• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Cibubur Sang Primadona

Mengikuti perkembangan kawasan seperti Cibubur yang dahulunya dinilai tak memiliki potensi investasi, tentu sangat menarik. Bahkan, tak satupun investor berpikir untuk masuk ke kawasan tersebut. Namun, kini kawasan tersebut seperti menjelma menjadi pilihan investasi pengembang. Kebangkitannya terus melesat bak peluru yang menembus pemikiran sempit investor. Menariknya lantaran luas lahan dan harga tanahnya masih terjangkau di kantong investor.
    Tengok saja, sejak dibukanya Jalan Transyogi yang membelah kawasan Cibubur, perkembangan propertinya melesat. Faktanya, di sepanjang jalan bisa dijumpai puluhan kawasan perumahan yang dibangun oleh banyak pengembang besar maupun kecil. Tak hanya itu, di sepanjang Jalan Transyogi, banyak spanduk yang menawarkan unit-unit rumah baru -mulai dari segmen menengah sampai kelas mewah. Itupun tak hanya perumahan, sektor lainnya seperti ruko dan pusat perbelanjaan juga ikut tumbuh bak cendawan.
    Pendeknya, perkembangan propertinya tiap tahun terus meningkat, terutama dari sisi pasokan unit baru di sepanjang koridor Exit Toll Cibubur–jalan Transyogi–Cileungsi–Jonggol. Sejak awal memang area ini diperuntukkan sebagai hunian. Apalagi, didukung pula oleh kondisi alamnya yang relatif lebih asri dibandingkan di wilayah ibukota. Mulai dari kondisi air yang jernih, lingkungan hijau, maupun pesatnya perkembangan kawasan yang dihuni oleh area komersial maupun fasilitas umum.
    Tak heran, jika akhirnya Cibubur tetap diminati oleh warga komuter. Buktinya, penjualan properti di lokasi ini terus berdenyut, meski beberapa pengembang mengakui ada sedikit penurunan ketimbang periode yang sama pada tahun lalu.

Magnet Cibubur
    Seperti diketahui, perkembangan Cibubur diawali sejak tahun 1997 oleh beberapa developer yang tersihir oleh kemolekan alam serta lokasi asri Cibubur. Mulai dari Konsorsium Duta Pertiwi yang membangun perumahan Kota Wisata dengan konsep Lima Benuanya, menyusul perumahan Raffles Hill, Puri Sriwedari, Taman Laguna, Citra Grand, Kota Wisata, Legenda Wisata, hingga perumahan Kota Taman Metropolitan (KTM) dan Citra Indah yang posisinya cukup jauh ke arah Cileungsi/Jonggol.
    Dampaknya, ribuan hektare lahan habis dilahap untuk dijadikan pemukiman. Otomatis harga tanah pun melonjak tajam. Dan, tak bisa dipungkiri bahwa areal perumahan di Cibubur menjadi wilayah baru target perpindahan masyarakat Jakarta yang gemar mencari hunian sejuk, aman, nyaman dan bebas dari banjir. Ditambah pula bahwa bencana banjir Jakarta yang disebut sebagai siklus lima tahunan yang telah  berubah menjadi siklus setiap tahun -menjadi pemicu utama bergesernya kebutuhan perumahan ke kawasan Cibubur.

Pasar Terjangkit Kejenuhan

    Namun, pesatnya perkembangan bisnis properti di kawasan ini  bisa berakibat pasar menjadi jenuh. Banyak pihak menilai perkembangan properti di Cibubur sudah mencapai puncaknya. Namun, kondisi seperti ini justru membuka peluang bagi kawasan sekitar Cibubur, seperti timur Cileungsi dan Citeureup untuk berkembang. Kabarnya, beberapa pengembang mulai melirik timur Cibubur, seperti Cikeas, Cileungsi, Jonggol, Gunung Putri hingga Citeureup. Pasalnya, kawasan-kawasan tersebut masih banyak memiliki lahan terbuka yang menjanjikan.
    Apalagi, kabar tentang rencana pembangunan jalan JORR II sepanjang 27,1 km yang menghubungkan Cibubur-Cibitung. Tentunya akan membuat kawasan Timur Cibubur semakin menarik karena kemudahan akses tol dan akan memicu tumbuhnya perumahan-perumahan baru.
Perbedaan perkembangan kawasan yang cukup mencolok antara Cibubur dan daerah di sebelah timurnya sebenarnya merupakan sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain karena potensinya yang cukup besar, persaingannya juga masih belum terlalu ketat seperti yang sekarang terjadi di Cibubur. Inilah yang ditangkap oleh banyak pegembang untuk menggapai keuntungan di kawasan timur Cibubur.

Atraktif dan Ekstensif
    Seperti yang dituturkan oleh Ketua AREBI (Asosiasi Real Estate Broker Indonesia), Tirta Setiawan. Prospek Cibubur masih dalam kondisi stabil dan indikasi kejenuhan pasti ada dimanapun. “Kalau pengembang besar semakin banyak yang masuk, maka kawasan tersebut bukan hanya sesak, tapi juga semakin berkembang,” ujarnya.
    Menurut Tirta, sejatinya Cibubur merupakan daerah pertumbuhan properti baru yang sangat atraktif dan ekstensif. Dari aspek lokasi saja, daerah ini sangat unik karena terjadi pertemuan antara tiga wilayah perbatasan di Jakarta, yaitu Bekasi, Bogor serta Depok. “Karena itu, sangat menunjang sebagai kawasan  baru yang berkembang,” kata Tirta.
    Makanya, tak heran jika kawasan Cibubur selalu sesak dengan penawaran menarik dari pengembang. Tengok saja, saat jam-jam sibuk ke kantor atau pada  hari libur, arus kendaraan yang keluar masuk begitu padat. Kawasan ini sudah jauh berkembang. Bahkan dalam waktu dekat Cibubur akan menjelma sebagai kota mandiri.
    Bila demikian adanya, indikasi tingkat jenuh sektor properti di Cibubur masih akan lama terjadi. Ditambah lagi dengan pembenahan infrastruktur yang terus dilakukan. “Hanya saja kalau Cibubur terus di gempur oleh pembangunan properti baru, sangat disayangkan bila pembenahan sarana dan prasarana terkesan lamban,” tukas Tirta. Kemacetanpun jadi hiburan tetap di pagi dan sore hari. Kalau sudah begitu, pilihan tetap ditangan Anda.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6272 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 16 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com