• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Konsep Mixed Use, Makin Mekar Berkibar

Konsep bangunan campuranmakin mekar berkibar menghiasi langit Jakarta. Pemicunya tak lain karena makin terbatasnya lahan, serta tuntutan gaya hidup modern yang serba praktis.

     Di awal mengembangkan properti berkonsep bangunan campuran alias mixed use atau konsep  bangunan yang mengadopsi berbagai macam kebutuhan, seperti tempat tinggal (residensial), perkantoran (office) dan pusat belanja (mal) sejatinya muncul karena keinginan masyarakat yang enggan berpindah-pindah tempat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu juga, soal efektifitas karena semakin dimudahkan dalam menuntaskan niat kebutuhan yang dicari. “Inilah yang membuktikan bahwa masyarakat kota metropolitan butuh efektifitas dalam melakukan setiap kegiatannya,” kata Anton Sitorus Head of Research, Jones Lang LaSalle.

    Selain itu, konsep properti mixed use selalu menjadi solusi atas kondisi masa kini yang penuh dengan kesemrawutan mulai dari kemacetan, jarak antara tempat tinggal dengan perkantoran dan pusat komersial. “Sehingga dapat dieliminer dari setiap sisi,” tukas Anton. Alasan utama lainnya lantaran terbatasnya lahan-lahan di Jakarta serta sulitnya memenuhi tuntutan kebutuhan. “Dari waktu ke waktu proyek mixed use akan semakin populer, karena tren perkotaan akan mengarah pada satu kawasan yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan penghuni,” tukas Anton. Konsep perkotaan modern seperti inilah sebut Anton akan terus berubah. Jadi, bukan lagi sebagai tempat masyarakat sub urban datang dan pergi setiap pagi dan sore hari. Melainkan, telah menjadi pusat-pusat perekonomian di kantong-kantong wilayah pemukiman. “Penerapan konsep perkotaan seperti ini, akan meminimalkan penggunaan energi. Maka, membangun proyek mixed use adalah solusinya,” jelas Anton.


Proyek Prestisius


Berdirinya proyek-proyek properti mixed use yang dibangun pengembang tampaknya bukan sekedar menggabungkan hunian, perkantoran dan komersial melainkan telah menjadi nilai prestisius tersendiri. “Proyek jenis ini biasanya besar dan dinilai selalu dapat dibanggakan oleh pengembang. Dan, hampir di seluruh belahan dunia ini land mark pengembang properti adalah proyek mixed use”. Sedangkan, Presiden Direktur Bakrieland Development, Tbk Hiramsyah S. Thaib pernah menyebutkan, konsep mixed use sangat tepat menjawab tantangan dunia modern saat kini, karena akan membuat tingkat efisiensi semakin baik. Efisiensi itu diperoleh lantaran orang bisa tinggal, berbelanja, dan berkantor sekaligus. “Dan ini hanya bisa dilakukan jika orang tinggal dan berkantor disatu kawasan,” jelasnya. Hal lain juga datang dari pengembang Agung Podomoro Group. Alvin Andronicus, General Manager Podomoro City mengamini bahwa tinggal dan bekerja dalam satu kawasan mixed use bisa meningkatkan kualitas hidup. “Waktu istirahat bersama keluarga lebih banyak serta juga dapat menghemat ongkos transportasi dan meminimalisir kehilangan peluang pada bisnis akibat kemacetan,“ jelas Alvin. Jadi, siap-siaplah Anda menjadi tenar karena konsep bangunan campuran akan makin mekar berkibar.

 

Beberapa Megaproyek Yang Dibangun Dengan Konsep Mixed Use Development :


1. Central Park
Agung Podomoro Group saat ini mengembangkan kawasan Central Park yang merupakan bagian dari megaproyek Podomoro City diatas lahan seluas 21 Ha, dengan total investasi sekitar Rp7,35 triliun. Saat ini, proyek yang telah dibangun di Podomoro City adalah apartemen Mediterania Garden Residences, Mediterania Garden 2, Royal Mediterania Garden, dan Garden Shopping Arcade. Sedangkan Central Park, terdiri atas gedung perkantoran, mal, hotel skala internasional, dan tiga menara apartemen.

2. Green Bay
Agung Podomoro Land (APL) pengembang yang sukses dengan proyek-proyek besarnya, menghadirkan proyek properti yang merangkum apartemen, ruko, dan mal bertajuk Green Bay Pluit. Proyek yang dikembangkan diatas lahan 12,5 hektar terdiri dari 12 tower, 8 tower setinggi 36 lantai, dan 4 tower setinggi 33 lantai.

3. Ciputra World
Grup Ciputra melalui PT Ciputra Property Tbk saat ini telah mengembangkan proyek mixed use development Ciputra World Jakarta diatas tanah seluas 5,5 Ha dengan total biaya investasi sekitar Rp7 triliun. Proyek ini merupakan bangunan yang terdiri dari enam lantai pusat perbelanjaan, satu gedung apartemen, satu gedung hotel dan apartemen mewah, satu gedung perkantoran, dan lima lantai untuk areal parkir.

4. RA SUNA EPICENTRUM
Grup Bakrie melalui PT Bakrieland Development Tbk ini mengembangkan superblok Rasuna Epicentrum dengan investasi sekitar Rp17 triliun. Proyek properti yang dibangun di atas lahan sekitar 50 hektare (Ha) tersebut terdiri dari Bakrie Tower, The Wave Apartment, The Groove Condominium, Epicentrum Walk & Lifestyle Center, River Walk, dan Concert Hall dan Office Tower.

5.Grand Orchard
Proyek yang dibangun PT Summarecon Agung Tbk ini tercatat sukses dan terus mengembangkan proyek-proyek mereka di atas lahan seluas 550 Ha di Kelapa Gading seperti “Hunian Grand Orchard”, Mal Kelapa Gading, dan La Piazza. “Saat ini, lahan yang tersedia sekitar 70 Ha dan telah dibangun proyek Grand Orchard dan bangunan komersial sebagai pelengkapnya,” kata Direktur Utama Summarecon Agung Johanes Marzuki.

6. St Moritz & Kemang Village
Grup Lippo melalui PT Lippo Karawaci Tbk tengah mengembangkan proyek Kemang Village Residences dan The St Moritz. Kemang Village merupakan proyek properti kondominium, hotel, dan pusat perbelanjaan yang dibangun diatas lahan seluas 15,5 Ha, dengan total investasi sekitar Rp11 triliun. Sedangkan St Moritz adalah proyek yang terdiri dari 17 menara yang dibangun di atas lahan seluas 12 Ha, dengan investasi sekitar US$1,2 miliar.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9238 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7469 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6432 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6423 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4838 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4794 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4668 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4273 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4222 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 49 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com