• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Langkah Cerdas Memotivasi Debitor

Dalam kondisi pasar properti yang dibebani tingginya suku bunga KPR saat kini dibutuhkan langkah cerdas untuk membuat debitor tetap nyaman. Misalnya membuat program diskon harga atau memperbanyak pola cicil bertahap, sehingga pasar punya alternatif untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan debitor. SESUNGGUHNYA industri properti sempat bergairah saat suku bunga mencapai prestasi terbaiknya pada kisaran 9% hingga 12% dalam rentang waktu cukup lama sebelum BI Rate beranjak naik belakangan ini.
Harapan pernyataan kemungkinan pemangkasan BI Rate yang disampaikan otoritas moneter beberapa waktu lalu, pasca kenaikan BI Rate ke level 9,50% menjadi stigma positif bagi industri properti untuk mengulang masa-masa manisnya.
Hanya saja, pernyataan itu belum sampai dalam tataran implementasi karena hanya wacana respons dari tren pemangkasan suku bunga oleh banyak Bank Sentral di Eropa dan Amerika Serikat.
 Untuk itu, pemangku kepentingan industri properti tidak bisa menyandarkan penyelesaian persoalan kepada rencana BI itu terkait dengan kenaikan suku bunga kredit, terutama KPR.

Paket developer
Suku bunga kredit sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada penurunan volume konsumer kredit perbankan. Namun, peristiwa ekonomi –kenaikan BBM– tempo hari yang mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat, turut memberi andil terhadap lambatnya geliat konsumer kredit.
Bahkan, kredit pemilikan rumah (KPR) yang sejatinya merupakan produk konsumer paling banyak menelan kredit perbankan pun menurun cukup drastis. Hal ini, terlihat jelas pada data penjualan developer yang hanya berkisar antara 30%-40% dari angka penjualan semester I tahun lalu. Memang, kendati menurun, persentase KPR masih merupakan yang paling tinggi ketimbang kredit konsumer lainnya. Namun, segmentasinya pun jelas terlihat dari porsi penjualan, pada range harga rumah yang terjual melalui fasilitas KPR.
Rumah yang terjual melalui fasilitas KPR perbankan pada tahun ini umumnya perumahan untuk segmen masyarakat menengah bawah dengan range harga di bawah Rp500 juta.
“Untuk menggenjot volume KPR, bank sebaiknya mengeluarkan paket-paket developer yang tidak memberatkan customer. Selain kemudahan prosedur dan bunga rendah, alangkah baiknya bila biaya-biaya dan cara pembayaran diterapkan secara lebih murah dan mudah,” ungkap Cahya Mulyana Marketing Manager PT Mitra Musya Mandiri.
Namun, sambung Cahya penyebab utama menurunnya volume KPR bank bukan cuma suku bunga tinggi, melainkan juga pengaruh menurunnya daya beli masyarakat. “Persoalannya, butuh waktu agak panjang untuk memulihkan daya beli masyarakat. Paling tidak, kita masih harus menunggu minimal enam bulan untuk melihat progres kemampuan daya beli masyarakat. Itupun, masih sangat tergantung kondisi makroekonomi”. Yang pasti, meningkatnya daya beli masyarakat akan berpengaruh langsung pada peningkatan volume KPR perbankan. Inti pentingnya, tentu saja menunggu momentum pulihnya daya beli masyarakat.

Langkah Terobosan  dan Motivasi
Kendati demikian, ada beberapa langkah terobosan yang harus dilakukan agar properti harus tetap mendapatkan pasarnya. Langkah terobosan yang harus dilakukan itu adalah dengan cara menstimulus pasar yang terguncang akibat kenaikan suku bunga.
“Sebagai contoh membuat program diskon harga atau memperbanyak pola cicil bertahap, sehingga pasar punya alternatif untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangan mereka,” sebut Cahya.
Hal itu memang pernah dilakukan pengembang sekitar 3 tahun lalu dengan melakukan subsidi bunga. Banyak pengembang yang menggandeng bank penyedia KPR untuk melakukan program subsidi bunga KPR tahun pertama dengan menawarkan suku bunga hanya 9%, sehingga suku bunga pasar yang saat itu berkisar 12% bisa ditekan. Adapula program bebas uang muka atau diskon harga. Semuanya berlomba untuk menciptakan iklim kondusif agar pasar kembali bergairah.
Bagaimana dengan debitor?. Tentunya kenaikan bunga KPR pastilah menggangu daya tahan mereka, terutama bagi mereka yang sudah menjalani tahap pencicilan kredit.
Sebut saja Simon, debitor KPR salah satu bank BUMN yang mengalami kenaikan bunga hingga 3% sehingga cicilannya naik dari Rp2,3 juta menjadi Rp2,7 juta per bulan. Sebelumnya karyawan salah satu perusahaan swasta di Jakarta ini juga sudah mengalami kenaikan serupa beberapa kali dalam rentang waktu setahun ini.
Kenaikan terakhir sebesar Rp400.000 tersebut tentulah memukul neraca belanja Simon yang justru belum mendapatkan kenaikan penghasilan serupa ketika kenaikan bunga KPR yang progresif tersebut.
“Tentunya dalam hal ini, pengembang harus memberikan ruang untuk proses restrukturisasi secara personal atau secara kasuistik berupa perpanjangan tenor kredit atau malah diskon cicilan secara fleksibel. Cara ini setidaknya akan mampu memberikan jaminan sehingga debitur tak pindah akad kredit atau membatalkan transaksinya, sehingga potensi cash in pengembangpun menjadi lancar,” terang Cahya.
Selain itu pengembang harus tetap lebih fleksibel menghadapi kasus kenaikan suku bunga KPR saat ini dengan memberi beberapa solusi dan alternatif  kepada debitor. Dengan kata lain, pengembang perlu melakukan pendekatan sosial kepada debitor dengan tidak hanya berorientasi teknis atas sebab akibat dari perkembangan kebijakan moneter terhadap kenaikan BI Rate tersebut.
Sebab, pengembang dan perbankan punya kekuatan dan energi untuk membantu menggairahkan pasar properti di tengah kelesuannya. “Akan tetapi, semua itu tentu dengan tetap menggunakan prinsip kehati-hatian, sehingga pelonggaran dan fleksibilitas tidak justru merusak keadaan”.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10741 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8779 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:6934 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6044 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4909 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4631 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4561 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4486 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4224 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4205 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4172 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4088 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:3999 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3946 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3882 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 65 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com