• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Minimalis Kontemporer Di Rumah Kantor

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 03 Juli 2012 22:06
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1927
  • 03 Jul

Keterbatasan dana tidak menjadikan kita miskin ide. Berangkat dari biaya minim, ternyata menjadikan rumah yang juga merangkap sebagai kantor ini terlihat lebih kreatif.

 

 

 

Fasad rumah berbentuk susunan kotakkotak geometris. Selubung beton warna hitam bagian atas berperan juga sebagai sun shading balkon. Ruang keluarga hadir dengan dilengkapi bangku sofa panjang dan kabinet televisi. Tampil sederhana namun ruangannya bisa menampung banyak orang.

 

 

 

Pasangan muda Teky Widjaja dan Felly Widjaja yang baru dikaruniai seorang puteri ini merasa sangat bangga dan nyaman menempati rumah ini. Dalam proses desain rumah yang terletak di bilangan Cengkareng ini, pasangan suami istri ini terlibat langsung dalam mendesain pembangunannya, dibantu dengan Bevilia, M.T. adik sang suami. Simak beberapa ide desain yang terangkum pada hunian 180 meter persegi ini. Hunian yang terletak di hoek ini sudah nampak berbeda dari tampilan fasadnya dibandingkan rumah-rumah sekitar. Pagar rumah dibentuk dari susunan batu pondasi yang dipasang rapat-rapat agar menutupi plesteran pagar dan sekaligus untuk mengurangi penggunaan semen.

     Gubahan massa berbentuk kotak dipilih pasangan muda ini karena dirasa memiliki efisiensi struktur yang paling baik. Terlihat seperti tiga buah kotak yang berdekatan dan saling menempel, dua kotak saling tindih dan sebuah kotak balok yang dipasang berdiri miring. Penggunaan semen kamprot pada dinding fasad lebih dipilih Teky Widjaja dibanding batu alam, selain harganya lebih murah, tekstur yang dihasilkan lebih artistik.

     Sapuan warna pada fasad tidaklah jauh berbeda dari warna-warna modern bernada monokrom seperti hitam, putih dan abu-abu. Hasilnya adalah hunian yang simpel tanpa banyak kesan ramai. Meski demikian, kesederhanaan desain tetap terpancar, apalagi ditambah dengan tampilan batako ekspos. Massa bangunan memiliki fungsi ganda, yakni sebagai kantor dan juga rumah tinggal, seperti halnya SOHO, small office home office. Pengaturan tata letak kedua fungsi ini diatur efisien, baik dari segi biaya dan juga ruangnya.

     Pengaturan akses masuk kedua fungsi ini dibuat terpisah dari arah yang berbeda. Pengaturan dua pintu masuk dari dua arah yang berbeda lebih mudah, karena letak massa bangunannya yang berada di hoek. Beranjak masuk ke dalam rumah, ruangan tanpa banyak sekat kerap terlihat ketika memasuki rumah. Antara ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur berada pada satu ruang tanpa sekat.

Sehingga membuat ruang lebih terlihat lapang. Dengan tata letak seperti ini juga akan mempermudah jalur sirkulasi antara ruang yang satu dengan ruang lainnya. Tampilan elemen struktur bangunan di dalam rumah sarat dengan desain struktur yang sederhana. Seperti batako ekspos pada dinding yang sengaja tidak diplester, floor cement, dan plafon tanpa sapuan warna-warni cat serta struktur balok dan kolom yang sengaja diekspos. Hal yang nampak sederhana tetapi sesungguhnya lebih kreatif dan ekonomis.

     Untuk pemilihan furnitur, perabot berdesain modern dengan warna-warna gelap seperti hitam dan cokelat tua sengaja dipilih pemilik rumah. Harmonisasi warna furnitur dengan warna struktural bangunan dihadirkan dengan rentetan warna cokelat, hitam, putih dan abu-abu yang merupakan benang merah penataan tema warna ruang.


