• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

kala etnik berpadu modern tropis

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Kamis, 05 April 2012 19:38
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1971
  • 05 Apr

Rancangan rumah ini tercipta dari hasil kompromi yang baik, untuk memadukan dua keinginan gaya desain yang berbeda. Beberapa detil motif, pola dan tekstur hadir untuk menyatukan unsur etnik dan kekinian.

     Bagi Satrio Herlambang, arsitek dan pengusaha, segala hal yang beraliran modern, kekinian dan simpel merupakan suatu yang menarik baginya. Itu pula yang ditampilkannya pada desain rumahnya yang terletak di lingkungan Kebayoran, di tengah kota Jakarta. Namun, kesukaan Satrio harus disatukan dengan kecintaan sang isteri Sasha yang sangat menghargai sesuatu yang kreatif, dekoratif dan condong pada beragam hal etnik. Menyatukan dua selera yang berbeda, ditambah dengan usaha mempertahankan bagian-bagian tertentu saat renovasi rumah dilakukan, menjadi hal menarik untuk disimak. Rumah ini berangkat dari renovasi rumah lama yang desainnya kental dengan rumah-rumah Kebayoran tempo dulu. Desain rumah dikembangkan seefisien mungkin dengan memanfaatkan beberapa material bekas bangunan lama yang masih bisa digunakan. Material struktur rangka atap kuda-kuda yang masih cukup kuat, didaur ulang menjadi penutup lantai teras yang sekaligus berfungsi sebagai ruang tamu.

Ruang keluarga yang terang dan lapang, dilengkapi void luas dengan bilah-bilah vertikal dari kayu sebagai elemen dekoratif.



Tips :
Area foyer adalah area yang potensial untuk menjadi pusat perhatian sebuah ruang. Jadi sayang, jika area ini dibiarkan polos atau sama dengan area-area lainnya. Kita bisa menggunakan warna-warna yang sangat tua dan menyolok, semisal cokelat kopi, atau merah. Dan, jangan takut ruangan akan terlihat gelap atau sempit.


Rumah yang awalnya terdiri dari satu lantai plus sedikit ruangan di lantai dua, dikembangkan seluruhnya menjadi dua lantai sesuai dengan tuntutan kebutuhan ruang. Beberapa ruang posisi dan bentuknya masih dipertahankan, namun beberapa ruang lainnya didesain ulang dengan menambah unsur-unsur dekoratif. Keberadaan ruang terbuka berupa inner courtyard tetap dipertahankan, karena akan menciptakan pergerakan udara yang baik dalam ruangan. Dimulai dari area foyer, yang menyisakan sebagian dinding bercat merah di tengah-tengahnya. Dinding ini sekaligus berfungsi sebagai pembatas kearah ruang keluarga. Sebuah kaca cermin etnik dan kotak kuno menghias foyer.

Di balik foyer terdapat ruang keluarga yang luas. Sebagai focal point ruangan terdapat panel kayu dengan bilah-bilah vertikal di bagian atasnya, yang menjadi latar belakang kabinet televisi sekaligus partisi pemisah area tangga. Posisi bilah vertikal ini menerus hingga ke lantai dua, menembus void dan membuat kesinambungan antara lantai dasar dan lantai atas. Bilah-bilah vertikal ini menjadi elemen dekoratif yang mempercantik ruangan di tengah minimnya elemen dekoratif yang ada. Suasana di ruang keluarga terlihat lapang dan terang. Hanya terdapat seperangkat sofa dan single chair melengkapi saat santai menonton televisi, serta sebuah piano di balik dinding foyer. Adapun suasana lapang dan terang cahaya alami diperoleh dari void, serta bukaan inner courtyard di sisi kanan dan dari arah garasi di sisi kiri. Pemanfaatan bukaan menjadi cross ventilation membuat bangunan ini seakan “bernafas” sepanjang hari. Beberapa batang pohon bambu, sebuah “pintu” kayu berukir dan dinding bata menghias inner courtyard. Area ini juga sekaligus menjadi pemisah antara kamar mandi tamu dan ruang tidur tamu. Material kaca sandblast dipilih sebagai dinding pemisahnya, sehingga cahaya terang alami masih bisa tertangkap.

 “Ruang makan dengan sentuhan etnik dilengkap bukaan pintu lebar ke arah halaman belakang yang diisi hamparan rumput hijau”

Berlanjut ke area belakang, yang merupakan ruang makan dan pantry. Jika awalnya ruang makan agak tertutup dengan minim bukaan, maka saat renovasi dibuat bukaan yang lebih lebar dengan pintu-pintu kaca. Halaman belakang berupa pelataran rumput yang berhadapan dengan ruang makan menjadi potensi yang tidak disia-siakan. Kegiatan bersantap di ruang makan menjadi makin menyenangkan saat menikmati udara segar lewat halaman belakang. Sementara itu di lantai dua, difungsikan untuk menampung ruang-ruang yang sifatnya privat, seperti kamar tidur utama, kamar tidur anak, mushola dan ruang bermain anak. Meski tak banyak mendapat sentuhan dekoratif melalui pengolahan dinding, lantai ataupun plafond, rumah ini tetap terlihat homey. Ini tak lain berkat penataan dan penggunaan aksesoris yang sesuai dengan porsinya. Tidak kurang dan juga tidak berlebihan. Berkreasi dengan Motif dan Pola Sentuhan dekoratif ditampilkan secara maksimal pada fasad bangunan, dengan tetap menyatukan unsur kekinian dan etnik.

      Konsep fasad rumah berangkat dari perpaduan sederhana antara material masif dan transparan. Bentuk geometri yang bercita rasa lokal tropis dipadu dengan unsur etnik menjadi nilai tambah visual yang catchy, saat diaplikasikan dengan material modern untuk mendapatkan rasa kekinian dan modernitas desain. Fasad rumah menampilkan flying box yang diperoleh dari dinding lantai dua yang dilapis papan kayu imitasi dari composit plastic, sebagai wujud kekuatan ruang dengan bentuk variasi maju mundur yang seimbang. Untuk mengimbangi bentuk masif dari box ini, digunakan material kaca yang diaplikasikan secara variatif untuk mendapatkan variasi bentuk fasad. Kombinasi masif dan transparan dilengkapi dengan konsep secondary skin dari material plat besi, dengan teknik “laser cutting “ bermotif batik floral yang berulang. Motif plat laser cutting bertujuan untuk menambah daya tarik fasad sebagai pelengkap etnik modern tropis dari rumah ini.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10798 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8846 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7000 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6090 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4974 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4650 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4518 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4228 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4176 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4012 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3981 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3893 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 119 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com