• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

HOMEY dengan GAYA EKLEKTIK

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 13 Januari 2012 22:05
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1688
  • 13 Jan

Mendekorasi rumah dengan lahan terbatas butuh kreatifitas dan eksplorasi desain. Hasilnya, rumah tampil lebih “berwarna”, nyaman dan lapang.

     Memiliki rumah mungil dengan lahan terbatas adalah suatu hal biasa bagi kaum urban. Untuk meminimalisir keterbatasan, dibutuhkan beberapa langkah desain agar rumah tetap terasa lapang, nyaman dan cozy. Seperti yang dilakukan oleh keluarga Julian Palapa dan Tri Hindriasari dalam menata kediaman mereka di bilangan Cibubur Jakarta Timur. Bangunan dua lantai seluas 115 m² yang berdiri di atas lahan berukuran 7 m x 14 m ini didesain dengan sentuhan personal penghuninya. Julian Palapa yang seorang arsitek dan desainer interior turun tangan sendiri menata huniannya, dibantu sang isteri yang kebetulan gemar mix and match pernak pernik interior. Hasilnya rumah ini seakan memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dijumpai di rumah lain.

     “Pilihan tema interior rumah ini adalah eklektik, karena pada dasarnya kami tidak terlalu ingin ikut dengan tren. Yang kami butuhkan adalah rumah yang nyaman dan spacey,” jelas Julian. Dari awal menempati rumah ini lima tahun yang lalu, rumah ini telah mengalami beberapa kali renovasi. Prosesnya bertahap, mulai dari menambah hal-hal kecil dan detail, menyesuaikan kebutuhan fungsional serta untuk me-refresh suasana yang sudah ada. “Hal utama yang menjadi perhatian adalah, lebih kepada bagaimana mempertahankan rumah tetap spacey dan semuanya tetap match.

     Untuk itu tiap kali memerlukan barang baru, harus benar-benar dipikirkan apakah tidak membuat rumah jadi lebih sempit dan match dengan interior yang lain,” papar Julian lebih lanjut. Karena luasan ruang terbatas, digunakan variasi pembatas serta perbedaan material dan ketinggian lantai untuk menegaskan antar ruang. Tatananruang di rumah ini terasa istimewa karena hampir seluruh pengisi interior merupakan home made. Mulai dari furniture yang khusus didesain dan diproduksi sendiri di workshop, aneka bantal yang dijahit sendiri, hingga rangkaian bunga buatan sang nyonya rumah. Hampir semua furnitur didesain dengan bentuk menggantung, untuk meminimalisir serangan rayap yang cukup kuat, sekaligus untuk memudahkan terdeteksinya jalur rayap. 

Ruang Tamu
Kepribadian dan karakter penghuni terlihat jelas di ruang tamu, lewat display beberapa pernik, pajangan foto dan tatanan bertema eklektik. Bentuk sofa yang simpel dengan dimensi yang tidak terlalu besar, dipilih untuk menghilangkan kesan sempit dan berat pada ruang. Perpaduan kursi rotan putih, karpet hijau dan rak pajanganaksesoris dan buku bergaya simple yang lebih merupakan storage koleksi kamera analog dan kamera tua, memperkuat kesan eklektik. Untuk membangun suasana serta menyatu dengan foyer, digunakan wallpaper putih berpola klasik yang tipis pada dinding ruangan. Sebagai aksesoris, beberapa pigura foto hasil bidikan Julian dipajang dalam pola asimetris. Tak ada warna khusus di ruangan ini. Penggunaan beberapa warna pada elemen interior, merupakan hal yang disengaja, agar ruangan jauh dari kesan sepi.

Foyer
Foyer berfungsi sebagai area transisi dari ruang luar yang cenderung berdesain modern dan minimalis, menuju ke ruang dalam yang bertema eklektik. Posisi foyer menyatu dengan ruang tamu, sebagai akses menuju ke ruang keluarga. Untuk mempertegas fungsi ruang, digunakan material dan ketinggian level yang berbeda antara foyer dan ruang tamu. Untuk menampilkan kesan vintage, dinding foyer ditutup panel kayu putih bergaris dengan sentuhan dekoratif berupa sticker bergambar burung dan desain poster retro hasil grafi s Julian. 

tips & trik

• Jangan ragu menata rumah sesuai selera, kepribadian dan gaya hidup. • Memiliki rumah dengan lahan terbatas, harus bisa pilah-pilih barang. Ambil barang yang memang benar-benar dibutuhkan. Hindari banyak barang tak berguna, yang berakibat rumah menjadi sempit. • Gunakan furnitur gantung, untuk menghemat tempat dan memberi kesan lapang. • Aplikasi satu sofa bentuk bulat di ruang keluarga yang tidak terlalu luas, dapat menghilangkan sudut yang akan memberi kesan sempit pada ruangan.

Ruang Keluarga
Konsep di ruang keluarga adalah simpel dan homey; sempit tapi lapang. Ruang keluarga berfungsi sebagai center of the house, karena posisinya dekat dengan dapur dan ruang makan yang terbuka. Kebiasaan penghuni untuk membangun kebersamaan dengan menonton TV, DVD atau sekedar ngobrol bersama, diwadahi oleh sofa besar one seater di ruang keluarga. Sofa bentuk bulat ini dapat menghilangkan sudut yang akan memberi kesan sempit pada ruangan.

Ruang Makan
Awalnya, area ruang makan adalah teras belakang, yang kemudian diubah fungsinya menjadi area makan yang nyaman sekaligus membuat ruang-ruang terasa lapang. Agar sirkulasi udara dan pencahayaan tetap terakomodasi, ruang makan didesain terbuka menggunakan penutup atap transparan. Sepanjang dinding ruang makan ditempatkan cermin untuk memberikan kesan luas pada area yang terbatas ini. Kesan natural dan homey terlihat dari penggunaan perangkat meja kursi makan terbuat dari kayu solid yang merupakan karya desain Julian. Penambahan kursi rotan untuk menghadirkan gaya eklektik. 

Kamar Anak
Pemilihan tempat tidur berbahan besi, menyesuaikan dengan tempat tidur di kamar utama. Selain itu, juga untuk faktor keamanan dan ketahanan, mengingat si kecil Takeo dan Aoki yang masih hobi lompat-lompat. Sebagai unsur percantikan, digunakan stiker dengan karakter favorit, seperti jerapah, lebah, dan ular. Menariknya, desain karakter dibuat sendiri oleh seluruh anggota keluarga, sehingga terasa istimewa.

Kamar Tidur Utama

Sebagai tempat untuk beristirahat, kamar tidur sengaja dibuat minim furnitur agar terasa lapang dan nyaman. Pilihan warna tosca mewakili keinginan pemilik untuk sebuah ruang yang teduh dan kalem, sebagai tempat beristirahat yang hangat. Posisi lemari pakaian memanfaatkan coakan dinding di sisi tempat tidur, membuat ruangan terlihat “clean”. Sisi lain menuju kamar mandi, terdapat wardrobe yang sekaligus berfungsi sebagai cabinet TV dan “hidden door” menuju ke kamar mandi. Penempatan wardrobe menjadikan tempat tidur sebagai center of area, Standing lamp dengan kap buatan nyonya rumah di samping tempat tidur makin melengkapi kehangatan di kamar tidur.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9057 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6271 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4080 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 42 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com