Ruang makan hadir dengan furnitur lebih modern. Meja kaca dengan empat buah bangku makan warna hitam. Ruang makan bersebelahan langsung dengan teras samping berlantai wooddeck dari kayu damar laut. dan Perangkat dapur menggunakan material yang tetap memiliki jalinan terhadap tema tema warna ruang seperti putih, cokelat dan abu-abu.

Cahaya matahari jatuh berlimpah ke ruang keluarga. Kehadiran void inilah yang mengizinkan cahaya mentari jatuh tepat ke ruang keluarga sesaat menembus jendela-jendela kaca di lantai dua. Beranjak ke area dapur, kesan lapang, bersih dan modern kerap terasa. Plafon dan dinding bercat putih membuat dapur lebih terang. Tipe L pada pengaturan tata letak perabot dan perangkat dapur ini menyisakan banyak ruang untuk jalur sirkulasi. Kamar mandi lantai satu tampil lebih simpel. Ambalan kayu untuk meletakkan washtafel tampil ringan dan membuat kamar mandi lebih luas. 


“Kamar tidur utama didesain dalam nuansa cokelat putih dengan sorotan lampu kuning yang menghadirkan romantisme kehangatan suami istri. Kamar mandi utama sengaja dihadirkan lebih natural dengan aplikasi batubatuan alam pada dinding.”

 

 


Dominasi sentuhan warna cokelat dan putih menghadirkan romantisme kehangatan yang sempurna. Tempelan batu alam yang mendominasi dinding kamar mandi, dengan tekstur dan warnanya yang asli membuat kamar mandi terlihat lebih natural. Ambalan kayu melayang memberi tampilan yang lebih simpel dan ringan. Kamar mandipun tidak terasa sumpek.

  Batako ekspos yang sederhana ini tetap harmonis bersanding dengan railing tangga stainless steel. Teksturtekstur dari batako ekspos menjadi suguhan yang menarik layaknya dinding dekoratif.

 

 

 

 

 

  Ruang anak kolom kuning berbalut warna kuning merupakan aksen yang simpel tapi tetap menarik. Memberikan atmosfir keceriaan anak pada ruang bermain anak. Bukaan jendela kaca ini cukup mengakomodir kebutuhan jumlah cahaya alami di dalam rumah. Balok ekspos dan void membuat dimensi ruang lebih lapang vertikal. Cahaya alami jatuh bebas menerangi ruang-ruang di dalamnya.

 

 

 

  Beranjak ke lantai dua, dapat ditemui ruang bermain anak yang khusus dipersiapkan pasangan suami istri ini. Aksen balutan warna kuning pada kolom mewakili nuansa keceriaan kanakkanak pada ruang ini. Secara keseluruhan Teky Widjaja berhasil menyuguhkan sebuah desain yang penuh dengan ide cemerlang untuk memangkas biaya pembangunan, tetapi tetap menghasilkan karya dengan hasil yang prima. Berkat pilah pilih dan otak atik material, hasilnya adalah sebuah hunian yang sarat ide dan tekstur.

 

 

Tips

1. Biarkan apa adanya tampilan material. Tanpa memberi plesteran dan cat pada dinding, akan lebih terlihat artistik berkat tekstur dan warna asli dari bata ekspos.
2. Material pengganti. Memilah dan memilih material yang lebih ekonomis harganya, tetapi tetap cantik tampilannya. Seperti mengganti railing tangga dengan kawat baja yang anti karat.
3. Gunakan sekat semi permanen. Mengganti dinding permanen dengan sekat semi permanen akan lebih membuat kita fleksibel untuk menata ulang tatanan interior ruangan. Selain itu bisa membuat ruang lebih terkesan lapang dengan menggeser sekat.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11472 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9746 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8643 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7697 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6796 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6517 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5179 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:5028 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4880 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4737 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4415 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4370 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4360 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4346 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4249 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 36 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com