• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Konsep Hijau untuk Hidup yang Lebih Baik

  • Kategori Induk: TIPS & ACCESSORIES
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 18 Februari 2011 18:37
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1018
  • 18 Feb

    
           Isu mengenai global warming memberikan dampak yang begitu luas di masyarakat.

Para praktisi pun terpicu, untuk bisa menghadirkan sebuah bangunan berkonsep “green” demi mencapai kehidupan yang lebih baik.  

     Konsep  Green Building atau  bangunan hijau sudah dikembangkan pada tahun 1970-an sebagai respons terhadap krisis energi dan keprihatinan masyarakat tentang lingkungan hidup. Iinovasi untuk mengembangkan green building terus dilakukan, sebagai upaya untuk menghemat energi dan mengurangi masalah-masalah lingkungan.

    Green building  sering didefinisikan sebagai  sustainable building  atau bangunan yang berkelanjutan. Ssebagian orang juga menyebutnya sebagai  eco-homes atau   bangunan yang berwawasan lingkungan. Aada berbagai pendapat tentang apa saja yang bisa digolongkan sebagai green building, namun pada umumnya setuju bahwa green building adalah sebuah bangunan yang strukturnya diletakkan, dirancang, dibangun, direnovasi dan dioperasikan untuk panduan hemat energi, sehingga lebih ekonomis untuk digunakan dan memberi dampak positif bagi lingkungan.
    secara singkat konsep green building  bisa didefinisikan sebagai pola pikir dalam arsitektur, yang memerhatikan unsur-unsur alam yang terkandung di dalam suatu tapak untuk dapat digunakan.

Membangun Harapan untuk Masa Depan

               Meskipun masih dalam masa pengembangan, green building  termasuk pesat pertumbuhannya. Bahkan di beberapa negara maju sudah menuntut spesifikasi green building dalam perencanaan dan pembangunan bangunan baru, sebagai bagian dari strategi  sustainable building  yang lebihluas. Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan nantinya  green building  bisa muncul di seluruh penjuru negeri.
              Dalam usia terancam oleh perubahan iklim, kekurangan energi yang semakin meningkat dan masalah kesehatan, memang masuk akal untuk membangun rumah yang tahan lama, menghemat energi, mengurangi limbah dan polusi, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Green Building lebih dari sebuah konsep untuk hidup berkelanjutan, tetapi bisa membangun harapan untuk masa depan.

Elemen-elemen  Green Building

               Ada sekiranya empat hal utama yang perlu dipertimbangkan kala membangun sebuah bangunan dengan konsep green building.

1. Material
Dimana segalanya diperoleh dari alam,renewable sources yang telah dikelola dan dipanen secara berkelanjutan,atau yang diperoleh secara lokal untuk mengurangi biaya transportasi,serta diselamatkan dari bahan reklamasi di lokasi terdekat. Material yang dipakai menggunakan green specifications seperti, energi yang dihasilkan,daya tahan material, minimalisasi limbah, dan dapat untuk digunakan kembali atau daur didaur ulang.

2.Air
Mungki sedikit sulit untuk bisa mengurangi penggunaan air.Namun,beberapa teknologi filtrasi telah diciptakan untuk mendaur ulang air dari limbah rumah tangga, sehingga bisa digunakan kembali untuk tangki toilet atau keperluan menyiram tanaman.

Trik lainnya yang bisa dilakukan adalah menggunakan peralatan hemat air, seperti shower bertekaan rendah, kran otomatis, tangki toilet yang dilengkapi dengan low-flush toilet. Atau segala peralatan yang intinya mengatur penggunaan air dalam bangunan sehemat mungkin.

3. Energi
Perencanaan dalam pengaturan energi didalam rumah sangat diperhaikan untuk membangun sebuah bangunan berkonsep green building.
- Sirkulasi udara yang optimal untuk mengurangi penggunaan penyejuk udara
-Mengoptimalkan cahaya matahari sebagai penerangan disiang hari
-Pemilihan panel surya untuk alternatif energi.
-Aplikasi jendela dengan bukaan-bukaan lebar di dalam rumah untuk sirkulasi udara dan cahaya.

4. Faktor Kesehatan
Faktor kesehatan menjadi sesuatu yang terus dibicarakan dalam konteks bangunan hijau, karena rumah yang sehat akan menghasilkan penghuni rumah yang sehat pula.Dengan menggunakan material dan produk-produk non toxic didalam rumah,secara tidak langsung anda telah meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, dan mengurangi tingkat asma atau alergi.Material yang bebas emisi, tahan untuk mencegah kelembaban yang menghasilkan jamur ataupun debu lainnya.
Kualitas udara dalam ruangan juga harus didukung penggunaan sistem ventilasi yang efektif dan bahan-bahan pengontrol kelembaban yang memungkinkan bangunan untuk bernapas.
Selain keempat elemen tersebut,green building harus dapat direalisasikan dengan cara menekan biaya untuk pekerjaan konstruksinya.Banguan berkonsep hijau juga diterapkan demi memenuhi kebutuhan yang lebih luas dari masyarakat, melalui penggunaan tenaga kerja lokal, dan memastikan bangunan diletakkan secara tepat untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11433 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9651 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8623 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7654 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6748 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6502 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5159 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4997 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4862 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4719 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4398 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4354 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4342 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4324 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4233 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 17 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com