• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Perangkat untuk Tidur Nyenyak

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 09 Maret 2011 22:04
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 3338
  • 09 Mar

 

        Pilihlah perlengkapan tempat tidur dengan bijaksana, karena itu semua berpengaruh terhadap pagi Anda nantinya. Berikut kami tampilkan panduan untuk memilih kasur, bantal dan selimut untuk Anda.

Memiliki tempat tidur yang baik adalah sesuatu yang sangat penting untuk mendapatkan istirahat terbaik di malam hari. Kebiasaan tidur setiap orang yang berbeda-beda, menuntut produsen untuk menghadirkan pilihan ke tengah masyarakat.Lengkapi kenyamanan tidur Anda dengan perlengkapan tidur yang berkualitas. Pilih yang nyaman untuk diri Anda dan kantong Anda.

KASUR

         Beragam jenis dan ukuran kasur tersedia di pasaran. Untuk jenis, ada yang berisi udara (spring air), berisi air, bulu angsa, kapas dan juga susunan pegas (spring bed). Untuk jenis kasur busa, ada yang berisi lateks, busa alam atau buatan, atau gabungan antara busa dan pegas. Masing-masing isi kasur memiliki ketahanan yang berbeda-beda.

Spring Bed

 

        Kasur dengan per atau pegas lazim dipilih orang untuk mengisi ranjang mereka. Kunci mendapatkan spring bed berkualitas terletak pada kawat pegas yang ada didalamnya, dimana pegas-pegas yang tersusun secara individual dan dibalut dengan kain berkualitas akan memberikan kenyamanan untuk bergerak bebas saat Anda tertidur pulas. Spring Bed sangat cocok untuk mereka yang cenderung melakukan banyak gerakan saat tidur, karena susunan pegas yang ada didalamnya akan menopang dan mengikuti gerak tubuh Anda. Nnamun sayangnya harga yang ditawarkan untuk kasur pegas jenis ini relatif mahal. Ttetapi jangan kecewa karena umumnya produsen juga menelurkan produk pengganti, dengan harga yang jauh berbeda namun kualitas yang tidak jauh berbeda. Yaitu jenis kasur dengan gulungan pegas yang tidak dibungkus secara individual, melainkan tergabung dengan spiral kawat dan dibungkus kain yang umumnya sama dengan produk premium. Kasur jenis ini sangat ideal bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas, namun tetap memiliki tingkat kenyamanan yang baik dan tahan lama antara 7 sampai 10 tahun.

Eleastic Foam Bed
        Awalnya kasur ini dikembangkan untuk mengakomodir para astronot menjalani test G-force di NnASA. Kasur model ini terbuat dari busa tebal yang dapat membentuk dan mengikuti bentuk tubuh orang yang berbaring di atasnya. Sejumlah penelitian mengungkapkan, busa elastis yang memiliki berat jenis tinggi ini ideal untuk melepaskan tekanan pada pasien-pasien yang terluka, sekaligus membuat mereka merasa relaks dan nyaman. Situasi inilah yang memulai trend penggunaan memory foam.

Latex

        Berdasarkan kandungan bahannya, kasur lateks memiliki berbagai jenis. Ada yang berbahan lateks murni, ada pula yang campuran. Kenali bentuk dan cirinya, agar mudah memilih yang terbaik. Hampir semua kasur lateks berlabel “100% Lateks” atau “Full Lateks”. Logo tersebut digunakan karena kasur lateks tidak menggunakan pegas (per). Label itu rupanya bukan untuk menunjukkan kandungan bahan. Berdasarkan kandungan bahannya, ada tiga jenis kasur lateks. Anda bisa memilih jenis kasur lateks, yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Untuk mempermudah dalam memilih, Anda bisa mempelajari ciri setiap jenis kasur.

Synthetic Latex - Permukaannya lembut dan berlubang-lubang kecil. Paling sedikit mengandung lateks alam. Komposisinya, 20% lateks alam, 80% bahan sintetis. Harga relatif lebih murah dari lateks asli.

 

Natural Latex - Berwarna pucat dan memiliki lubang-lubang berukuran besar. Kandungan lateks alamnya mencapai 80%. Menjadi pilihan karena usia pemakaiannya yang panjang. Selain itu, natural latex juga anti bakteri dan anti alergi.

Bio Latex - Berwarna kuning keemasan, juga memiliki lubang-lubang berukuran besar. Mengandung lateks alam sebanyak 90%. Memiliki kualitas terbaik. Selain anti bakteri dan anti alergi, juga memiliki kekenyalan yang sangat baik, sehingga mampu menopang tubuh dengan sempurna.

