• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

DANDANI KAMAR TIDUR

  • Kategori Induk: TIPS & ACCESSORIES
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Kamis, 15 Desember 2011 20:36
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1082
  • 15 Des

Beristirahat di malam hari setelah penat beraktifitas adalah saat yang dinanti-nantikan. Karenanya, penting untuk investasi di kamar tidur, untuk mendapatkan suasana tenang dan rileks. Luangkan sedikit dana ekstra, dan ubah kamar tidur menjadi tempat ternyaman di istana Anda.

     “Salah satu kunci mengubah tampilan kamar adalah memilih potonganpotongan elemen interior dalam berbagai tektur. Mulai dari meja kayu, karpet, tirai atau bantal.” Kamar tidur dinilai sebagai area penuh privasi, karena disinilah segala aktifitas yang bersifat pribadi dilakukan. Tak heran jika desainnya kerap disesuaikan dengan personalisasi penghuninya.

Tak semua orang mendapat kesempatan memiliki kamar tidur yang luas, yang didalamnya berisi tempat tidur ukuran King, wardrobe mahal, meja rias cantik atau perangkat ruang duduk yang nyaman. Namun kita bisa mempelajarinya, untuk diaplikasikan dengan apa yang kita punya, dalam ruangan mungil kita. Mari kita simak, apa-apa saja yang bisa dilakukan.

PERENCANAAN
     Membuat segala sesuatunya serba simpel, adalah ide terbaik dalam penataan. Secara visual, penggunaan warna-warna netral akan memberi kesan luas ruangan. Warna gelap pada dinding cenderung membuat ruangan telihat lebih sempit. Sementara itu warna-warna terang akan menjadi elemen dalam ruang. Warna seperti biru dan hijau akan menenangkan dan membuat rileks di kamar tidur. Walaupun tak ada aturan khusus bahwa Anda tidak dapat menambahkan beberapa warna merah pada dinding, sebagai penambah semangat atau rangsangan.

Tema kamar ditata dalam satu “tone” warna dikombinasi dengan bidang putih sehingga terlihat lebih ‘playful’ tanpa meninggalkan kesan elegan.

 

 

 

 

 

1.PILIH TEMPAT TIDUR YANG TEPAT
Tempat tidur tentu saja adalah focus utama dalam ruangan. Anda bisa memilih tatanan bergaya Zen dengan kasur tatami, atau tempat tidur berketinggian rendah. Desain tempat tidur ini akan memberi kesan plafon ruangan terasa lebih tinggi. Rangka tempat tidur bergaya simpel terasa efektif, karena garis-garisnya yang bersih akan membuat ruang terlihat lebih teratur dan rapi. Ruangan kecil sebaiknya menghindari desain tempat tidur yang dihiasi dengan headboard, karena akan membuat posisi tempat tidur lebih jauh dari dinding, yang berakibat ruang gerak dalam ruang menjadi terbatas.

     Tempat tidur bergaya panggung, dengan memanfaatkan panggung sebagai area penyimpanan. Panggung dibuat dari kayu olahan, setinggi 25 cm. Matras diletakkan langsung di atas panggung, sehingga membuat plafon ruangan terasa lebih tinggi. (Lokasi : Show unit JGC, Jakarta/ Foto : Ricky P)

2.GUNAKAN PENUTUP LANTAI SECARA BENAR
Mata kita, otomatis akan mengambil syarat visual dengan melihat ruang dan jarak. Lantai kamar tidur berperan dalam menciptakan ilusi ruang, karena garis lantai akan menarik mata kita sepanjang yang ada. Papan kayu, keramik tile, dan potongan bambu dapat ditempatkan secara diagonal, tidak hanya secara parallel atau tegak lurus terhadap dinding. Penempatan secara diagonal akan membuat ruangan terlihat lebih panjang, dan lantai kamar otomatis akan terlihat lebih luas.

 

 

3.PILIHAN PENCAHAYAAN
Seperti layaknya konsep warna, terang tidaknya cahaya akan mempengaruhi volume ruangan. Jika ruangan Anda kekurangan cahaya alami, gunakan lampu ber-watt tinggi untuk mendukung kelancaran aktivitas dalam ruangan. Bagaimanapun, aplikasi jenis-jenis pencahayaan tertentu, bisa membuat “keajaiban” dalam sebuah ruangan, melengkapi penekanan fi tur desain pada perabotan serta membantu menciptakan suasana hangat dan nyaman. Pencahayaan tersembunyi pada plafon secara visual akan menaikkan tinggi plafon. Selain itu, pencahayaan yang diletakkan tepat di bawah atau atas rak dinding/ambalan, berkesan memperluas dinding.

