• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

SERBA-SERBI KAMAR MANDI

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Selasa, 24 Maret 2009 19:39
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 830
  • 24 Mar
Kamar mandi sebagai area paling pribadi untuk membersihkan diri, harus dapat mengakomodasi kegiatan lain seperti berhias diri, merawat tubuh juga bersantai. Kegiatan membersihkan diri, bisa semakin menyehatkan.

Desain kamar mandi, saat ini telah jauh berubah dibanding dengan masa 30 tahun lalu. Kamar mandi tidak lagi identik dengan “ruang belakang’ yang harus disembunyikan. Kini lokasi kamar mandi tidak hanya di  belakang, tetapi bisa di tengah dan di area depan. Bahkan kamar mandi yang terletak di kamar tidur utama seakan menjadi suatu kebutuhan seiring dengan gaya hidup modern.
Saat ini dikenal dua tipe kamar mandi, yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Kamar mandi basah yang identik dengan gayung, merupakan pengaruh budaya ketika orang masih mandi di sumur atau sungai. Kamar mandi pun dibuat di dekat sumur untuk memudahkan pasokan air ke bak air.  Seiring dengan perkembangan teknologi dimana air berasal dari perusahaan air minum atau pompa air listrik, maka air pun bisa mengalir setiap waktu. Keberadaan kamar mandi basah tergeser oleh kamar mandi kering, yang banyak dipengaruhi oleh budaya barat.
Karenanya, kamar mandi kering kini lebih menjadi pilihan. Selain terlihat lebih bersih dan nyaman, kamar mandi kering juga lebih aman karena terhindar dari lantai licin yang membahayakan akibat lumut. Pembiakan nyamuk aedes aygypty penyebab demam berdarah juga bisa dihindari dengan tiadanya bak air. Di samping itu, kamar mandi kering juga hemat air, hemat waktu dan juga mudah dibersihkan sehingga perawatannya lebih praktis.
Dalam perkembangannya, kedua tipe kamar mandi tersebut diterapkan secara bersamaan, serta dikenal dengan istilah area basah dan area kering. Area basah dan area kering dipisahkan oleh sesuatu yang bisa menahan air, seperti pembatas kaca, tembok masif setinggi 1 m, atau dengan membuat perbedaan ketinggian lantai. Area basah dibuat lebih rendah ±7 cm dari area kering, sehingga air yang digunakan saat mandi di area basah tidak mengalir ke bagian kering.
Berubahnya desain kamar mandi, mengiringi perubahan gaya hidup dan kebutuhan, terutama orang- orang yang tinggal di kota besar. Kamar mandi dirasakan sebagai suatu kebutuhan untuk tempat bersantai yang nyaman, tempat melepas penat setelah beraktifitas seharian. Beragam desain diupayakan untuk menciptakan kenyamanan di kamar mandi. Bathtub sebagai tempat berendam diyakini dapat menghilangkan stress dan rasa penat. Padahal dari segi kegunaan, bathtub yang diadopsi dari budaya Barat ini, kurang cocok untuk iklim tropis.
Perkembangan desain kamar mandi juga mengarah pada tersedianya fasilitas untuk masing-masing pasangan, khususnya pada kamar mandi utama. Dikenal dengan istilah kamar mandi bergaya “He and She”, kamar mandi yang terletak dalam satu area ini menyediakan dua kloset, dua wash basin, dan dua tempat pancuran. Kadangkala, beberapa pasangan mempunyai kebiasaan mandi yang berbeda  dan satu sama lain tidak mau saling mengganggu.
Lain halnya, ada pula pasangan yang menginginkan keterbukaan. Antara kamar mandi dan kamar tidur hanya dipisahkan oleh dinding kaca, atau bahkan tanpa pembatas sama sekali. Kamar mandi berdesain seperti ini biasanya digunakan pada kamar tidur yang menerapkan privasi tinggi di ruangannya. Cara ini sekaligus menjadi salah satu teknik memberi kesan luas pada ruangan, dan juga kedua ruangan terasa menjadi satu.
Sementara itu dari segi besaran ruang, tak perlu lahan luas untuk membuat kamar mandi apik, bersih dan sehat.  Yang terpenting adalah pemenuhan fungsinya sebagai tempat membersihkan diri. Jika area yang tersedia terbatas, ruangan dengan ukuran 1.3m x 1.5m sudah cukup untuk memenuhi fungsi kamar mandi secara optimal. Selebihnya, pisahkan ruangan menjadi area kering dan basah. Pembagian area bisa dilakukan dengan membedakan ketinggian lantai, memakai pintu kaca, dinding atau screen shower.
Untuk membuat kamar mandi makin estetis dan nyaman,  bisa melalui pemilihan material dan sanitari secara tepat. Sesuaikan dengan konsep atau tema secara keseluruhan, namun tetap mempertimbangkan fungsi dan anggaran yang tersedia. Dan yang terpenting, jangan terjebak dengan desain yang bagus semata, namun utamakan fungsi dan kesediaan ruangan.

TIPS
SMART MERANCANG KAMAR MANDI

-    Catat semua kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan di         kamar mandi.
-    Pilih tema desain kamar mandi, pertimbangkan sisi biaya.
-    Ukur ruangan secara cermat.
-    Organisasikan ruangan secara efisien.
-    Tentukan perlengkapan yang tersedia.
-    Maksimalkan keterbatasan luasan dengan                 memanfaatkan bidang vertikal menjadi bagian fungsi         ruang.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7469 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6423 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4837 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 25 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com