• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Hunian Nyaman yang Ramah

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Rabu, 12 November 2014 07:00
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 538
  • 12 Nov

     Hunian ini tak sekadar nyaman, namun juga mencerminkan pribadi pemiliknya yang hangat, ramah dan terbuka.

    Pagar hidup dan halaman berumput membuat rumah dua lantai di Icon Cluster BSD ini terlihat asri. Hijaunya rumput seakan menghalau sengat matahari, sementara kolam renang di sisi kanan rumah membantu mendinginkan udara, sehingga kita merasa nyaman bila bersantai di terasnya. Kesejukan juga mendukung kekhusukan jika bersholat di musala kecil di sudut taman.

 

     Suasana nyaman di luar juga terasa saat kita memasuki rumah yang berdiri di atas lahan seluas 435 m2 ini. Ruang yang relatif besar terkesan semakin lapang karena tidak disesaki oleh perabotan. Furnitur ditempatkan sesuai kebutuhan. Secara keseluruhan interior rumah dirancang dengan konsep minimalis, aku Astri sang desainer interior. Desain tersebut merepresentasikan harapan nyonya rumah, yang menginginkan penataan rumahnya simpel namun artistik. Tak hanya keindahan visual yang ditampilkan namun juga kenyamanan tiap ruang dan kesan ramah sebagaimana karakter pemiliknya. Dia juga berharap rumahnya senantiasa terkesan rapi dan bersih karena selain menyukai keindahan dia tidak suka melihat kondisi berantakan.

SIMPEL FUNGSIONAL


    Untuk mendukung konsep minimalis tersebut, Astri mendesain furnitur dengan bentuk simpel fungsional dan mempertimbangkan efisiensi ruang. Meski simpel, set sofa di ruang tamu dan ruang keluarga juga dining set tetap terkesan elegan. Sementara untuk mendukung terciptanya kesan rapi dan bersih, didesain banyak ruang penyimpanan. Built in furniture berupa wardrobe maupun kabinet dengan bahan HPL berpelapis duco rata-rata dibuat setinggi plafon. Tak hanya itu, setiap tempat tidur juga dilengkapi hidden storage pada bagian bawahnya.

     Kesan lapang hunian ini diperkuat dengan penggunaan cermin lebar. Misalnya, ruang tamu dan ruang makan dibatasi kabinet terbuka dari kayu yang sebagian besar dindingnya dilapis cermin. Cermin itu tidak hanya memantulkan beragam benda seni yang dipajang, namun juga suasana ruang tamu. Penggunaan cermin lebar juga dijumpai pada ruang tidur, ruang keluarga, juga bar dan pantry. Selain berpotensi memberi kesan luas karena efek penggandaan, penggunaan cermin lebar juga membentuk kesan ruang secara visual serta menambah nilai estetis.

NUANSA NETRAL SEBAGAI BENANG MERAH


     Pada hunian seluas 500 meter persegi ini diaplikasikan palet warna netral dengan permainan hitam putih, merujuk
kesukaan nyonya rumah akan warna cokelat dan sejenisnya. Warna merah marun dan kuning keemasan yang bisa dijumpai pada sebagian wallpaper, menurut Astri, diangkat dari warna khas daerah Lampung, darimana pasangan pemilik rumah berasal. Sementara warna-warna kuat dan mencolok, seperti merah, kuning, oranye, purple, dll., dihadirkan sebagai aksen lewat karpet/rugs, cushion cover, dan berbagai elemen dekoratif.

     Nuansa netral yang menjadi benang merah tatanan interior rumah hadir pula lewat material lantai, dinding, dan furnitur. Aplikasi lantai granit putih pada ruang semipublik dan ruang bersama menciptakan kesan bersih dan lapang. Sementara lantai keramik motif kayu berwarna krem pada ruang tidur menciptakan kesan natural. Aplikasi wallpaper bercorak floral sebagai pelapis salah satu dinding di ruang tamu, ruang makan, ruang duduk, juga ruang tidur, berpotensi memberi nuansa berbeda hingga menjadi point of interest sekaligus menghidupkan suasana ruang. Secara keseluruhan, bukan sekadar keindahan visual yang ingin ditampilkan lewat pilihan warna maupun corak elemen pelapis. Namun juga kesan ruang yang lebih personal sesuai dengan karakter pemiliknya yang terbuka dan ramah.

RUANG TIDUR SESUAI KARAKTER


      Berbeda dengan keseluruhan tatanan hunian yang mewakili selera keindahan nyonya rumah, tidak demikian dengan ruang tidur anak. Ruang tidur didesain sesuai karakter, passion juga selera setiap anak agar mereka merasa nyaman dan betah. Tiap ruang tidur memiliki desain berbeda sesuai karakter dan passion masing-masing anak. Putra sulung yang kebetulan sedang kuliah di Bandung memiliki kamar bernuansa netral yang hangat. Putra kedua yang duduk di bangku SMA, mendapat ruang tidur dengan ranjang di atas lantai panggung ala ‘tatami’ jepang seperti harapannya.

     Nuansa biru mendukung imajinasinya dalam kesukaan bermusik dan bermain PS. Adapun, putra ketiga yang duduk di bangku SMP yang konon terkesan easy going memiliki kamar bernuansa netral yang simpel. Sementara nuansa pink dan rak berisi komik di kamar si bungsu yang masih duduk di kelas 6 SD mencerminkan karakternya yang feminin dan kesukaannya membaca komik.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10805 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8852 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7002 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6096 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4976 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4651 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4523 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4229 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4177 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4014 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3983 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3894 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 59 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com