• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

harmonisasi modern, natural & etnik

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 19 Maret 2012 22:38
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1943
  • 19 Mar

Tampil modern dengan sentuhan lokal, menjadi keunikan sekaligus nilai tambah rumah ini. Karakter bangunan tercermin dengan kuat, lewat penggunaan gubahan massa dan material yang terbilang “tidak biasa”.

     Sebuah rumah dikemas dengan sentuhan modern yang kokoh, sudah menjadi hal biasa yang kerap ditemui. Namun jika dikombinasi dengan sentuhan etnik dan natural, tampilan rumah bisa jadi terasa istimewa. Hal itulah yang ditemui pada rumah yang terletak di bilangan Cinere, Depok, hasil karya yu sing dan tim arsitek akanoma. Lokasi rumah yang terletak dalam sebuah lingkungan perumahan yang cenderung tampil modern, tidak menjadi kendala bagi rumah ini untuk berani tampil beda.

     Bertandang ke rumah ini, kita akan disuguhi sesuatu yang berbeda. Dari luar, tampilan bangunan cukup mengundang perhatian. Bukan karena lokasinya yang berada di hoek atau komposisi massa bangunan geometrisnya, namun lebih pada fasad bidang kacanya yang “tertutup” oleh susunan bambu. Ditambah pula dengan elemen vegetasi di sekeliling rumah, membuat rumah ini nampak makin rimbun. Tetangga sekitar menyebutnya, rumah bambu.

Kenapa bambu?
Menurut yu sing, bambu dipilih karena mudah diperoleh dan cenderung lebih murah dibanding material pabrikan. Jika bambu menjadi aus seiring berjalannya waktu, tinggal diganti dengan yang baru. Karena itu yu sing sering menyarankan pemilik rumah untuk menanam bambu sendiri di kebunnya. Agar kuat dan tahan lama, sebaiknya bambu diawetkan. Caranya, rendam bambu dalam larutan anti rayap. Lalu, pelitur untuk tampilan lebih mengkilap.

 

Tangga melingkar menjadi elemen menarik di ruang tamu, sebagai akses menuju perpustakaan di area mezanin. Di ruang tengah yang juga berfungsi sebagai ruang makan, dinding dan lantai menggunakan ekspos batu, yang dikombinasi dengan dinding dari batang bambu pada ruang tamu.

 

 

Teras menyatu dengan taman belakang dan kolam. Pergerakan udara dan elemen vegetasi yang ada menciptakan suasana sejuk dan asri.

 

 

 

 

 

Menghadirkan rumah modern yang kental dengan suasana alami memang menjadi idaman pasangan Ida dan Deny. Tak hanya itu, kecintaan mereka pada barang-barang yang berbau etnik juga membuat mereka ingin menghadirkan nuansa etnik Jawa dalam tatanan interiornya. Sehingga, jadilah kolaborasi unik antara modern, etnik dan natural. Berdiri di atas lahan seluas 363 m2, massa bangunan rumah dua lantai ini, memadukan bentuk silinder, kotak, serta segitiga beratap pelana. Lokasinya yang berada di sudut jalan, menempatkan bentuk silinder sebagai respon area sudut lahan. Dinding kaca lebar pada bidang tersebut ditutup penghalang sinar matahari dari susunan batangbatangbambu. Bersisian dengan itu, pada bidang massa fasad yang lain, digunakan material kayu bekas bantalan rel kereta api. Kombinasi kedua material lokal ini, seakan menghadirkan kelembutan dan imaji nafas kehidupan alami, ditengah-tengah karakter beton yang terkesan fabrikan. Untuk memasuki rumah, terdapat dua pintu utama disamping pintu masuk area pelayanan. Pintu masuk pertama, mengarah ke ruang tamu yang terdapat pada massa silinder. Ruangan ini memiliki ketinggian satu setengah lantai, dilengkapi dengan mezanin yang berfungsi sebagai ruang kerja merangkap perpustakaan.

