• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

RUMAH UNTUK SEMUA

      Hunian, adalah sebuah kebutuhan dasar manusia yang hakiki. Sayangnya, tak semua orang dapat memilikinya. 

Ada yang terkendala penghasilan, ada pula yang terhambat aturan pembiayaan perbankan seperti misalnya tak memiliki surat keterangan penghasilan akibat bekerja di sektor non formal. Padahal, harga properti selalu meningkat tiap tahun.

        DIHARAPKAN, pemerintah dapat membuat bench mark agar batasan range kenaikan harga properti jadi jelas. Selama ini, belum ada standar tentang harga properti yang wajar. Sebagaimana suku bunga, harga sewa maupun nilai jual properti senantiasa mengikuti situasi pasar – selain tergantung supply and demand, juga mengacu pada harga primary unit yang dilansir para pengembang pemilik land bank yang besar.

       Bila ada standar yang jelas untuk batasan kenaikan harga, maka diharapkan harga properti antara kawasan satu dengan yang lain tidak terlalu timpang dan lebih reasonable. Calon konsumen jadi lebih mudah menentukan pilihan  sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Terlebih jika terjadi inflasi, yang mengurangi value mata uang. Dengan demikian, lebih banyak keluarga yang dapat memiliki hunian.Harus diingat, meski harganya selalu meningkat tiap tahun, namun properti bukanlah jenis investasi yang likuid. Karena itulah, konsumen harus jeli akan resiko, tingkat likuiditas properti yang dibidik, maupun expected return yang diharapkan sebelum membeli. Bukan hanya lokasi, lokasi, dan lokasi yang harus dipertimbangkan.Namun siapa dan bagaimana track record pengembang, kondisi riil proyek dan sertifikat unit, akses, fasilitas yang tersedia, serta potensi kenaikan harga properti di kawasan tersebut.Dengan demikian, pengorbanan yang dilakukan untuk dapat memiliki hunian idaman menjadi worthted.

 

Pembiayaan Syariah, Sebagai Solusi Alternatif

Membeli hunian secara mengangsur, merupakan alternatif pembiayaan yang popular. Fakta menunjukan, lebih dari 80 persen konsumen perumahan membeli properti dengan cara mengangsur. Masalahnya, bunga bank yang mengikuti situasi pasar kerap membuat kreditur mengalami masalah dan beresiko gagal bayar yang berakibat hunian yang diagunkan sebagai jaminan kredit beralih kepemilikan kepada lembaga pembiayaan. 

    Sebagai alternatif, pembiayaan syariah dapat menjadi bahan pertimbangan para calon konsumen. Cara pembiayaan ini menggunakan prinsip dimana konsumen dapat membeli properti yang sebelumnya telah dibeli terlebih dahulu oleh pihak bank dari pengembang. Konsumen dapat mengangsur pembayaran dalam jumlah angsuran tetap hingga lunas. Dengan demikian, ada kepastian tentang jumlah yang harus disetorkan setiap bulannya tanpa khawatir ada kenaikan angsuran akibat perubahan suku bunga. Ada pun cara pembiayaan model syariah, terbuka bagi semua kalangan. Tak harus muslim, namun  dapat di ajukan oleh semua calon konsumen asalkan memenuhi persyaratan kredit yang ditentukan oleh pihak bank. Prinsip syariah sebagai solusi pembiayaan yang memberikan kepastian besaran angsuran bagi konsumen ini telah disosialisasikan oleh Bank Indonesia ( BI ) yang bersama beberapa lembaga pembiayaan dan lembaga pendidikan membentuk Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah ( PKES ) pada tahun 2003 lalu dan kini memiliki sekitar 67 anggota.“Kedepannya, diharapkan perbankan dapat lebih melayani para pekerja sektor non formal yang sebenarnya potensial karena berjumlah cukup besar. Terlebih bila para pekerja sektor tersebut seperti misalnya para pedagang di pasar tradisional memiliki asosiasi yang dapat membantu penagihan kolektif secara harian“, himbau Ismi Kushartanto, selaku Direktur Eksekutif PKES.

 

Berharap Keberpihakan Pemerintah

      Saat ini, suplai hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah memang masih terbatas. Idealnya, sebuah kawasan hunian dibangun dengan komposisi 5 rumah sederhana, 3 rumah kelas menengah, dan sebuah rumah premium. Namun tak semua pengembang bersedia membangun Rumah Sederhana Sehat ( RSH )  dalam kawasan yang dikembangkan. Alasannya, marjin RSH sangat tipis, tak seimbang dengan investasi yang dikucurkan dan biaya operasional yang dikeluarkan mulai dari perijinan, pembangunan proyek hingga pemasarannya.Padahal, kalangan perbankan justru menilai pembiayaan RSH lebih secure. Logikanya, first home adalah sebuah properti yang didambakan semua orang - untuk ditempati dan sebagai tabungan masa depan. Sayangnya, banyak hunian bersubsidi yang salah sasaran. Banyak unit yang di DP oleh para pemburu rente, yang kemudian mengangsur pembayaran dari hasil yield atas sewa unit oleh mereka yang justru lebih berhak. Karena itu, BI sempat mengeluarkan aturan LTV policy guna membatasi ruang gerak para investor tipe ini.

     Di sisi lain, Kementrian Pekerjaan Umum terus berusaha merangkul para pelaku sektor konstruksi guna mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri, sejalan dengan Masterplan Percepatan Perluasan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia ( MP3EI ), serta menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) yang akan diterapkan tahun 2015 di Indonesia. Dengan adanya regulasi dan insentif, diharapkan, para pelaku bisnis konstruksi nasional dapat lebih meningkatkan daya saing sehingga kualitas pengerjaan bangunan makin baik namun harga properti dapat lebih terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.“Pemerintah harus jeli dalam membuat regulasi. Aturan yang dibuat harus mempertimbangkan kepentingan masyarakat secara seimbang dan dapat mendorong kepentingan makro yang lebih besar“, ujar Ir. Ignesjz Kemalawarta - Wakil Ketua DPP REI, saat menjelaskan tentang kaidah regulasi dalam sebuah acara Financial Workshop di Jakarta.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6272 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 42 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com