• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Properti Pasca Krisis AJANG PertaAruhanAN Prestise

Tahun 2010 diprediksi sebagai momentum kebangkitan sektor properti oleh sejumlah pengamat dan pengembang di tanah air. Apalagi dalam beberapa tahun terakhir sektor ini mengalami perkembangan yang pesat.
Itu tak lain karena beberapa faktor, seperti suku bunga perbankan, kondisi makro ekonomi dan daya beli masyarakat yang semakin kuat. Belum lagi dibukanya kemudahan bagi warga negara asing untuk

 berinvestasi di Indonesia karena telah berlakunya perjanjian perdagangan bebas Asean China (ACFTA) awal tahun ini. Kondisi ini makin didukung dengan tengah digodoknya rancangan peraturan pemerintah (PP) mengenai kepemilikan WNA terhadap sektor properti di tanah air sampai satu semester kedepan.
     “Jadi, hampir semua sub sektor properti mulai dari perkantoran, ritel, dan hunian mengalami perbaikan pada awal berakhirnya krisis ekonomi dunia 2009 lalu,” kata Direktur Riset dan Konsultan Procon Savills, Utami Prastiana.
Tak hanya itu, rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) sebesar 15 persen oleh pemerintah pada bulan April mendatang pun ditengarai tidak akan mempengaruhi sektor properti di Indonesia. Itu sebabnya Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa berharap agar para pengembang tetap membangun perumahan bagi masayarakat berpenghasilan menengah (MBM) dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), karena dua sektor perumahan ini tidak mengalami kenakan TDL. “Saya menilai adanya rencana kenaikan TDL untuk sementara tidak berdampak pada sektor properti,” ujar Menpera. Karena, rencana kenaikan TDL hanya diperuntukkan bagi properti yang memiliki KVA tertentu yakni properti atau perumahan yang memiliki KVA di atas 900 KVA. Sedangkan untuk perumahan MBM dan MBR tidak mengalami kenaikan TDL. “Perumahan untuk MBR dan MBM biasanya memiliki KVA di bawah KVA 900 watt yakni sekitar 450 watt. Tentunya perumahan tersebut tidak terkena dampak kenaikan TDL” tandasnya.
Selain itu, memasuki tahun 2010 lalu pemerintah tampak mulai serius mendorong sektor perumahan dan pemukiman. Indikatornya, Kantor Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) beberapa waktu lalu telah menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memantau proses perijinan. Sehingga tercipta efisiensi waktu dan biaya pengurusan dokumen perijinan.
    Belum lagi, kabar tentang dikucurkannya dana sekitar Rp 100 Miliar oleh Kemenpera kepada Perum Perumnas selaku BUMN perumahan lewat Medium Term Note ( MTN ) untuk membantu MBR memiliki tempat tinggal. Dengan demikian, secara keseluruhan bisa dikatakan pangsa pasar hunian akan semakin diminati. Dan, para pengembang pun semakin semangat untuk menelurkan beragam proyek dan tipe hunian baru, baik di Jabodetabek maupun luar Jabodetabek seperti Surabaya, dan Bali.
Prospek Baru Proyek Maju
    Indikasi pulihnya sektor properti pasca krisis global hingga kuartal terakhir tahun lalu, menjadikan permintaan hunian residensial cenderung membaik. Tak heran bila sejumlah pengembang tengah bersiap-siap meluncurkan proyek baru. “Penjualan rumah akan meningkat. Kalau pada 2009 transaksinya hanya sekitar Rp 30 triliun , tahun 2010 kemungkinan bisa mencapai Rp 34 triliun,” ungkap pengamat properti, Panangian Simanungkalit.
    Prospek penjualan perumahan dengan harga di bawah Rp 300 juta per unit di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan mencapai angka 150 ribu unit per tahun hingga sepuluh tahun ke depan. Sementara penjualan perumahan dengan harga sekitar Rp 300 juta per unit akan mencapai 60 ribu unit per tahun. Bekasi misalnya. Kawasan ini dinilai memiliki prospek yang terus tumbuh dan dianggap mempunyai ceruk pasar yang besar lantaran permintaan pasarnya
tetap tinggi, sehingga membuat para pengembang terus melakukan ekspansi membangun pelbagai proyek.
    Tak hanya itu, kawasan luar pulau juga menjadi sasaran pengembang. Sebut saja seperti Surabaya. Maraknya pembangunan perumahan disini, merangsang orang untuk membeli rumah. Apalagi, dengan adanya dua konsentrasi pengembangan-yakni barat dan selatan. Kota legendaris yang kerap disebut kota pahlawan, sekarang ini boleh dibilang sudah menjadi kota metropolitan yang menandingi Jakarta.
    Ekonomi dan industrinya berkembang dan berjalan karena didukung adanya kawasan industri yang berada di wilayah sekitarnya. Apalagi, kawasan ini memang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai sasaran bagi pengembangan industri di Kawasan Timur Indonesia (KTI).
     Selain itu, perkembangan industri ini juga akan berdampak pada sektor properti khususnya perumahan. Para pekerja yang mencari nafkah di sektor industri ini tentunya membutuhkan rumah, termasuk juga orang-orang yang bekerja di luar bidang industri, atau orang-orang yang ingin berinvestasi. Hal inilah yang mendasari para pengembang untuk membangun perumahan di sana.
     Lagi-lagi, memang pertumbuhan penduduk dan pulihnya daya beli masyarakat menjadi penopang pesatnya bisnis properti residensial. Saat ini saja, sepanjang 2007-2020 pertumbuhan penduduk Jabodatabek diperkirakan akan mencapai 8,1 juta jiwa. Artinya, untuk menampung pertambahan penduduk sebanyak 8,1 juta jiwa itu, dibutuhkan rumah setidaknya 2,1 juta unit.
     “Rumah menengah dengan harga sekitar Rp 300 jutaan akan bangkit tahun ini. Pengembang yang selama ini mulai meninggalkan segmen ini juga akan kembali terjun masuk membangun proyek kelas menengah, apalagi kalau bunga KPR bisa turun sampai di bawah 10 persen,” papar Panangian lebih lanjut.
     Intinya, bergairahnya sektor properti pada saat kini membuat investor dan konsumen semakin leluasa menentukan pilihan yang sesuai keinginannya. Entah karena untuk meningkatkan kualitas hidup atau memang tengah menjadi simbol prestise masa kini.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6272 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 58 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com