Tips Perawatan
-Gunakan kain khusus untuk membersihkan noda diatas kasur.
-Jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia yang biasa digunakan untuk dry-cleaning, karena itu dapat membahayakan kain pelapis kasur. Menggunakan vacum cleaner adalah metode pembersihkan yang sangat dianjurkan. Gunakan sedikit sabun dengan sedikit air dingin untuk menghilangkan noda, dan jangan sekali-kali berpikir untuk merendam kasur.
-Jangan melompat diatas kasur, karena itu akan membuat  kerusakan pada konstruksi pegas di dalamnya.
-Jangan hilangkan label atau merek yang terjahit diatas • kasur Anda, karena suatu hari Anda bisa menggunakannya sebagai media garansi kepada si penjual.

       Tiap-tiap merek memiliki ukuran yang berbeda-beda, bahkan mereka juga menawarkan ukuran custom yang hanya ada pada mereknya sendiri, tetapi inilah adalah ukuran kasur pada umumnya.

Ekstra King 200 cm x 200 cm
King 180 cm x 200cm
Queen 160cm x 200cm
Twin 120cm x 200cm
Single 100cm X 200cm  

BANTAL

 

        Selain matras yang baik, kenyamanan tidur juga ditentukan oleh bantal. Bantal hendaknya memiliki karakteristik yang bisa menyangga secara yang tepat bagian kepala dan leher, sekaligus memastikan postur tidur anatomis.Jika posisi bantal terlalu tinggi ketika tidur menyamping atau di bagian belakang, leher dibengkokkan normal ke depan atau ke samping, menyebabkan ketegangan otot di bagian belakang leher dan bahu. Jenis posisi juga dapat menyebabkan penyempitan pipa udara, mengakibatkan pernapasan terhambat, dan kadang-kadang mendengkur, yang dapat menghambat tidur. Sebaliknya, jika ketinggian bantal terlalu rendah, otot-otot leher juga bisa tegang. Berdasarkan pengukuran tubuh manusia, bantal harus menjaga ketinggian antara 10cm-15 cm, dan menyangga dengan benar kepala dan leher (dan bahu ketika berbaring di belakang).        

        Isi bantal, menentukan kualitas, yang berpengaruh pada keempukan, kenyamanan dan ketahanannya. Material pengisi bantal, dapat berupa dacron, silicon atau bulu angsa. Bantal bulu angsa, harganya cukup tinggi karena merupakan barang import dan kualitasnya ditentukan dari bagian mana bulu angsa itu diperoleh. Bantal dilengkapi pula dengan sarung dari bahan katun, sehingga terasa lembut dan halus. Bantal tidur memiliki ukuran standar  adalah 50 cm x 70 cm. sebagai pelengkap, bisa ditambahkan body pillow, berukuran 50cm x 100cm, biasanya diletakkan di bagian paling belakang. Sedangkan sebagai hiasan, gunakan bantal hias berukuran 20 cmx 40 cm, atau 40 cmx 40 cm, yang diletakkan pada posisi paling depan di atas ranjang.

Selimut

 

         Saat memilih selimut, duvet ataupun comforters, kenyamanan dan kehangatan adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan. Semakin tebal selimut akan memberikan rasa aman yang lebih, bila dibandingkan dengan yang tipis. Mungkin akan sedikit lebih berat, namun selimut yang tebal tentu akan lebih nyaman di tubuh saat tertidur lelap. Wol, katun, pollyester, bulu angsa atau sutra sangat direkomendasikan untuk Anda pilih sebagai material selimut.Material asli dan alami tentu lebih mahal, namun hasilnya juga pasti lebih baik daripada material sintetis. Dalam memilih ukuran selimut atau duvet, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Nnamun biasanya ukuran selimut harus lebih besar daripada tempat tidur yang ada.

Kenali Bedanya

Quilts atau selimut diidentifikasi oleh desain jahitan berpola. Tterdiri dari lembar atas, batting di tengah dan bawah yang dijahit dengan pola dan dekoratif.

Duvet adalah selimut lembut yang diisi dengan bulu angsa, dan biasanya ditempatkan dibawah selimut.

Comforters adalah selimut tebal, berlapis dan halus. Biasanya diisi dengan bahan sintetis, dan tidak digunakan untuk menutup sisi bantal atau kasur. Umumnya comforters bisa dicuci, sehingga bisa digunakan sebagai cover setelah sprei.

 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11192 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7460 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6414 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6322 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 24 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com