• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Mewarnai Kamar Tidur Anak

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Kamis, 27 Maret 2014 19:00
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 836
  • 27 Mar
 
   Pemilihan warna yang tepat, dapat mendukung perkembangan anak sehingga tumbuh menjadi sosok berkarakter baik.

   Warna sangat berperan dalam kehidupan manusia. Oleh bantuan cahaya, manusia dapat mengenali warna dunia berikut ragam objek di dalamnya. Hijau tetumbuhan dan aneka bunga, tanah dan bebatuan cokelat hingga hitam, langit dan lautan bernuansa biru, dan sebagainya. Setiap aktivitas manusia nyaris tak bisa lepas dari keberadaan warna.

   Warna memberikan efek psikologis serta mampu memengaruhi emosi manusia. Setiap warna memiliki karakter serta memberikan efek berbeda. Dengan demikian pemilihan warna ruang haruslah tepat karena akan memengaruhi manusia yang tinggal di dalamnya. Bagaimana memilih warna untuk ruang tidur anak?

Memahami Karakter Anak

   Meskipun terdapat sedikit perbedaan terkait gender (laki-laki/perempuan), namun secara umum anak-anak adalah sosok yang memiliki karakter dinamis dan selalu ceria. Pemahaman karakter anak merupakan pegangan penting dalam merancang kamar anak. Karena karakternya bisa jadi anak-anak tetap saja bermain dan berkreasi di ruang tidurnya.

   Sebaliknya karena keterbatasan luas, sebuah ruang harus menjadi ruang tidur sekaligus tempat belajar dan bermain bagi anak. Bagaimanapun, jika dapat memahami karakter anak Anda dapat memilih desain ruang dan furnitur yang tepat. Dalam konteks ini, satu hal yang sangat penting adalah memilih warna ruang yang paling sesuai. Warna ruang bukan saja harus selaras serta menyenangkan bagi anak, namun juga mendukung perkembangannya sehingga terbentuk karakter yang baik.

Memilih Warna

   Dalam memilih warna untuk ruang tidur anak, pertama-tama harus dipertimbangkan karakter anak bersangkutan. Atau sebaliknya, Anda harus mempertimbangkan efek psikologis warna yang ingin dikenakan kepada anak yang mendukung perkembangan mentalnya ke arah terbaik.

   Misalnya, jika si anak terkesan selalu murung dan kurang dinamis maka ada baiknya memilih warna yang mampu memberikan efek menceriakan dan membangkitkan semangat.Nah, berikut ini kami sajikan beberapa karakter warna yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum mengaplikasikannya pada ruang tidur anak.   

Biru Dan Hijau Yang Menenangkan

   Warna biru pada dasarnya memberikan suasana sejuk—seperti halnya nuansa langit dan lautan. Warna biru juga mampu membangkitkan imajinasi bagi semua kalangan usia. Warna biru akan menjadi pilihan ideal jika ingin menghadirkan suasana tentram sekaligus meningkatkan sensitivitas anak. Konon warna biru juga bisa mengatasi insomnia. Beberapa pilihan nuansa biru antara lain biru laut, biru langit, dan biru dongker/gelap.

   Sebagaimana biru, hijau termasuk warna yang memberikan efek menenangkan serta mengurangi rasa tegang dan emosi sehingga dapat membuat seseorang lebih relaks. Efek relaksasi yang membawa rasa nyaman yang ditimbulkan oleh warna hijau tentu sangat tepat menjadi bagian dari nuansa ruang tidur anak. Variasi warna hijau antara lain hijau muda, hijau tua, hijau citrus, hijau daun, hijau kekuningan, dan sebagainya. 

Kuning Dan Perubahan Mood

   Selain menarik perhatian, warna kuning juga memberikan efek merangsang perubahan suasana hati (mood) dan membangkitkan vitalitas serta meningkatkan keceriaan. Hanya saja penggunaan warna kuning yang terlalu cerah pada ruang tidur anak perlu dihindari karena justru akan menimbulkan kecemasan. untuk menutup bidang yang relatif luas aplikasi kuning pastel lebih disarankan, sementara kuning cerah dapat dihadirkan sebagai aksentuasi.

