• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Cara Tepat MENGOLAH DINDING

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Senin, 22 November 2010 16:47
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3579
  • 22 Nov

            Jangan biarkan dinding rumah Anda kosong tanpa sentuhan dekoratif. Eksplorasi desain dan material, akan membuat dinding tampil lebih menarik dan ekspresif.

            Sebagai elemen vertikal sebuah ruang, dinding memiliki fungsi utama sebagai pembatas. Disamping itu, dinding juga berfungsi untuk memperjelas teritori dan membentuk atmosfer ruangan. Melalui pengolahan dinding, akan tercipta suasana hangat, akrab dan nyaman dalam sebuah ruangan. Padu padan material dinding juga bisa menampilkan kesan dan ekspresi berbeda dalam sebuah ruangan, misalnya untuk memberi kesan luas atau menampilkan sentuhan gaya interior tertentu.

            Pengolahan dinding, bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari aplikasi keramik, wallpaper, panel hingga bermain warna, motif dan tekstur. Dinding juga bisa menampilkan ekspos material, seperti kayu, bambu, batu bata, batu kali atau semen ekspos yang bisa memberi kesan alami.

 

            Yang perlu dicermiati, pemakaian material penutup dinding, harus mempertimbangkan fungsi ruang. Semisal di ruang keluarga, ruang tamu atau kamar tidur, aplikasi wallpaper akan menciptakan suasana ruang. Sebaliknya, hindari penggunaan wallpaper di kamar mandi atau area yang cenderung basah dan lembab, karena wallpaper cenderung tidak tahan air. Selamat bereksplorasi, lewat desain, bentuk dan material. Ciptakan suasana dengan dinding yang menawan.

Warna
           Kombinasi warna yang baik, menciptakan suasana ruang yang nyaman. Gunakan warna cukup berani pada satu sisi dinding, selain sebagai aksen, juga untuk menciptakan point interest pada ruangan.

Motif
           Tersedia beragam motif, seperti motif garis, bentuk-bentuk geometris, floral, atau berbentuk lukisan. Sesuaikan motif dengan besaran ruang. Jika ruangan berplafon tinggi, hindari motif garis vertikal, karena akan memberi kesan makin tinggi ruangan.

Tekstur
           Dinding bertekstur kasar, memberi suasana keras tapi dinamis. Ttekstur lembut pada dinding, memberi suasana lebih tenang.

Ekspresif dengan Bentuk Atraktif

           Bentuk dinding tak harus dalam posisi tegak lurus. Pilih desain bentuk asimetris, miring atau lengkung, sebagai point of view . Untuk dinding lengkung, bisa dibentuk dengan tingkat lengkungan tertentu sesuai dengan material dan konstruksinya. Aspek cekung pada dinding lengkung memberi kesan menutup, sedangkan bentuk cembungnya memberi kesan memperluas ruangan.

          Sudut pertemuan dua dinding, bisa diperhalus dengan bentuk sudut miring atau lengkung, untuk memberi aksen berbeda.Buat lubang-lubang bukaan pada dinding untuk memberi kontinuitas visual, cahaya, panas dan suara. Dan, tambahkan lampu spotlight pada celah-celahnya, untuk memberi efek dramatis. Besarnya ukuran lubang, memberi efek perluasan ruang, sekaligus mengikis kesan terkurung.

 

Hangat dengan Kayu

           Tekstur dan gurat kayu yang indah dan berkesan alami, menjadi kekuatan utama nya material kayu. tak harus menggunakan kayu solid karena harganya relatif mahal, sebagai gantinya bisa digunakan multipleks dilapis veneer agar tetap menampilkan kesan alami. Aplikasi kayu sebagai penutup dinding , bisa berupa panel dinding, lemari built-in, ambalan atau cerukan. Sebagai elemen dekoratif, kayu bersifat fleksibel karena bisa dibentuk dan fungsi, dengan berbagai finishing. Semisal lapis veneer melamik, pelitur atau dicat aneka warna.

Tips Aplikasi Cat:
Kondisi permukaan bidang yang akan dicat, menentukan hasil akhir dan kekuatan/daya tahan cat.
- Periksa kondisi bidang permukaan. Bersihkan kotoran yang menempel, seperti debu, minyak dll.
- Haluskan bidang permukaan dengan cara mengamplas. Bersihkan kembali debu amplasnya.
- Bidang permukaan siap dicat.

Cat

          Melapisi dinding dengan cat, adalah langkah paling mudah untuk mendekorasi dinding. Umumnya, cat diaplikasi pada dinding yang sudah dipleste, bidang gypsum atau GRC.

