• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Booming Lokasi Emas di Tahun Kerbau

Kondisi krisis maupun tidak, permintaan terhadap properti tanah air terus meningkat. Lokasi dengan aksesebilitas terbaik masih jadi pilihan.Menjelajahi perjalanan bisnis properti tanah air dari tiap tahun, penuh dinamika. Ada yang kembang kempis mempertahankan posisinya di pasar, namun banyak pula yang tergerus oleh kerasnya persaingan alias tumbang. Pengamat properti Panangian Simanungkalit memprediksi investasi properti masih aman pada 2009. Masih menurut Panangian, pasar properti di Indonesia masih bisa dikembangkan ke arah yang lebih baik lagi. Sebab, dengan jumlah penduduk yang cukup besar, kebutuhan akan perumahan atau papan tentu juga semakin meningkat.
“Prospek properti tahun 2009 masih sangat bagus. Pengembang juga di tuntut untuk terus berinovasi di tengah kelesuan karena masih banyak celah pasar yang belum tergarap. Untuk potensi kawasan, harus dicermati dengan baik agar konsumen tidak terjebak oleh iming-iming tadi,” kata Juan Panca, General Manager Daan Mogot Baru.
Ditambahkan Juan, masih banyak peluang untuk mendapatkan hunian terbaik di lokasi terbaik dimanapun. Namun yang harus diperhatikan semua aspek seperti track record pengembangnya, potensi investasi ke depan dan potensi kawasannya.
Di tempat terpisah, Ali Tranghanda, seorang pengamat properti mengatakan, anjloknya penjualan perumahan kelas menengah menyusul kenaikan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) diharapkan bisa berakhir paling lambat semester pertama 2009. Pemulihan pasar properti bakal lebih cepat terjadi apabila Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan (BI Rate) dan pemerintah menjamin seluruh simpanan nasabah dan pinjaman antarbank untuk mengendurkan tekanan likuiditas.
Masih menurut Ali, setiap kenaikan suku bunga sebesar 1%, pangsa pasar properti akan turun sebesar 4-5%. Dengan demikian penjualan properti setelah kenaikan suku bunga KPR akan turun hingga kisaran 40%-50%. Kondisi ini diperkirakan akan pulih setelah triwulan pertama 2009. “Pulihnya penjualan properti turut ditentukan oleh bagaimana rencana-rencana proyek baru tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Pengembang harus memiliki strategi harga yang akurat, terutama untuk menjaga kemungkinan tidak turunnya BI Rate,” katanya.
Berdasarkan data dari Procon Indah, pada kwartal pertama tahun 2008 saja, peluncuran cluster-cluster baru yang sudah dibangun di kawasan Jabodetabek meningkat sebesar 0,4 persen menjadi 15.307 hektare. Untuk penawaran unit baru, kwartal pertama tersedia pasokan sebesar 6610 unit. Sehingga total yang ditawarkan di Jabodetabek menjadi 334.607 atau naik hanya 2 persen. Tingkat penjualan hunian di kawasan Jabodetabek sendiri masih tetap stabil dikarenakan adanya tawaran unit-unit baru tadi.
Dari sisi konsumen, ketelitian membawa perubahan pandangan pada kawasan yang dahulu belum pernah mereka sentuh sama sekali. Konsumen sudah mulai jeli melihat daerah mana yang akan berkembang dengan pesat dan mana yang masih membutuhkan waktu. Pertimbangannya hanyalah nilai investasi masa depan yang akan dinikmati. Tapi yang ada di depan mata saat ini selain harga dan kelengkapan fasilitas kawasan, adalah akses untuk mencapai lokasi dengan mudah. Dengan pertimbangan tadi, pengembang mulai membenahi kawasannya.
Sasaran tembak dari konsumen dalam mencari lokasi terbaik untuk dijadikan tempat tinggal masih seputar Bogor, Depok, Tangerang, Cibubur-Cileungsi dan Bekasi. Alasannya, di kawasan berkembang seperti itulah potensi dan prospek investasi ke depan sudah pasti didapat. Hanya saja konsumen dituntut untuk lebih jeli saat memilih lokasi hunian terbaik di ladang emas. Pasalnya, pengembang menawarkan hunian tematik. Ada yang punya konsep religi, resort atau mengangkat tema daerah tertentu. Keuntungannya, harga tanah akan terus merangkak naik seiring pertumbuhan kawasan.
Kedua, mereka masih bisa mendapatkan lokasi proyek yang terbaik dan mudah di akses. Ambil contoh Kota Depok, Jawa Barat. Wajah kota Depok telah berubah total dibanding 10 tahun lalu. Masuknya beberapa investor kelas kakap diikuti oleh perbaikan sarana infrastruktur kota yang terus dibenahi oleh pemerintah kota Depok. Kini Depok sudah terkepung dengan proyek perumahan hingga ke pusat bisnis. Depok dipilih sebagai pilihan hunian karena memiliki area yang luas. Daerah pinggir kota yang memiliki alam masih asri banyak dilirik, seperti kawasan Sawangan, Cilodong, Citayam, hingga Cibubur.
Harga tanah untuk hunian, masih berkisar Rp 800 ribu per meter persegi hingga Rp 1,5 juta permeter perseginya. Sedangkan untuk di pusat kota seperti sepanjang jalan Margonda, harga tanah yang tercatat sudah mencapai Rp 4 juta per meter perseginya. Harga jual hunian memang bervariasi, tergantung dari segmentasinya. Yang pasti masih ada range terendah Rp100 juta untuk anda miliki.
Begitu pula dengan Cibubur-Cileungsi. Pesatnya pertumbuhan Kota Depok merambat pada kawasan ini. Tak seperti 10 tahun lalu, sepadan jalur Trans Yogi hingga kearah Jonggol sudah padat dengan perumahan kelas atas. Perumahan yang berlokasi di kawasan tersebut menghadapi persaingan yang cukup ketat.Uniknya, tak hanya segmen atas saja yang tumbuh, namun segmen menengah bawahnya juga berkembang.
Bekasi yang identik dengan kawasan industri pun mampu menyediakan pasokan unit baru. Yang paling banyak terserap di Bekasi adalah hunian untuk segmen menengah bawah dengan kisaran Rp80 juta hingga tertinggi hanya Rp300 juta.
Permintaan unit tersebut dikarenakan permintaan rumah pekerja di sana. Pemda Bekasi sendiri sudah membagi kawasan yang dikhususkan untuk industri dan hunian. Sehingga penataan kota Bekasi menjadi lebih baik.
Tahun 2009, perburuan investor terus berlanjut. Lokasi hunuan yang dijadikan ladang investasi oleh konsumen properti masih terus diburu. Tinggal bagaimana pengembang dimasing-masing kawasan mampu memberikan yang terbaik dari sisi harga. Lokasi dan kepemilikan yang semakin mudah.
Bila hal tersebut terpenuhi, investor tidak akan pusing-pusing untuk membeli unit yang ditawarkan, meski pilihannya menjadi yang kedua.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10793 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8845 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:6999 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6088 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4973 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4650 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4517 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4228 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4176 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4098 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4012 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3980 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3890 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 37 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com