       Sebuah tangga melingkar menjadi elemen menarik di ruangan ini. Dinding ruang tamu dikelilingi bidang kaca lebar, serta bambu sebagai sentuhan natural yang membatasi ruang dalam. Sedangkan pintu masuk kedua, sifatnya lebih personal, karena lebih sering digunakan untuk keluar masuk penghuni rumah. Sebuah lorong dengan langit-langit tinggi menghantar masuk ke dalam, melewati ruang makan, dapur dan berakhir pada teras, kolam ikan dan taman belakang. Kesan terbuka dan menyatu antara ruang dalam dan ruang luar begitu terasa. Selain karena penggunaan material kaca sebagai dinding pembatas, juga karena minimnya pembatas masif yang membatasi antar ruang. Material kaca juga digunakan untuk membungkus area tangga menuju lantai dua. Terdapat juga kayu bekas bantal rel kereta api disusun berjajar, yang berfungsi sebagai penghalang visual dari luar dan panas matahari yang “membungkus” ruang tangga, sekaligus sebagai elemen estetis. Tangga di area ini menghantar menuju ke ruang-ruang yang sifatnya lebih privat seperti kamar tidur utama, dua buah kamar anak, dan ruang keluarga.

 

Fasad depan yang tertutup oleh batang bambu pada massa silinder, membuat rumah ini disebut “rumah bambu”. 

 

 

 

 

 

Dari awal, Ida dan Deny mendambakan rumah dengan sentuhan natural serta penataan interior bergaya etnik Jawa. Pemilihan material batu alam, bambu dan kayu serta adanya taman yang melingkupi rumah mendukung konsep yang diinginkannya. “Desain rumah yang kental dengan sentuhan alami, mengingatkan kita akan suasana villa-villa di Bali, jadi tak perlu jauhjauh ke Bali jika ingin merasakan atmosfer alami,” papar Ida.

 

 

Bukaan ke arah teras, plafon tinggi, atap miring ditutup genteng membuat ruang duduk di lantai atas memiliki sirkulasi udara yang baik. Interior ruangan ditata dengan sentuhan etnik Jawa, dilengkapi susunan genteng bekas bangunan lama untuk menutup dinding.

 

 

       Interior Etnik Jawa Suasana etnik khususnya budaya Jawa, mulai dibangun dari area penerima di lantai dua, hingga masuk ke ruang keluarga. Penggunaan mebel-mebel lawas dari kayu mendominasi tatanan, dikombinasi dengan genteng-genteng bekas pakai yang tersusu rapi dalam posisi tegak lurus menutup dinding. Untuk memperlancar sirkulasi udara, dan juga agar rumah menjadi lapang, konstruksi atap sengaja diekspos. Di ruangan ini juga terdapat tangga menuju attic, yang berfungsi sebagai arena bermain dan perpustakaan kedua putri Ida dan Deny. Hadirnya pencahayaan dan penghawaan alami menjad hal utama yang bisa dirasakan di rumah ini. Ini tak lain untuk mengakomodasi iklim tropis yang menuntut tersedianya banyak bukaan dan cahaya alami. Selain banyaknya bukaan dan kaca, elemen vegetasi yang mengelilingi rumah juga turut mendukung terciptanya uang-ruang yang jauh dari panas.

      Penggunaan material lokal seperti bambu, batu alam memperkuat kesan natural dan rustic, serta mudah dalam perawatan. Bambu misalnya, jika dalam beberapa tahun mendatang menjadi rusak dan lapuk, tinggal diganti baru. Selain harganya tidak terlalu mahal, pemasangannya pun relatif mudah. Selain itu, pemilihan semen ekspos menggantikan warna –warna cat bukannya tanpa alasan. Selain memang suka dengan ekpsresi yang ditampilkan, juga untuk memudahkan perawatan. Jadi, tak perlu pusing untuk mengecat atau ganti warna bila terlihat kusam atau pudar, begitu alasan Ida, sang nyonya rumah.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10798 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8846 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7000 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6090 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4974 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4650 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4518 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4228 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4176 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4012 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3981 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3893 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 82 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com