• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

RUMAH BERORIENTASI KE DALAM

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 17 Maret 2009 18:36
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 835
  • 17 Mar
Kondisi lingkungan yang kurang mendukung, memaksa orientasi desain rumah ini difokuskan ke arah dalam, dengan menghadirkan pemandangan menarik di dalam rumah.
Memiliki hunian landed house yang terletak di jantung kota Jakarta adalah impian bagi banyak orang. Bagaimana tidak, lokasi strategis, dan kemudahan akses menjadi daya tarik utama. Namun di sisi lain, polusi udara dan suara, ling-kungan luar yang padat penduduk disertai lalu lintas yang ramai mau tak mau menuntut kelihaian dalam men-desain tempat tinggalnya.  Memiliki hunian landed house yang terletak di jantung kota Jakarta adalah impian bagi banyak orang. Bagaimana tidak, lokasi strategis, dan kemudahan akses menjadi daya tarik utama. Namun di sisi lain, polusi udara dan suara, ling-kungan luar yang padat penduduk disertai lalu lintas yang ramai mau tak mau menuntut kelihaian dalam men-desain tempat tinggalnya.
Seperti hunian milik keluarga ibu Rini ini, yang hanya berjarak sekitar 200m dari jalan Gatot Subroto Jakarta. Gedung-gedung pencakar langit menjadi sajian pemandangan sehari-hari. Beruntung, meski terletak di jantung kota Jakarta, lahan yang diperoleh masih cukup luas, yakni ±700 m2. Bentuk lahan yang me-manjang ke belakang, menjadi faktor yang menguntungkan. Fokus rumah diarahkan ke bagian dalam, sebagai upaya menghindari polusi udara dan suara.
Zone ruangan di tata secara linier dari arah depan ke belakang. Di awali dengan foyer, kemudian ruang keluarga, ruang makan dan pantry di bagian tengah, serta diakhiri dengan ruang tidur utama dan area kolam renang di sisi belakang. Sedangkan lantai dua, difungsikan untuk kamar tidur anak dan kamar tidur tamu serta area servis.
Dari luar, hunian dua lantai ini nampak tertutup. Bidang lantai dua, sengaja di blok dengan material batu bata dan bi-lah-bilah kayu jati sebagai lapis kedua-nya (secondary skin), sekaligus sebagai ak-sen pada tampak bangunan. Bukaan jendela pun tersembunyi di balik kayu. Demikian pula di lantai satu, tampak luar di blok dengan standing wall dari material batu hitam pekat yang khusus di datangkan dari Muntilan, Jawa Tengah.Salah satu yang menarik dari desain rumah ini terletak dalam pengolahan area entrance hingga memasuki ruang utama. Tamu seakan diajak melintasi beberapa tahapan sebelum masuk ke tujuan akhirnya. Tahap pertama adalah deretan kolom dan kanopi di area entrance yang terhubung dari pos satpam hingga pintu masuk utama. Tahap kedua adalah area foyer yang dilingkupi oleh batu hitam pekat, dan sebagai ending-nya adalah selasar batu dengan bidang kaca lebar ke arah ruang dalam.  Taman kering yang terletak di area selasar menjadi pelengkap yang menyejukkan mata.
Di ruang tengah, ditempatkan ruang keluarga, pantry dan ruang makan. View, akses, pencahayaan dan penghawaan yang tidak diperoleh dari arah depan, tergantikan oleh taman kering di sisi samping rumah. Untuk melengkapinya, area kolam renang pun dapat menjadi tempat bersantai yang menyenangkan hati, melalui teras dengan perangkat kursi santai. Dan di penghujung lahan, ditempatkan kamar tidur utama yang bersisian dengan kolam renang dan taman kering. Faktor ketenangan dan jauh dari kebisingan menjadi alasan penempatan kamar tidur utama di area ini.
Kamar tidur utama yang dilengkapi dengan area wardrobe dan kamar mandi berukuran cukup  luas ini, terlihat sangat nyaman. Baik lewat penataan interior maupun dari sisi pencahayaan dan penghawaannya.
Sementara itu dari sisi pemilihan material, banyak digunakan jenis batu-batuan dan kayu yang memberi kesan natural di rumah ini. Seperti batu muntilan yang ditempatkan di area depan; tekstur batu yang kasar dan berwarna hitam pekat memberi karakter yang kuat di area entrance. Demikian juga dengan batu kali warna hitam pekat di area taman depan yang khusus didatangkan dari Muntilan, batu paras Jogja di area kolam renang, serta bongkahan batu besar di halaman depan yang menjadi elemen estetika. Sedangkan untuk jenis kayu, banyak diaplikasikan sebagai elemen interior dan beberapa detail arsitektur, semisal bongkahan kayu bekas bantalan rel kereta api sebagai partisi dan nomor rumah.Di lain pihak, lingkungan sekitar yang dipenuhi oleh gedung pencakar langit tidak disia-siakan oleh keluarga ini. Lantai ketiga, sengaja difungsikan sebagai roof garden dilengkapi area tempat duduk. Saat malam hari pun, area ini bisa menjadi tempat bersantai sembari memandang gedung-gedung pencakar langit.
Ya, dibalik kesusahan pasti terdapat kemudahan. Demikian juga dengan rumah ini. Jika pintar mengolahnya di balik beberapa kendala lingkungan, banyak keuntungan yang dapat diraih. Tinggal di landed house di tengah kota, menjadi makin mengasyikkan.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11326 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9379 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8580 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7572 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6592 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6197 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5126 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4911 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4831 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4687 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4361 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4318 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4306 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4269 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4203 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 22 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com