keunikan tersendiri, yang kental dengan sentuhan seni. Ratusan botol bekas bir dimasukkan ke dalam bronjong besi, dan disusun menjadi dinding pembatas. Pergerakan ruang di rumah ini terasa mengalir. Di atas tanah seluas 10 x 18 m, Yu Sing sengaja menaikkan sebagian lahan setinggi 1.60 m dari permukaan jalan. Langkah ini sengaja diambil untuk menghindari banjir, mengingat daerah ini beberapa kali mengalami banjir. Adapun area lantai dasar yang ketinggiannya sama dengan permukaan jalan, difungsikan sebagai gudang.

Area pantry dan ruang makan didesain menyatu. Sengaja tidak digunakan satu set perangkat meja kursi makan seperti pada umumnya, namun dipilih bentuk kursi sederhana semacam bangku warung. Usut punya usut, ternyata penghuni rumah ini memang gemar nongkrong di warung. Jadi, suasana inilah yang kemudian diusung ke dalam rumahnya.

 

 

Pojok nongkrong, demikian ruangan ini disebut. Posisinya ada di lantai dua, berbatasan dengan area innercourt. Sebagai pembatas dinding digunakan botol bekas, yang disusun rapi dan dimasukkan ke dalam wiremesh. Di balik “dinding botol”, tersembunyi ruang jemur. Sebuah langkah pintar untuk optimalisasi ruang, sekaligus perpaduan efek cahaya, warna dan material yang tidak monoton.

 

 

Ruang duduk di kamar tidur utama, bergaya lesehan dilengkapi kursi santai dan rak-rak untuk menyimpan aneka buku, karena memang pasangan suami isteri ini gemar membaca.Posisi tempat tidur ditempatkan di bagian mezzanine, langsung beralaskan lantai kayu. Di bagian bawahnya terdapat wardrobe, menyatu dengan ruang untuk menonton televisi. “Seluruh sudut rumah dieksplorasi dengan apik. Mulai dari penggunaan material, elemen dekoratif serta lay out ruangnya.”

 

 

Ekspresi dinding bertekstur dan unik pada dinding massa bangunan bagian atas. Terbuat dari campuran mil (semacam tepung kapur), ditambah semen, semen warna dan bubuk pecahan genteng dan bata. Penempatan ruang-ruang di rumah ini didesain dengan konsep split level, sehingga terkesan dinamis. Pergerakan ruang terasa mengalir, mulai dari lantai satu hingga lantai teratas. Lantai satu untuk fungsi publik dan servise, lantai dua untuk ruang keluarga, pantry dan ruang makan, selanjutnya menyambung ke lantai berikutnya terdapat kamar anak dan ruang bermain anak. Naik lagi, terdapat kamar tidur utama, serta berakhir di roof garden dan ruang doa di lantai teratas. Meski padat ruang, namun rumah ini tetap terasa lega, berkat banyaknya bukaan, teras dan innercourt. Selain itu, lubang-lubang grassblock juga menjadi pendukung rumah untuk bisa “bernafas” dengan baik.

      Di lantai dasar, terdapat innercourt yang diisi pohon dadap merah. Posisi innercourt yang menyatu dengan ruang
duduk di lantai satu, serta bersisian dengan ruang keluarga dan ruang santai di lantai dua, membuat pergerakan udara dan cahaya berjalan dengan optimal. Desain rumah ini banyak mengekspos struktur, termasuk pula instalasi listrik yang sengaja diekspos dan melekat rapi pada dak beton. Beruntung, pengerjaan rumah ini berada di tangan yang tepat. Teky Widjaja sang kontraktor, dapat mewujudkan desain rumah yang unik ini sesuai dengan yang diinginkan tim arsitek dan pemilik rumah. Misalnya dalam hal presisi, ataupun saat pembuatan bekisting dan pengecoran, sehingga dapat dihasilkan beton yang rapi.

      Keberhasilan sebuah desain tak lepas dari keterlibatan sebuah tim, dalam hal ini arsitek, pemilik rumah dan kontraktor. Komunikasi yang lancar dan kepercayaan penuh yang diberikan pemilik rumah, turut mendukung terwujudnya desain rumah ini. Hasilnya, very inspiring!.

 Lokasi : Kediaman Jonathan dan Shanty di Jakarta Barat
Tim Arsitek : Yu Sing, Benyamin Narkan, Iwan Gunawan, Thoat Fauzi.
Kontraktor : Teky Widjaja

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7463 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6418 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6363 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 38 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com