- Jenis dan warna cat beragam, mulai dari warna dasar, kombinasi hingga warna khusus yang merupakan campuran dari beberapa warna sekaligus untuk jenisnya , pilih sesuai dengan kebutuhan. Cat emulasi interior misalnya, digunakan untuk interior atau didalam ruangan. Biasanya untuk cat interior, mempunyai warna yang tidak mengkilap(semi gloss)

- Gunakan cat yang ramah lingkungan dan tidak mengganggu kesehatan, seperti misalnya cat emulasi berbahan dasar air. Agar tahan lama dan awet, gunakan cat berformula khusus untuk dinding eksterior bangunan.

- Cobalah kreatif untuk menghasilkan perpaduan warna dan motif yang artistik.Gunakan alat bantu seperti wall brus, sponge, plastic towel, graining comb, sector scrapuntuk menghasilkan berbagai motif sesuai dengan yang diinginkan.

 

Batu Alam

- Tersedia beragam pilihan batu alam ntuk menghiasiruang interior, mulai dari warna gelap hingga terang. pilih sesuai dengan kesan yang diinginkan

- Susun penempatan batu alam, semisal susun serih, agar tidak terkasan monoton. Batu alam sangat flesibel dan cocok untuk ruangan atau rumah bergaya modern, ataupun klasik.

Tips Aplikasi Batu Alam:

- Pasang batu alam di tempat yang menjadi fokus perhatian

- Perhatikan tekstur memberi kesan tidak menyempiykan ruangan

- Pilih warna-warna netra, seperti off white and krem, sehingga mudah disesuaikan dengan perabotan lainnya. Jika batu alam arna gelap menjadi pilihan, padukan dengan warna terang pada objek lain, untuk mengimbanginya.

" Desain kramik semakin berkembang. tak hanya berbentuk geometrik, tapi juga organik. banyak kesan yang ditampilkan, mulai dari natural, rustic, hingga techno."

 

Keramik

- Kelebihan : kuat, tahan lama, tahan air dan mudah dibersihkan

- Tersedia beragan motif, tekstur, ukuran dan warna.

- Kramik motif kayu bisa membuat ruang terlihat hangat. Kramik polos membuat ruang terlihat mewah dan elegan.

- Aplikasi kramik pada dinding tidak identik dengan kamar mandi atau dapur. Kramik bisa ditempatkan di ruang keluarga, atau kamar tidur.

Cermin dan Kaca

- Cocok untuk ruang-ruang dengan luasan terbatas, dan sebagai aksen pada sudut ruang tertentu

- Bersifat merefleksikan ruangan, sehingga terlihat lebih lapang dan luas.

- Sebaiknya, hindari cermin dari posisi yang saling berhadapan. Cukup letakkan pada salah satu sisi saja.

- Pilih jenis kaca tempered sebagai pembatas area, karena lebih aman dan kuat.

- Kaca berlapis sandblast dengan motif-motif tertentu, akan membuat tampilan kaca lebih variatif.

Wallpaper / Wallcover

- Menciptakansuasana berbeda dalam ruangan.

- Memiliki variasi warna, motif, dan tekstur.

- Waktu pemasangan relatif lebih cepat, tidak berbau dan berdebu, sehingga sangat pass digunkan untuk rumah baru ataupun renovasi ruangan yang sudah dihuni.

- Permukaan dinding yang tidak rata, bercak ataupun retak dapat tertutup oleh pemakaian wall cover.

- Jangan gunakan wall cover di daerah basah, karena wall cover rentan dengan air sehingga mudah terkelupas.

 

Tips memilih cover :

1. Cermati desain, warna, kualitas serat, pola, ketahanan, kondisi dinding, seta faktor pemeliharaan.

2. Gunakan sumber daya pemasangan (tukang) berkualitas, untuk mencegah kesalahan dalam pemasangan.

" Mural tidak hanya sebagai pelapis dinding, tapi juga menciptakan suasana. Keindahan mural yang terasa natural seakan "Membawa Masuk" ke dalam objek lukisan."

Mural

           Aplikasi tak jauh berbeda dengan wallpaper. Mural merupakan lembaran bergambar tertentu dalam bentuk digital printing.

           Mural menyajikan gambar pilihan sesuai dengan keinginan konsumen. misalnya gambar pegnungan, tokoh kartun/imajinatif, keindahan dan birunya pantai atau rimbunnya pepohonan. Gambar yang tersaji pada mural, terlihat sangat natural dan serupa dengan aslinya, sehingga seakan terasa menyatu bagi yang memandangnya.

           Menempatkan mural sebagai element dekoratif ruangan seakan menghadirkan suasana sesungguhnya sesuai yang tersaji. Mural tersedia dalam beberapa ukuran dengan sistem panel.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11333 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9393 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8582 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7581 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6598 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6465 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5129 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4915 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4835 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4689 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4362 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4320 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4307 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4272 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4204 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 12 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com