     Saat memilih kap lampu, perhatikan bentuknya. Kap lampu berbentuk persegi cocok untuk kamar tidur kecil, dan letakkan sedekat mungkin pada dinding, sehingga memungkinkan terdapat banyak ruang pada meja di samping tempat tidur. Sebagai pelengkap, bisa digunakan lampu dinding, untuk menambah terang cahaya dalam ruang. Untuk aliran cahaya maksimum dalam ruang, tempatkan cermin pada posisi di seberang sumber cahaya alami. Langkah ini bisa untuk menambahkan efek cahaya lebih mendalam, sekaligus memberi kesan ilusi ruang, terlebih untuk ruangan-ruangan yang sempit.

      Lampu setinggi 1.40 cm yang tergantung di plafon, menjadi daya tarik tersendiri di kamar tidur. Desain dan warnanya yang putih, menjadi point of view ditengah dominasi warna cokelat di kamar tidur. Pencahayaan juga dihadirkan dari dinding belakang, bagian bawah tempat tidur, serta dari lantai panggung. (Lokasi : kediaman di Cibubur, Jakarta Timur / Foto : Ricky P)

Aplikasi wallpaper motif garisgaris vertikal, membuat ruangan terlihat tinggi dan makin lapang. Ulangi penggunaan wallpaper untuk menutup panel dibbelakang TV.

 

 

 

4.ELEMEN DEKORATIF
Hindari penggunaan tirai tebal dengan motif/pola yang berat. Sebaiknya, pilih jenis kain yang ringan dan berlapis simple. Tirai memiliki volume yang tipis, namun masih memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamar. Roller dan roman blinds mudah digulung atau dilipat, sehingga ruangan akan tampak lebih besar terutama saat siang hari. Penggunaan elemen dekoratif yang terlalu ramai, akan membuat suasana kamar jauh dari rasa hangat dan nyaman. Akibatnya saat istirahat menjadi terganggu.

 

Bersihkan Tirai/Blind Jendela
- Gunakan vacuum cleaner sekali seminggu untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada permukaan
- Setiap 3-4 bulan sekali, bersihkan tirai dengan spons yang sebelumnya telah direndam dalam air hangat, dan tambahkan sedikit sabun agar kotoran lebih mudah terangkat
- Jika blind dapat dengan mudah dilepas dari jendela, Anda dapat merendamnya dalam air sabun yang hangat ± 30 menit, lalu bilas dan jemur hingga kering.

 

pilih tirai atau roller blind?

Tirai

- Dapat menutup ruangan dari cahaya dengan sempurna
- Tirai biasanya digunakan dengan warna dan tekstur berlainan; atau pilih tirai tebal dan tekstur mewah untuk menciptakan suasana dramatis.
- Tirai harus secara berkala “diturunkan” dari jendela untuk dicuci, agar debu yang menempel hilang. Butuh biaya pemeliharaan yang tidak sedikit.
- Roman blind, selain indah dan fungsional, dapat mudah diturunkan/dinaikkan sesuai kebutuhan.
- Tirai memiliki banyak variasi warna dan motif Roller Blind
- Kelengkapan motor di bagian atasnya, memberi kenyamanan saat digunakan.
- Saat siang hari, blind dapat ditumpuk rapi di salah satu sudut jendela, untuk memaksimalkan cahaya alami masuk ke
dalam ruangan. Di malam hari, meski dapat memblokir cahaya masuk, namun tetap ada sedikit cahaya yang menyelinap masuk melalu celah-celah blind.

5.SIAPKAN AREA PENYIMPANAN
Pintar memilih tempat penyimpanan, adalah langkah tepat untuk mendapatkan lebih banyak ruang dalam kamar tidur. Pilih tempat penyimpanan yang didesain built-in atau multifungsi. Misalnya lemari yang terorganisasi, area penyimpanan di bawah tempat tidur, sofa bed atau di meja samping tempat tidur. Penempatan lemari built-in yang “rata” dengan dinding, membuat tampilan ruang menjadi lebih rapi dan luas. Rencanakan desain tata letak ruang dengan cermat, termasuk pemanfaatan ruang dibalik atau disamping lemari built-in, sehingga diperoleh tampilan yang “rata”.

 IDE UNTUK ANDA
• Dandani kamar tidur sesuai dengan kebiasaan dan kepribadian penghuninya. Gunakan palet warna dan elemen desain yang sama, untuk menampilkan keseragaman yang unik.
• Mainkan dimensi ruang lewat pemilihan beberapa furnitur. Furnitur yang tinggi akan terlihat impresif, namun juga menghalangi luasnya pandangan.
• Ciptakan penekanan tampilan atau pada fi tur dinding yang khas, lewar wallpaper atau fabric bertekstur.

 

Jika Anda menghindari penggunaan wallpaper pada keempat sisi dinding kamar, kenapa Anda tidak memasangnya hanya pada satu sisi saja, untuk menciptakan kesan dramatik ?. Intinya, hindari penggunaan detil dekorasi yang “berat”. Gunakan secukupnya, yang dapat menambah kesan dramatik dan sensasi secara positif.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11428 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9641 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8619 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7649 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6740 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6493 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5153 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4987 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4857 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4712 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4392 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4349 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4334 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4315 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4226 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 24 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com