• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Merancang home theatre

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Jumat, 14 Mei 2010 22:26
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2467
  • 14 Mei
Menonton film atau berkaraoke masih menjadi media hiburan yang digemari masyarakat, setelah satu minggu penuh berkutat dengan tugas-tugas kantor. Selain berkumpul bersama, bioskop kerap menjadi ‘ajang pelarian’ dari segudang pekerjaan yang seakan tak pernah ada habisnya. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang memilih untuk istirahat dan bermalas-malasan di dalam rumah. Alasannya cukup simpel, sudah satu minggu diluar rumah, mengapa

saat liburan harus tetap ‘bersosialisasi’ dengan lingkungan luar.

Jika Anda termasuk orang yang mudah suntuk dan hobi menyaksikan film namun enggan melangkahkan kaki ke gedung bioskop, perangkat home theater bisa menjadi pilihan. Mungkin akan sedikit memakan biaya, tetapi cukup efektif jika ingin tetap bersantai di dalam rumah.
Mediasi hiburan di dalam rumah harus didesain sebaik mungkin. Manfaatkan waktu yang berharga untuk menikmati suasana nyaman di dalam rumah.

Banyak hal yang harus diperhatikan kala mendesain sebuah home theatre.

1. Besaran Ruang. Luas ruangan yang dibutuhkan untuk menciptakan suasana layaknya di dalam bioskop. Jika Anda menggunakan plasma TV sebaiknya ruangan yang dipakai minimal 3×4 meter. Tapi jika proyektor jadi pilihan Anda, gunakan ruangan seluas 4×6 meter untuk kenyamanan Anda.
2. Penerangan. Kondisi cahaya ruangan berpengaruh terhadap gambar yang dihasilkan oleh layar. Untuk pencahayaan terang, plasma TV mampu menghasilkan gambar yang cukup optimal. Sementara jika menggunakan layar proyektor, dianjurkan untuk mengkondisikan ruang dalam pencahayaan yang lebih gelap, agar gambar yang dihasilkan bisa semakin tajam.
3. Akustik. Agar bunyi dan dentuman suara yang dihasilkan oleh perangkat home theater Anda lebih terasa, tutupi kaca jendela dengan tirai. Tidak hanya jendela, lantai dan dinding pun sebaiknya dilapisi dengan karpet, glasswool, atau wallpaper. Dengan demikian, bunyi yang dikeluarkan tidak akan terpantul kembali.
4. Perangkat Audio. Suara dan bunyi pastinya tergantung dengan mutu speaker kita. Idealnya, perangkat home theatre memiliki minimal lima speaker dengan output berbeda, dua front speaker, dua surround, satu center dan sebuah sub woofer.

 


Perlengkapan
Sebaiknya untuk urusan melepaskan suara percayakanlah pada perangkat yang telah mengadopsi sinyal Dolby Digital Surround. Mengapa Harus Dolby Digital? Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh konsumen. Seperangkat home theatre biasanya dilengkapi dengan player (DVD), receiver (berfungsi untuk mengolah sinyal digital sekaligus amplifier), speaker, dan display (TV/proyektor). Dalam kondisi pemakaian normal, output audio dari DVD akan dihubungkan ke receiver untuk diolah dan diamplifikasi sebelum terhubung ke speaker.
Pada umumnya, receiver sudah mendukung fungsi dekoder untuk sinyal Dolby Digital dan DTS. Pastikan receiver Anda memiliki feature tersebut agar bisa menerima sinyal Dolby Digital. Hal ini bisa dilihat pada logo Dolby Digital yang biasanya menempel pada panel depan receiver atau dengan mempelajari buku manual.
 
Kembali ke pertanyaan awal, mengenai mengapa digunakan standar Dolby Digital, hal ini semata-mata karena Dolby Digital merupakan standar yang paling umum tersedia pada receiver. Home theatre generasi baru menggunakan materi DVD dengan track audio Dolby Digital sebagai standar dan track DTS pada beberapa judul.
Penggunaan standar Dolby Digital untuk menghubungkan player ke home theatre akan memudahkan integrasi dari player itu sendiri. Konsumen tetap dapat menggunakan perangkat yang sudah ada untuk menikmati tata suara multi-channel dari player pada perangkat home theatre-nya.

Selanjutnya jika fasilitas home theater sekaligus digunakan untuk berkaraoke, sebaiknya tambahkan satu buah speaker khusus untuk vokal. Gunakan saluran listrik khusus untuk perangkat home theater Anda. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jiga suatu saat voltase turun dan menimbulkan masalah pada saluran listrik yang dapat merusak piranti hi-fi.
Setelah player Anda siap dalam artian audio dan video, jangan lupa perhatikan sistem pendingin ruangan. Hal ini diperlukan untuk menjaga suasana Anda dan keluarga agar tetap sejuk dan nyaman. Tidak hanya itu, AC pun berfungsi untuk memelihara piranti Anda agar tidak terlalu panas.

 

Menata Home Theatre

Berikut adalah tips menata home theater dari desainer interior, Sakundria Satya Murti Wardhana.
• Jenis audio, memengaruhi pantulan suara yang ada di dalam ruangan. Pilih desain audio yang simpel agar tidak mengganggu tampilan interior.
• Material penutup dinding. Akustik yang bagus akan menghasilkan suara yang bagus pula. Untuk material dinding pelapis kedap suara, pilih yang mudah pemeliharaannya seperti polyester. Sebaiknya, hindari material pelapis yang terbuat dari katun. Untuk bentuknya, pilih bentuk modular agar lebih mudah dibongkar pasang saat terjadi masalah.
• Sistem elektrikal. Sebaiknya semua sistem kelistrikan terletak dibawah lantai, dan lapisi dengan karpet atau material lain yang mudah dibuka. Selain agar tampilan tidak berantakan juga jika suatu waktu terjadi masalah kelistrikan dapat dengan mudah ditangani.
• Buatlah desain furnitur yang kompatibel untuk meletakkan satu sistem video dan audio. Untuk material kursi sebaiknya pilih yang nyaman dan jangan memiliki banyak motif.
• Penutup lantai, pilihlah bahan-bahan yang mudah perawatannya. Sebaiknya gunakan karpet untuk mendapatkan hasil akustik lebih baik, atau bahan parket yang solid.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7469 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6423 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4837 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 45 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com