• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

NYAMAN, NAMUN TERJANGKAU

   Saat kini, jarak tak lagi menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam membeli properti residensial. Yang penting adalah kenya-manan, baik dalam akses yang menunjang mobilitas maupun suasana lingkungan tempat tinggal. Tanpa akses yang baik, perjalanan bisa terasa sangat melelahkan lantaran hambatan kemac-etan yang mengular – pelu-ang bisnis pun dapat turut melayang akibat waktu yang terbuang percuma.

    Rumah adalah tempat kita pulang setelah seharian beraktivitas, guna kembali berkumpul bersama keluarga dan melepas lelah. Karena itu, pertimbangkan pula keindahan lingkungan dan kelengkapan fasilitas. Selain menyegarkan mata yang lelah, lingkungan yang hijau asri dibutuhkan guna memproduksi pasokan udara segar, mencegah banjir, sekaligus menjaga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan.

    Keberadaan taman umum, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai area untuk bersosialisasi sekaligus tempat bermain anak di luar ruang.  Sedangkan kelengkapan fasilitas, akan sangat memudahkan dan membuat penghuni lebih nyaman dalam menikmati waktu luang. Fasilitas penting seperti sarana kesehatan dan pendidikan, tak boleh terlalu jauh dari rumah. Demikian pula tempat belanja kebutuhan hidup. 

    Sebelum memastikan pilihan akan hunian yang hendak dibeli, sebaiknya pertimbangkan faktor 3 K ini sebagai panduan : Keinginan, Kebutuhan, dan Kemampuan. Cermati dengan baik, karena ketiganya kadang sering berlawanan arah. Utamakan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, karena untuk mewujudkan yang sesuai keinginan toh dapat dilakukan kelak di kemudian hari – misalnya melalui renovasi.

   Beberapa pengembang, dengan cerdik mengadopsi kebutuhan masyarakat akan rumah sehat yang nyaman, dengan harga relatif terjangkau. Bahkan, rumah kelas menengah tersebut tampil cantik dalam balutan desain minimalis. Tinggal pilih mana yang sesuai budjet anda. Namun sebisa mungkin, utamakan bangunan yang memiliki desain tata ruang yang dapat menunjang kesehatan keluarga. Perhatikan jumlah bukaan dan lebar jendela, serta ketinggian plafon, yang dapat mempengaruhi sirkulasi udara.

Tanggung Jawab Semua Pihak

   Menurut F. Teguh Satria - mantan Ketua Umum DPP REI periode 2007 – 2010 dan Presiden FIABCI  (Federasi Realestat Sedunia) kawasan Asia Pasifik periode 2011 – 2012, semua pihak harus ikut bertanggung jawab dalam penyediaan rumah bagi masyarakat, khususnya bagi kelas menengah bawah. Dalam urusan pekerjaan, seharusnya para pemberi kerja juga bertanggung jawab, menyediakan rumah untuk pegawainya seperti dilakukan di Singapura.

   Dalam tabungan ini, ada sharing antara pekerja dan pemberi kerja. Filosofi seperti inilah yang sebenarnya harus dipakai. Di Indonesia, ironisnya, pemerintah tidak memberi contoh. Ada Bapertarum PNS, tapi hanya one way traffic. Yang dipotong hanya PNS, dimasukkan ke tabungan perumahan. Seharusnya sebagai pemberi kerja PNS, pemerintah juga ikut sharing. Komposisinya terserah bisa 50:50, tapi ada kewajiban pemberi kerja, yang pada nantinya diwujudkan dalam penyediaan perumahan.

   “Demikian pula seharusnya pada sektor swasta. Sebagian gaji pegawai dipotong untuk tabungan perumahan, dan pemberi kerja juga diwajibkan bertanggung jawab. Semua pihak wajib bergotong royong,” tandas Teguh.

Solusi Melalui Kredit Perumahan

  Untuk pembiayaan atas residensial yang hendak dibeli, konsumen dapat mengangsur via Kredit Kepemilikan Rumah. Untuk mendukung keinginan masyarakat memiliki rumah tinggal, Menpera membuat FLPP, sehingga kelas menengah ke bawah bisa mengakses kredit sampai Rp 80 juta. Untuk rumah berukuran hingga maksimal 36 meter persegi, bahkan tidak dikenakan PPN. Saat ini, jumlah suku bunga bank cukup bersaing. Banyak bank yang menawarkan suku bunga dibawah 2 digit.

  Namun untuk approval, biasanya lebih mudah didapat jika konsumen mengajukan fasilitas pembiayaan tersebut pada bank atau lembaga keuangan langganan mereka.  Hal ini karena besarnya Risiko Kredit setiap debitur berbeda, tergantung pada penilaian Bank atas Risiko Debitur dengan mempertimbangkan kondisi keuangan debitur, prospek pelunasan kredit, prospek sektor industri debitur, dan jangka waktu kredit.

   Dengan demikian, besarnya suku bunga kredit yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang merupakan suku bunga dasar yang digunakan oleh Bank sebagai acuan dalam penentuan suku bunga kredit kepada debitur. SBDK belum memperhitungkan Risiko Kredit yang ditanggung.“Jangan takut beli rumah. Selain sebagai tempat tinggal, properti juga merupakan sarana investasi. Ketika suplai berkurang, harga properti otomatis akan melambung tinggi.

  Untuk kawasan tertentu, sebuah rumah bahkan dapat menjadi collector’s item, dimana harga jualnya dapat lebih tinggi dari harga pasar. Karena itu, konsumen harus cermat dalam membidik properti. Adapun pembangunan infrastruktur di wilayah timur & barat Jakarta yang semakin baik, membuat keduanya layak diperhitungkan sebagai wilayah yang potensial,” ungkap Ir. Setyo Maharso, Ketua Umum DPP REI (Real state Indonesia) periode 2010 - 2013.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7469 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6423 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4838 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 53 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com