Merah Dan Oranye Meningkatkan Semangat

   Merah memberi kesan hangat dan dikenal sebagai  warna kuat yang paling mudah merangsang saraf, meningkatkan adrenalin dan tekanan darah. Warna ini memberi berbagai pengaruh psikologis seperti meningkatkan emosi serta menimbulkan perasaan gembira dan bersemangat. Anak-anak umumnya sangat tertarik dengan warna merah. Namun aplikasi merah pada ruang yang dikhususkan untuk tidur sebaiknya cukup sebagai aksen. Sementara untuk bidang luas pilihan variasi merah yang lebih lembut seperti merah jambu (pink) lebih disarankan.  

   Warna lain yang berkesan hangat adalah oranye. Walaupun tidak seatraktif warna merah, kehangatan dari campuran unsur merah dan kuning ini juga mampu meningkatkan mood dan menimbulkan rasa nyaman. Dengan efek tersebut, tentu warna ini sesuai untuk ruang tidur anak terutama dalam nuansa pastel.

Ungu Memberi Respons Positif

    Pilihan warna ungu untuk ruang anak relatif kurang populer karena persepsi yang kurang tepat dari orang dewasa terhadap warna ini. Namun sesungguhnya, ungu merupakan warna yang mampu memberikan respons positif terutama pada anak-anak, antara lain karena dapat meningkatkan intuisi. Jadi, tidak ada salahnya memilih warna ini untuk ruang tidur anak. 

Putih Sebagai Penyeimbang

   Putih dikenal memiliki sifat steril dan netral. Putih yang memberikan kesan terbuka dan lapang sebaiknya tampil sebagai warna penyeimbang atau dipadukan dengan warna lain. Alasannya, jika berdiri sendiri, putih cenderung membosankan, mempercepat timbulnya kelelahan mata, dan memberi kesan statis. Kelebihannya, warna ini sangat fleksibel sehingga dapat dikombinasikan dengan warna apa pun. 

Perpaduan Beberapa Warna

   Meski tidak mutlak, beberapa warna mungkin saja diasosiasikan pada gender tertentu. Misalnya biru yang cenderung maskulin diasosiasikan dengan laki-laki, sementara kuning dan merah jambu identik dengan feminisme perempuan. Perpaduan beberapa warna dapat menjadi pilihan jika satu warna saja kurang mewakili nuansa atau efek psikologis yang diharapkan. Kombinasi warna diharapkan dapat mengantisipasi karakter anak yang berbeda-beda dan terus berkembang maupun fungsi ruang tidur yang sekaligus bisa menjadi tempat bermain dan belajar.

   Beberapa kombinasi warna untuk ruang tidur anak misalnya kuning pastel atau oranye dengan aksen merah; kuning/oranye dan hijau dengan putih sebagai penyeimbang; gradasi warna biru dengan putih; ungu dengan merah jambu; merah, biru, dan putih; dan sebagainya. Dalam memadukannya ada baiknya dipertimbangkan juga karakter dari setiap warna. Padukan warna-warna lembut dengan warna kuat secara proporsional. Warna-warna kuat ada kalanya cukup hadir sebagai aksentuasi.

Aplikasi Warna lewat Elemen Ruang

    Warna-warna pilihan untuk ruang tidur anak dapat diaplikasikan melalui elemen pembentuk ruang—lantai, dinding, plafon—dan juga furnitur pengisi serta elemen dekoratif. Sebagaimana telah disarankan, kombinasi warna dapat dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan karakter anak dan juga fleksibilitas fungsi ruang tidur anak.

   Warna dominan untuk ruang terutama dapat diterapkan pada elemen dinding, plafon, dan juga lantai. Pengecatan bisa jadi merupakan pilihan termudah. Namun, Anda bisa juga menggunakan alternatif lain, seperti wallpaper untuk dinding, karpet untuk lantai, dan lain-lain. Sementara warna-warna tambahan dapat dihadirkan lewat berbagai elemen pengisi ruang seperti furnitur dan unsur dekoratif. Saat ini telah banyak dijual furnitur dengan beragam desain dan kombinasi warna yang sangat sesuai untuk digunakan pada ruang tidur anak.     

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7469 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6423 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4837 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 49 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com