• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Mengungkap Potensi Investasi

Jika Anda memang berniat berinvestasi, kejelian dalam memilih lokasi prima jelas sangat dibutuhkan. Jika salah, jangan harap investasi Anda akan segera kembali.Tumbuh dan berkembangnya kawasan di pinggiran Jakarta yang berkembang dengan pesat, tak lepas dari peran investor.

Ibarat pepatah, ada gula pasti ada semut. Disitu ada lahan emas, pasti berebut. Lihat saja di beberapa kawasan tak pernah terpikirkan oleh investor lima atau bahkan sepuluh tahun lalu. Tapi kini kawasan tersebut telah berkembang dengan pesat, dan melesat dengan cepat.

Denyut perekonomian pun mulai berdetak dengan cepat. Pembangunan yang dulu belum pernah terpikirkan, kini sudah tak asing bagi warga sekitar. Mulai dari maraknya pembangunan perumahan skala kecil hingga besar, pembangunan sarana pendidikan, rumah sakit hingga pusat belanja lengkap tersedia. Dengan demikian, pertumbuhan denyut perekonomian suatu kawasan akan terdongkrak naik seiring dengan semakin gencarnya pembangunan yang dilakukan.
Cepatnya pertumbuhan kawasan tersebut tak lepas dari peran investor yang memberanikan diri menghabiskan dana yang terbilang tak sedikit hanya untuk menjadikan areal tersebut sebagai pertaruhan bisnis. Seperti kawasan Depok, Tangerang dan Bekasi. Kawasan Depok, merupakan favorit kaum komuter yang berbuah kepada kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk. Belum lagi ditambah populasi penduduk yang makin padat. Merujuk pada suatu survei, daerah dengan aktivitas lalu lintas padat alias macet, akan menjadi area dengan potensi ekonomi yang cukup tinggi. Dengan tingkat kepadatan seperti itu, akan menciptakan sebuah ladang emas bagi pebisnis terutama para pengembang perumahan yang ingin mengadu keberuntungan.
Tapi tak hanya tingkat kepadatan penduduk yang dijadikan ukuran tingginya aktivitas ekonomi suatu kawasan. Akses ternyata menduduki urutan pertama sebagai sarana untuk mendongkrak tingginya tingkat aktivitas tersebut. Pembangunan dan perbaikan sarana jalan akan menjadikan denyut perekonomian berjalan semakin lancar. Apalagi bila ditunjang dengan pembangunan jalan tol, akan mempercepat denyut investasi yang masuk.
Salah satu faktor utama bangkitnya perekonomian sebuah kawasan adalah akses. Pembangunan akses menjadi begitu penting untuk mengimbangi derasnya laju informasi dan investasi ke kawasan tersebut, bahkan bisa membuat denyut nadi perekonomian semakin lancar lagi. Di kota-kota penyangga serentak dibangun tol yang membelah kota menuju ke berbagai titik. Seperti JORR dan BORR. Kedua ruas tersebut akan memperkuat keberadaan ruas tol dalam kota.
Menurut Juan Panca, General Manager Daan Mogot Baru, pertumbuhan suatu kawasan didorong oleh investasi yang masuk.” Kalau tidak ada, mana bisa berkembang. Bahkan bisa ketinggalan dengan kawasan lain. Umumnya kalau sudah ada properti yang di bangun, tak lama pasti harga tanah di sana ikut naik,” paparnya.
Contohnya seperti kawasan Serpong, Tangerang. Kawasan yang dulunya hampir tidak di kenal oleh siapapun, kini berubah menjadi sebuah kota mandiri yang ramai. Perkembangannya hingga kini masih terus berlanjut. Bumi Serpong Damai atau lebih akrab disebut dengan BSD adalah sebuah kota terencana yang terletak di kecamatan Serpong, Tangerang. Saat ini kata ‘BSD’ sudah tidak lagi sebuah kawasan pinggiran Tangerang, namun lebih berupa sebuah kota tersendiri. Perkembangan kawasan Serpong khususnya di sektor properti sangatlah fantastis. Pengembang yang membangun perumahan di kawasan itu, di antaranya Melati Mas (500 hektare) yang kini meluncurkan Melati Mas Residence dan Bumi Serpong Damai (BSD) City yang mengembangkan 6.000 hektare lahan. Ada juga Summarecon Serpong dengan lahan seluas 1.200 hektare yang membangun Gading Serpong Permai, Alam Sutera seluas 1.700 hektare yang dikembangkan oleh PT Alfa Goldland Realty, dan pengembang lainnya yang menawarkan perumahan seperti Villa Serpong dan Serpong Park.
