• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Menata Ruang Keluarga nyaman, hangat & akrab

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 21 Jun 2010 18:43
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 2424
  • 21 Jun
Dalam sebuah hunian, ruang keluarga acapkali menjadi favorit untuk bercengkerama, menonton TtV , atau ngobrol bersama. Sebagai pusat sosialisasi anggota keluarga, ruang keluarga perlu dirancang dengan nyaman. Nnyaman secara psikologis, juga nyaman secara fisik. Secara psikologis kenyamanan dapat diperoleh dari penataan interior yang tidak terkesan sumpek.

Saat menata ruang keluarga, perhatikan fungsi utama ruang dan kenali kebutuhan Anda. Apakah ruangan sekedar untuk mengobrol sambil menonton televisi, atau sebagai area membaca dan bermain? Jika menginginkan ruang keluarga sekaligus sebagai area membaca, Anda perlu menyiapkan lampu baca di area tersebut.

Sebaliknya, jika ruangan difungsikan sebagai ruang bermain, hindari memilih perabot besar yang akan memenuhi ruangan. Sebaiknya, ruangan ditata plong dan terbuka dan letakkan meja di sisi pinggir. Sebagai gantinya, gunakan karpet di tengah ruangan, sehingga anak-anak bisa leluasa bermain di area ini.

Tatanan di ruang keluarga hendaknya menciptakan suasana ruang yang cozy sesuai dengan gaya hidup dan selera masing-masing. Ruang keluarga yang santai, akrab, hangat dan menyenangkan dapat meredam emosi dan rasa lelah setelah seharian beraktifitas di luar rumah.

Tak sulit menata ruang keluarga. Ikuti tahap-tahap berikut:
- Tentukan tema

Tema dan suasana apa yang diinginkan? Sesuaikan dengan fungsi ruang, kebutuhan anggota keluarga dan luasan ruang. Ttema yang ringan, cerah dan playful, cocok untuk ruangan yang juga digunakan sebagai ruang bermain. Atau, bisa juga memilih tema elegan, natural, etnik atau clean-simpel.
- Pilih dan tata furnitur
Saat memilih furniture, sesuaikan dengan tema yang direncanakan. Jika ingin membuat suasana ruang bertema klasik elegan, pilih furnitur yang mencerminkan tema klasik, seperti sofa warna off white dengan hiasan ukiran dan profil. Jika ruangan tidak digunakan sebagai area bermain, tempatkan meja dan sofa di bagian tengah ruang, agar memudahkan komunikasi penghuni saat berada di ruang keluarga.
- Dekorasi dan Aksesori
Fungsi dekorasi untuk mempercantik ruang, agar ruangan terlihat indah, nyaman dan hangat.
• Lantai.
- Bisa digunakan karpet sebagai alas di bawah meja. Jika tak ada meja di tengah ruangan, karpet menjadi “barang wajib” untuk duduk bersantai dan bermain anak. Pilih karpet dengan warna-warna cerah agar ruangan menjadi lebih hidup.
- Gunakan material lantai, pola dan warna ubin yang berbeda untuk mempertegas batas ruang keluarga dengan ruang lainnya. Gunakan ubin motif tertentu sebagai aksen.
• Dinding. Jangan biarkan dinding polos tanpa hiasan. Panel-panel kayu, ambalan, cerukan, dinding bertekstur
atau dilapis batu alam, dapat menjadi alternatif untuk memperindah dinding. Selain itu, bisa juga tambahkan bingkai lukisan atau foto.
• Plafon. Agar terkesan akrab, bedakan ketinggian plafon. Bahannya bisa dari gypsum atau papan tripleks. Pola dan penurunan plafon pada ruang keluarga, membuat suasana menjadi lebih hangat dan intim. Jika tema klasik menjadi pilihan, jangan lupa tambahkan lis-lis profil di sekeliling plafon.
• Aksesoris. Berbagai pernik dapat menjadi hiasan di ruang keluarga. Bantal, table runner, lampu meja, lampu gantung, vas bunga dapat jadi pilihan. Perhatikan proporsi ruang dan banyaknya aksesori yang digunakan. Proporsi dan komposisi yang tepat, membuat ruang keluarga terlihat makin cantik.
- Sirkulasi Udara dan Cahaya
• Jangan abaikan sirkulasi udara, agar ruangan menjadi sehat dan terhindar dari lembab. Lengkapi ruangan dengan bukaan dan jendela, sehingga cahaya dan udara leluasa masuk ke ruangan. Jika mungkin, tempatkan ruang keluarga berhadapan dengan halaman belakang atau taman.
• Adanya pencahayaan buatan, penting untuk menciptakan suasana khususnya di malam hari. Jika ingin cahaya terang dan merata, gunakan lampu downlight. Sebaiknya pilih yang menggunakan dimmer, agar dapat diatur tingkat gelap terangnya.
• Untuk menyorot obyek yang ingin di blow-up, tambahkan lampu sorot pada titik-titik tertentu. Saat malam menjelang, matikan lampu utama dan nyalakan lampu sudut. Dan, nikmati sensasi yang muncul dari pendar cahayanya yang temaram.

 

Menciptakan kenyamanan dalam ruang keluarga, tak lengkap rasanya jika tak menghadirkan furnitur. Beragam furnitur yang lazim digunakan adalah kursi berlengan, kursi tanpa lengan, bangku, aneka model meja seperti meja kopi, kredensa, meja konsol dan meja nakas. Selain itu sering juga ditempatkan partisi, atau lemari penyimpanan untuk melengkapinya.

Jangan takut bereksperimen di ruang keluarga. Format tatanan sofa besar berjajar di depan televisi bukan lagi suatu patokan, karena kita bebas memilih perabot berbagai ukuran, model dan jenis. Mainkan padu padan warna, material, pola dan tekstur untuk menciptakan efek dekoratif. Yang penting, utamakan sentuhan personal.

 

Aksesoris & Furnitur Pengisi Ruang Keluarga

 

 

 

Tips Menata Ruang Keluarga Mungil
- Hindari pembatas, untuk kesan lapang dan luas. Gunakan karpet, bahan lantai atau warna yang berbeda untuk fungsi ruang yang berbeda.
- Jika ingin menggunakan sekat, pilih material ringan dan transparan. Seperti kaca, kain atau untaian benang.
- Gunakan satu tema warna dan turunannya, sehingga ruangan yang kecil tak terlihat makin “ramai”.
- Hindari pemilihan warna dan corak yang bertabrakan, yang akan melenyapkan rasa nyaman.
- Sebelum membeli furnitur, ukur tiap bagian dan sudut ruangan. Sesuaikan furnitur yang dipilih dengan besar ruangan.
- Hindari memilih furnitur “bertubuh” besar, karena akan terkesan penuh dan berat.
- Kurangi penggunaan aksesori yang berlebihan, agar ruangan tak terlihat makin penuh.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11192 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7460 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6414 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6322 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 26 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com