• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Eksplorasi Material Pagar

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 17 September 2014 22:46
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 686
  • 17 Sep
      Tak hanya berfungsi untuk menjaga privasi dan keamanan rumah, pagar juga harus tampil menarik. Pilihan material, ikut menentukan kekuatan dan desain pagar. Penggunaan pagar, sudah jamak digunakan pada rumah-rumah di kota besar. Tak hanya desain pagar yang harus diperhatikan, tetapi pilihan bahan juga menentukan, karena akan memengaruhi tampilan rumah secara keseluruhan.

        Terdapat banyak material yang bisa digunakan untuk pagar, mulai dari bahan kayu, logam, batu atau tanaman. Untuk menjaga kesatuan desain pagar dengan desain bangunan pilihan material sebaiknya disesuaikan dengan model dan fasade bangunan,  atau nuansa yang ingin ditampilkan, karena masing-masing material memiliki karakteristik dan kesan yang ditimbulkan.  Penggunaan bahan pagar yang tepat, selain memengaruhi bentuk pagar, juga dapat memanipulasi mata, menciptakan kesan lebih pendek atau lebih tinggi, juga mengatur kontak visual ke bangunan dan lingkungan sekitarnya. Bereksplorasi pada material yang digunakan pada pagar, akan menciptakan tampilan yang tidak hanya unik dan menarik, tapi juga melengkapi desain rumah secara keseluruhan. Berikut adalah pilihan material pagar.

Logam

    Jenis material logam yang sering digunakan untuk pagar antara lain besi polos, hollow, galvanis, besi tempa, stainless steel, atau baja. Logam tergolong kuat, mudah finishing dan dibentuk sesuai selera. Pagar besi bisa berbentuk railing atau lembaran yang diberi lubang-lubang sebagai aksen. Agar tahan lama, tambahkan lapisan anti karat saat finishing. Sebagai variasi, padukan dengan material lain, seperti batu bata pada bagian bawahnya. Pagar dari logam cocok untuk digunakan pada rumah-rumah bergaya modern.

Eksplorasi, Kombinasi

  • Menerapkan kombinasi bahan pagar, bisa dilakukan untuk memberi aksen menarik pada tampilan pagar. Selain itu, eksplorasi desain juga lebih maksimal, karena tidak terpaku pada satu jenis bahan.

• Material yang berbeda bisa digunakan pada bagian pintu pagar, dengan sisi pagar yang mengelilingi bangunan.

Kayu

     Untuk tampilan natural, memberi kesan hangat dan ramah, kayu banyak jadi pilihan. Pilih jenis kayu yang tahan cuaca dan rayap, seperti kayu ulin atau merbau. Untuk finishingnya, bisa gunakan cat, melamic atau pelitur. Pagar kayu dapat dibuat dari potongan papan yang disusun secara vertikal, horizontal atau mozaik sesuai kreatifitas. Saat ini terdapat jenis kayu artificial yang tahan cuaca, namun juga tetap menampilkan tekstur kayu pada permukaannya.

Semen Ekspos

      Material ini merupakan plesteran batu bata yang tampil tanpa finishing halus (acian). Untuk aplikasinya, bisa dibiarkan polos, finishing kamprot, atau dibuat gurat-gurat horisontal dengan bantuan alat khusus. Jika Anda kreatif, bentuk pagar bisa didesain sesuai selera, misalnya dengan variasi lubang atau tinggi rendah pagar.

Batu

      Beragam jenis batu bisa digunakan untuk finishing pada pagar, semisal marmer, granit, batu alam, batu paras, atau batu candi. Selain itu, bisa juga digunakan batu kali berukuran kecil atau batu koral yang disusun membentuk mozaik menarik pada pagar. Selain tampil menarik, kesan yang didapat adalah natural. Pemakaian jenis batu sebaiknya di-coating dengan polesan yang dijual di pasaran agar awet dan terhindar dari jamur.

Bambu

      Bambu dapat digunakan sebagai material utama pada pagar, atau hanya sebagai aksen. Gunakan batang bambu secara utuh atau dipotong menjadi bilah-bilah bambu membentuk bidang pagar. Agar kuat, pastikan sambungan antar bambu terjalin secara benar, dan hati-hati saat menggunakan paku karena dapat merusak serat bambu.

Tanaman

     Pagar dari tanaman bersifat semi permanen. Jangan memilih jenis tanaman pangkas, karena memerlukan perawatan yang tinggi. Agar tampilan pagar tetap pada model sebelumnya yang rapi dan tidak berantakan, Anda harus memangkas secara rutin dua minggu sekali.  Sebaiknya, pilih jenis tanaman yang tidak perlu dipangkas, seperti tanaman puring yang memiliki banyak varian daun dan bunga, tanaman berbunga indah seperti bunga sepatu dan kemuning atau tanaman hijau seperti perdu.Tinggi optimal tanaman pagar 1.5 meter dengan ketebalan antara 30-50 cm. semakin tebal tanaman, akan makin meredam kebisingan. Jika kreatif, tanaman pagar bisa dibentuk dengan model sesuai selera, yang bisa kapan saja diubah bentuknya jika Anda mulai bosan tanpa harus keluar biaya besar.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11008 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9068 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7281 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6278 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5056 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4726 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4686 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4629 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4290 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4273 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4222 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4160 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4106 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4082 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3999 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 25 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com