• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Akselator Kawasan Jakarta Barat

Kehadiran perumahan Daan Mogot Baru di Jakarta Barat membuat pertumbuhan kawasan tersebut terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Lokasi yang strategis, terciptanya peluang bisnis, hanya beberapa faktor yang mempengaruhi berkembangnya sebuah kawasan. Pertumbuhan kawasan juga cepat terangkat bila investasi yang masuk dapat berputar dan mendorong pertumbuhan ke arah yang lebih besar lagi. Hanya saja, kejelian melihat peluang di kawasan yang sedang berkembang harus di imbangi strategi matang.
Sebagai contoh Perumahan Daan Mogot Barunya (DMB), mampu mengembangkan kawasan seluas 70 ha menjadi sebuah kota mandiri. Prospek kedepannya juga sangat menjanjikan. Dengan lokasi yang strategis di jalan Daan Mogot Raya, Jakarta Barat akan dilintasi jalan Tol JORR W1 (Ulujami-Kebon Jeruk) dan W2 (Kebon Jeruk-Penjaringan) serta sudah beroperasinya busway koridor III Kalideres-Harmoni semakin mempermudah aktivitas penghuni.

Menurut Juan Panca, General Manager Daan Mogot Baru, meskipun belum mempengaruhi nilai rumah, busway tetap menjadi nilai plus bagi perumahannya. “Soalnya, banyak penghuni kami yang bekerja di Jl Sudirman dan Kota. Mereka suka naik busway karena lebih cepat dan lebih hemat,” katanya.
Halte Pesakih di koridor III hanya 100 meter dari gerbang perumahan. Penghuni bisa mengaksesnya dengan angkutan umum yang melalui kawasan perumahan, atau diantar dengan kendaraan pribadi. Ia yakin makin baik pengelolaan busway, makin banyak penghuni perumahannya yang beralih ke busway.
Peluang yang diambil sangat jitu dan strategis. “Permintaan akan segmen atas masih besar, makanya kami terus berinovasi membangun sesuai tren pasar,” papar Juan.
Contohnya, dengan meluncurkan Cluster The Gilimanuk. Respon pasar terbilang bagus. Diatas lahan 1,5 ha dibangun sebanyak 40 unit seharga Rp. 1,4 miliar hingga 2,8 miliar pun laku terjual.
Ini diikuti pula dengan perkembangan kawasan yang lengkap dengan fasilitas bak sebuah kota. Nilai investasipun melonjak naik. Lihat saja harga tanah di sana sudah mencapai empat juta rupiah per meter perseginya. Sedangkan untuk area komersial seperti ruko mencapai tujuh hingga sepuluh juta rupiah per meter per seginya. “Ya, itu konsekuensi dari pesatnya pembangunan sebuah kawasan yang sedang tumbuh,” tutur Juan.
Tiap tahun, perumahan ini mengembangkan fasilitas kota di dalam hanya untuk penghuni. Semua serba ada dan serba dekat. “Ibaratnya semua fasilitas hanya selangkah dari rumah “ ujar Juan kembali. Seperti pusat bisnis seperti Mall Matahari Puri-Daan Mogot, Rumah Sakit Hermina, Sekolah Dian Harapan dan lainnya. Bahkan bisa di bilang Daan Mogot Baru merupakan satu-satunya kawasan perumahan seluas 70 ha di Indonesia yang memiliki fasilitas selengkap sebuah kota.
Ternyata bukan hanya landed house saja yang disediakan oleh DMB, nantinya dilahan yang tersisa akan terus dikembangkan sebagai komitmen akan perkembangan sebuah kota mandiri tadi.
Sebagai gambaran, kelengkapan DMB terlihat ketika kita memasuki gerbang utama hingga ke kawasan bisnis. Menariknya, meskipun dipadukan dengan pusat keramaian, tetapi privasi dan kenyamanan tinggal di Daan Mogot Baru tetap terjaga dengan keamanan 24 jam.
Bukan itu saja, penghijauan juga menjadi perhatian pengembang untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Pemahaman dimasyarakat yang berkembang saat ini hanya sebatas kelengkapan fasilitas dan penghijauan secara fisik saja. Sedangkan konsumen juga jeli ketika membeli rumah. Disamping penghijauan yang dilihat, pengelolaan lingkungan seperti sampah juga dipertimbangkan
Penghijauan yang dilakukan dengan memperbanyak penanaman pohon yang  dapat mengurangi anti oksidan. “Untuk kawasan secara keseluruhan memang belum, tapi di tiap cluster sudah kami terapkan, walau masih dalam bentuk fisik. Kita juga sedang merencanakan pengelolaan sampah terpadu untuk lingkungan sendiri,” papar Juan.
Untuk bangunan, meski tidak memakai konsep green, tapi pengaturan  sirkulasi cahaya dan udara yang masuk diatur dengan maksimal. Ini yang membuat unit yang ditawarkan semakin diminati konsumen. Namun bukan hanya hijau saja yang harus jadi perhatian. Sampah rumah tangga jadi masalah terbesar. Banyak perumahan yang hanya mengandalkan pengelolaan sampah terpadu seadanya. 
Pengelolaan sampah terpadu yang direncanakan akan mengurangi tumpukan sampah yang sudah ada. Bukan hanya berfungsi mengurangi polusi sampah tapi dapat digunakan  menjadi sebagai barang yang bisa dipakai lagi. Namun anggapan penerapan green mengeluarkan biaya tinggi, disanggah Juan. Menurutnya menerapkan green yang seutuhnya tak harus mahal. Yang penting punya kemauan untuk melaksanakannya.  Sudah saatnya pengembang memikirkan green yang benar. Tak harus dengan investasi besar. Dengan memaksimalkan penghijauan sudah jadi langkah awal yang baik.
Sejak kawasan ini mulai dibangun hanya berdasarkan konsep hunian konvensional. Begitu tema green jadi slogan di mana-mana, secara perlahan DMB mulai menerapkannya. “ Karena kita bangun konsep konvensional, tinggal menyesuaikan saja,” kata Juan lagi.
Dengan yang cukup luas, untuk memaksimalkan fungsi hijau di dalam kawasan jadi mudah. Kedepannya, DMB akan terlihat lebih hijau dan nyaman dengan segala pengelolaan lingkungan yang maksimal.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11326 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9378 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8580 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7572 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6592 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6189 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5126 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4911 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4831 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4687 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4361 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4318 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4306 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4269 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4203 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 12 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com