• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Alami Dengan Lantai Kayu

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Sabtu, 30 Juli 2011 07:00
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 1865
  • 30 Jul
Jenis dan tipe lantai kayu semakin menjamur di pasaran. Sejatinya, alasan banyak orang untuk mengaplikasikan lantai kayu di dalam rumah adalah ingin menghadirkan suasana alam ke dalam rumah. Harapannya akan muncul kesan alami, suasana tenang dan nyaman.

       Itu sebabnya, betapa banyaknya orang menggunakan lantai kayu di dalam rumah. “Masuk akal memang karena karakteristik alami dari kayu dapat menyeimbangkan suhu ruang sehingga terasa nyaman dan hangat di telapak kaki,” kata Jhon L. Chang, General Mmanager PT Setya Langgeng Sentosa. Selain itu, pemilihan lantai kayu sebagai penutup lantai erat kaitannya dengan fungsi dan estetika. Begitu banyak pilihan bahan penutup lantai dengan berbagai variasi warna dan corak, namun satu yang tetap abadi adalah lantai kayu. Karena, selain karakternya yang unik juga lantaran antarsatu potongan lantai kayu dengan potongan yang lainnya tidak pernah ada kesamaan. Sehingga, semuanya dapat memberi suasana yang berbeda untuk berbagai gaya penataan rumah. Oleh karenanya dahulu ataupun sekarang , lantai kayu tetap jadi pilihan. Entah klasik ataupun modern gaya rumah Anda, lantai kayu tetap cocok diaplikasikan.

 

Beragam Jenisnya

       Jenis bahan kayu untuk lantai sejatinya terdiri dari beragam jenis. Dari yang berbahan kayu asli atau berbahan dasar kayu yang sudah diolah melalui teknologi modern. Dalam memilih lantai kayu ada dua hal pokok yang harus dipertimbangkan, antara lain warna dan kekuatan bahan.

1. Lantai kayu solid.
       Komposisinya terdiri dari kayu asli sehingga kesan natural dan karakter hangatnya lebih terasa. Harganya relatif tinggi karena dibuat dari bahan potongan kayu utuh yang persediaannya terbatas. Meski konsumen mendapat nilai positif karena mendapatkan karakter asli dari kayu, namun bersiaplah terhadap beberapa risiko yang mengikutinya. Jenis lantai kayu solid tingkat muai susutnya tinggi sehingga risiko lantai mengalami kerusakan juga semakin besar. Apalagi di Indonesia yang merupakan negara tropis, dimana tingkat kelembabannya sangat tinggi. Pemasangan kayu solid membutuhkan waktu lama. Pengerjaan finishing (pengamplasan dari water coating) dilakukan di lapangan (saat pemasangan) sehingga kurang praktis. Pekerjaan finishing ini juga menimbulkan bau bahan kimia yang bisa menimbulkan alergi atau gangguan pernafasan.


2. Engineered Hardwood Floor.
       Menggunakan bahan dasar kayu yang sudah diolah melalui teknologi modern dengan sistem multilayer yang lebih tahan terhadap muai susut dan kelembagaan. Terdiri dari 3 lapisan. Llapisan pertama adalah top layer (surface layer) yang terbuat dari potongan kayu asli. Lapisan kedua adalah lapisan inti (core layer) yang terbuat dari tripleks atau plywood dengan arah serat yang disusun saling silang sehingga efektif mencegah terjadinya popping up (lantai terangkat keatas karena adanya muai susut di saat ada perubahan suhu). Bagian dasar dari lantai jenis ini dilapisi dengan pelindung ekstra terhadap noda dan kelembaban. Pemasangan lantai kayu jenis ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Iini karena paduan tounge (lidah) dan grave (cekungan) di keempat sisinya memudahkan dalam pemasangannya. Pengerjaan finishing sudah dilakukan di pabrixk sehingga ketika dipasang tidak perlu lagi dilakukan pengamplasan maupun coating.


3. Laminate Floor.
      Jenis ini biasa disebut sebagai lantai kayu imitasi. Ini berkaitan dengan bahan dasar yang digunakan yaitu HDF (High Density Fiberboard) dan MDF (Medium Density Fiberboard) yang berasal dari bubur kayu pulp yang dipress bersama dengan lem dan dilaminasi dengan paper decor yang bermotif kayu. Laminate floor memiliki empat lapisan. Lapisan teratas (overlay) merupakan penahan scratch. Pembuatan di pabrik dengan penambahan bahan berupa aluminium oksida yang membuat lapisan ini keatas. kedua adalah decorative papers yang dilekatkan jadi satu membentuk sebuah lapisan. Sedangkan lapisan ketiga berupa HDF dan MDF yang disebut inner core layer. Dan lapis terakhir adalah backing layer berupa semacam kertas yang dicelup resin tertentu yang fungsinya mencegah lantai menggelembung. Jadi, agar rumah Anda tampak alami coba saja lantai kayu. Meski imitasi tapi tetap mendekati aslinya.

 

Kiat memasang Lantai Kayu untuk ruangan rumah atau kantor.

• Perhatikan ukuran ruang tempat lantai kayu (Wood Flooring) akan dipasang. Bila ruangan cukup luas, maka dasar lantai perlu diperkuat strukturnya. Ttapi bila ukuran ruangan termasuk kategori kecil, tidak perlu diperkuat strukturnya.
• Untuk lantai rumah kayu yang berjenis keras, gunakan paku untuk memperkuat struktur lantai kayu, meskipun penggunaannya tergantung lokasi.
• Untuk lantai rumah kayu yang bersifat lunak, dasar lantai sebaiknya dilapisi material lain seperti PE form. Fungsi form sebagai flexible joint lantai dan sebagai adjustment agar air dari bawah tidak langsung menyerap ke lantai kayu (Flooring Specialist ).

Metode pemasangan menurut Jenis.
a. Lantai kayu keras
      Sebaiknya untuk jenis ini pemasangan dan desain lantai kayu dilakukan sebelum bangunan selesai. Hal itu karena jenis lantai kayu membutuhkan pekerjaan “tambahan”, yang acapkali menyebabkan “lingkungan kerja” menjadi kotor (looring Repair). Sebelum lantai kayu dipasang, maka dasar harus diberi dempul dulu kemudian dipoles, dan untuk meratakan sambungan baru lantai harus diberi pelindung (coating).
b. Lantai kayu lunak
      Berbeda dengan lantai kayu keras, pemasangan dan desain lantai kayu jenis ini dapat dilakukan pada akhir pekerjaan. Hal ini mengingat jenis ini umumnya siap pasang (ready made), sehingga tenggang waktu pemasangan dan pemakaian tidak lama.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11008 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9068 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7281 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6278 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5056 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4726 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4686 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4629 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4290 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4273 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4222 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4160 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4106 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4082 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3999 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 19 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com