• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Mendandani Ruang Makan

  • Kategori Induk: TIPS & ACCESSORIES
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 19 September 2011 17:36
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1268
  • 19 Sep
Kehadiran ruang makan, sama pentingnya dengan ruang keluarga dalam sebuah rumah. Karena disinilah, tercipta interaksi anggota keluarga secara hangat dan akrab.

     Sebelum mendandani ruang makan, coba cek lagi fungsi ruang makan di rumah Anda. Karena, saat ini keberadaan ruang makan sering menjadi ruang multifungsi. Yaitu sebagai ruang makan, tempat duduk sambil menonton televisi, tempat si kecil mengerjakan tugas atau juga sebagai meja kerja bagi pasangan.

 

Ruang makan terhubung dengan area pantry. Salah satu dinding dihiasi ambalan-ambalan untuk memajang aksesoris. Plafonnya berupa susunan kotak-kotak geometris, yang terpasang menggantung. Kombinas warna cokelat dan putih, dengan sentuhan finishing glossy dan duco, ditambah dengan lampu gantung berdesain organic dari bahan aluminium, memberi kesan modern yang kuat. (Lokasi : Casa Villa I, Jakarta Garden City, Jakarta/ Foto : Ricky P)

 

 

Yang harus diperhatikan dalam menata ruang makan

- Luas ruang ruang. Untuk ruangan kecil dan terbuka, tempatkan meja makan merapat pada satu dinding. Selain menghemat tempat, juga tidak mengganggu sirkulasi orang.
- Meja makan. Bentuk meja persegi empat, berkapasitas 2-4 orang praktis untuk keluarga keci. Meja bundar, memberi kesan akrab, namun kurang pas ditempatkan di sudut ruang.
- Jumlah kursi. Sesuaikan dengan kebutuhan (minimal sama dengan jumlah anggota keluarga) dan luas ruang. Tidak harus terpaku pada banyak kursi (6-8 kursi). Untuk ruangan kecil gunakan meja kecil atau meja bar dengan dua buah kursi, buat merapat ke dinding sehingga tersisa ruang kosong,
- Tata cahaya. Lampu gantung di atas meja makan, bisa menjadi penerangan sekaligus aksesori. Pilih lampu gantung berbahan transparan agar cahayanya terang tapi tidak menyilaukan.
- Aksesoris / elemen dekoratif. Tambahkan lampu hias menjulur rendah atau chandelier, selain sebagai penerangan tambahan, juga sebagai sentuhan estetika. Gunakan lukisan, hiasan dinding, art work, table runner, alas piring, ambalan pada dinding, atau kaca cermin pada salah satu dinding sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik area ruang makan
- Olah plafon. Tepat diatas meja makan, plafon bisa diolah menjadi bentuk-bentuk menarik, misalnya dengan up atau drop ceiling dengan indirect lighting, atau dengan deretan balok-balok kayu yang tersusun pada plafon. Penggunaan material plafon yang berbeda pada area ini, bisa menjadi point of view ruangan.
- Area penyimpanan. Untuk menghemat tempat biasanya lemari penyimpanan ditempatkan menyatu dengan pantry. Manfaatkan dinding ruang makan untuk cabinet pantry atau rak-rak penyimpan terbuka. 

 

Berani memilih warna

 

Bagian atas meja makan, seakan “dikelilingi” pita merah, yang menerus dari dinding hingga plafond. Pancaran sinardari botol-botol lilin di atas meja, menghasilkan efek pendar-pendar menarik pada plafond. Warna merah di area ruang makan, tepat untuk merangsang nafsu makan. (Lokasi : kediaman Jonas Mulia, Jakarta/Foto : Ricky P).

 

     Aplikasi warna di ruang makan, dapat menciptakan mood dan nafsu makan. Warna yang kuat akan menciptakan suasana dramatis, atmosfer intim. Warna-warna yang tajam dan terlalu mencolok, bisa dipilih pada perlengkapan makan dan aksesoris, tapi tidak pada dinding ruangan,

 

Merah. Tepat untuk merangsang nafsu makan. Pilih warna merah tua dengan semburat magenta hingga keungu-unguan seperti buah terong. 

Kuning. Kuning memberi rangsangan secara visual terhadap makanan yang tersaji
Hijau. Hijau terang, dapat merangsang nafsu makan, sehingga kegiatan makan menjadi makin berselera.
Terakota & Cokelat. Pilihan yang baik untuk ruang makan, karena memberi kesan hangat dan bersahaja.

 

Yang harus dihindari di ruang makan
• Hindari warna pink dan ungu tua, karena akan menekan nafsu makan.
• Jangan tempatkan lilin beraroma yang biasa dipakai di kamar tidur atau ruang tamu, karena akan merusak aroma makanan.

 

Jangan ragu memadu madan warna kursi, serta memasang satu kursi dengan bentuk berbeda yang tampil sebagai point of interest. Kursi berwarna biru dengan motif etnik, dikombinasi dengan kursi warna cokelat, dan warna biru. Untuk mejanya, terbuat dari material stainless steel berdesain unik, yang tampil senada dengan salah satu kursinya.(Koleksi : Artura, Kemang, Jakarta / Foto : Edo Simanjuntak)

 

 

 

Tambahkan table runner dengan sentuhan etnik, perlengkapan perangkat makan, serta hiasan lilin berwarna silver, sehingga menyatu dengan desain mejanya. (Koleksi : Artura, Kemang, Jakarta / Foto : Edo Simanjuntak)

 

 

 

 

 

 Bentuk Meja

Untuk ruangan sempit, desain ruang makan ini bisa jadi pilihan. Terinspirasi dari tempat duduk di café-café, berupa sofa menerus dikombinasi dengan dua buah kursi, dengan meja berbentuk kotak yang simpel. Menariknya, bagian kaki meja sekaligus berfungsi sebagai area penyimpanan. (Lokasi : Apartemen Maple Park, Jakarta/ Foto : Ricky P)

 

 

 

 

Perangkat meja dan kursi makan kayu berdesain etnik memberi kesan santai dan homey. Tinggi kursi tidak terlalu tinggi, sehingga jauh dari kesan formal. (Lokasi : Kediaman Vivi & Lukas, Bekasi / Foto : Edo Simanjuntak) 

 

 

 

 

Meja kecil tinggi berbentuk persegi empat, dilengkapi dengan kursi bar. Kaki meja didesain simpel dan melayang, agar tidak memakan banyak tempat. (Lokasi : kediaman Cinta Laura, Jakarta/Foto : Dadan Rukardan)

 

 

 

 

Kesan dan peruntukan.
- Bentuk persegi panjang. Berkesan formal, kapasitas 6-8 orang, cocok untuk ruang memanjang.
- Bentuk persegi empat. Pas untuk keluarga kecil, kapasitas 2-4 orang, cocok untuk ruangan mungil.
- Bentuk bundar/oval. Berkesan lebih akrab. Meja bundar/oval bisa juga ditempatkan di sudut ruang, namun menyisakan ruang.

 

Sebagai referensi desain, bisa digunakan mood board, yaitu papan yang berisi komposisi gambar-gambar yang bakal digunakan untuk mewujudkan desain yang diinginkan

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11333 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9390 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8582 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7575 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6597 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6446 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5129 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4915 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4835 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4689 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4362 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4320 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4307 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4272 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4204 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 22 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com