Menurut Panangian Simanungkalit, Direktur Pusat Studi Properti Indonesia, kawasan Serpong sangat berpotensi menjadi kota dalam kawasan Jabodetabek (Greater Jakarta). Penilaiannya itu didasari dengan luas kawasan Serpong yang kurang lebih mencapai 10.000 hektare dan akan dihuni sekitar 2 juta penduduk.
Menurutnya, kecepatan membangun kawasan Serpong sekarang sudah hampir tidak sebanding dengan percepatan kenaikan harga tanah di wilayah itu. Oleh karena itu, ia optimistis kawasan Serpong akan menjadi kota tersendiri/mandiri yang lebih besar lagi.
“Kawasan yang prospektif di Jabodetabek salah satunya adalah Serpong. Ia menjadi prospektif karena dekat dengan Tangerang yang merupakan kawasan industri,” ujarnya.
Mengekor sukses membangun Kelapa Gading, Sumarecon Serpong membangun Gading Serpong Permai. Summarecon Serpong intens membangun kawasan hunian dan komersial di kawasan seluas 400 hektare ini. Johanes Mardjuki, Direktur PT Summarecon Agung Tbk, mengakui pihaknya ingin mengulang sukses dari Kelapa Gading Permai mengingat Gading Serpong adalah aset yang paling mungkin dikembangkan oleh Summarecon Agung di masa mendatang.
Dibandingkan kawasan lain di Jabodetabek seperti Bekasi, Tangerang, Depok, barangkali Cibubur juga dikenal sebagai butik properti yang paling pesat. Banyak kawasan perumahan yang menawarkan berbagai keunggulan. Tumbuhnya kawasan hunian, serta fasilitas dan sarana lainnya, menjadikan Cibubur sebagai kawasan cantik yang nyaman sebagai tempat tinggal.
Selain itu, Cibubur melengkapi wilayahnya dengan berbagai fasilitas. Tidak aneh bila pembangunan kawasan hunian, niaga, supermarket, dan sarana, serta fasilitas lainnya terus ‘menggeliat’ di Cibubur. Cibubur juga memberikan kemudahan dalam hal transportasi. Dari pusat bisnis ibu kota, hanya butuh waktu kurang lebih 45 menit perjalanan jika melalui jalan tol Jakarta, Bogor, dan Ciawi (Jagorawi).
Meskipun identik dengan kemacetan, namun banyak orang yang memilih tinggal di kawasan ini. Dari Depok juga tidak terlalu jauh, hanya lebih kurang 20 menit. Sementara dari Bogor bisa ditempuh melalui Cileungsi ataupun melalui jalan tol. Hal ini tentu saja akan membuat akses ke Cibubur semakin mudah dan cepat. Tak pelak, sepanjang Jalan Alternatif Cibubur terdapat lebih dari 10 kompleks perumahan menengah atas.
Kawasan diatas hanya sebagai contoh dari pertumbuhan suatu kawasan yang dulunya tak pernah terjamah oleh investasi. Tak bisa dipungkiri, keberadaan properti menjadi faktor utama pertumbuhan ekonomi suatu kawasan. Begitu pula dengan keadaan di sekitarnya yang juga giat membangun. Dimana ada pembukaan lahan baru, pastinya investasi akan merangkak naik. Tinggal pintar-pintar Anda menentukan pilihan yang terbaik.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11195 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7470 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6425 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4838 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 18 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com