• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Cerdas Memilih Desain di Rumah Mungil

  • Kategori Induk: ARSITEKTUR & DESIGN
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Kamis, 25 April 2013 21:01
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 864
  • 25 Apr

Memiliki rumah dengan luasan terbatas, janganlah berkecil hati. Melalui penataan interior yang cerdas, rumah mungil tetap dapat tampil cantik dan apik.

     Dalam sebuah rumah, idealnya perancangan ruang dalam dilakukan secara beriringan dengan bangunan sebagai wadahnya. Keduanya saling melengkapi, sehingga menghasilkan desain yang seutuhnya. Tentunya, kebutuhan dan kebiasaan serta gaya hidup penghuni, menjadi hal mendasar yang harus dipertimbangkan dalam sebuah perancangan. Lantas, bagaimana jika tata ruang dalam baru dipikirkan setelah bangunan rumahnya siap? Sebagai contoh adalah “rumah jadi” yang dibeli dari pengembang di suatu wilayah tertentu. Nah, disinilah tantangan yang ditemukan. Bagi para arsitek atau desainer interior, mendandani interior sebuah ruang tentu bukanlah hal yang sulit. Namun, bagi orang awam, bisa jadi ini sebuah pekerjaan yang tak mudah.

     Problem umum yang kerap dijumpai adalah minimnya ide mendekorasi. Keberadaan ruang-ruang yang ada (eksisting) tak jarang membuat mati langkah pemiliknya, sehingga tatanan rumah tampil seadanya. Padahal harapannya adalah, ruangan harus tampak indah, cantik, harmoni, namun juga nyaman bagi penggunanya.

     Berkunjung ke kediaman keluarga Uti di bilangan Bumi Serpong Damai, kita akan disuguhkan sebuah penataan interior yang inspiratif untuk rumah dengan luasan terbatas. Rumah dua lantai seluas 180 meter persegi dengan luas tanah 150 meter persegi yang merupakan “rumah beli jadi” ini, berhasil tampil apik sekaligus nyaman, berkat penerapan elemen interior yang pas.

     Astri Kania selaku sang desainer interior, banyak memberikan masukan kepada keluarga Uti dalam hal penataan interior, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tuntutan keluarga muda ini. Secara konstruksi tidak dilakukan perubahan ruang eksisting. Astrid lebih banyak melakukan sentuhan berupa pemilihan warna, furnitur, soft furnishing, serta pengolahan dinding untuk mendapatkan ambience yang menyenangkan. Meski penggunaan built-in furniture diketahui menjadi solusi tepat untuk memaksimalkan ruang, namun hal itu tidak dilakukan secara menyeluruh di rumah ini. Loose furniture lebih menjadi pilihan bagi penghuni rumah. Selain mengingat keterbatasan dana, loose furniture juga lebih fleksible. Jika suatu saat si penghuni pindah ke tempat lain, loose furniture bisa tetap digunakan di rumah baru, berbeda dengan built-in furniture.

     Ruang tamu yang mungil, keberadaannya masih tetap dipertahankan. Mengingat jarang ada tamu yang datang, cukup disediakan dua buah single chair dan sebuah side table di ruang ini. Tema warna abu-abu di area ini, dihadirkan lewat pilihan warna dinding, kursi, dan karpet. Sebagai penyeimbang, abu-abu dipadu dengan putih sehingga nampak dinamis, melalui penggunaan partisi yang didesain secara custom. Partisi berfungsi membatasi ruang tamu dan ruang keluarga, untuk memberi privasi di ruang keluarga. Beranjak ke ruang selanjutnya, terdapat ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan. Tema abu-abu dan putih masih menjadi benang merah penataan, yang ditampilkan lewat pilihan soft furnishing seperti gordyn, upholstery sofa ataupun kursi makan. Demikian pula untuk panel televisi, yang masih mengusung tema senada. Astri mengkombinasikan material plywood, wallpaper dan cermin, dalam panel dinding yang terkomposisi menjadi bentuk yang dinamis.

     Di penghujung ruang makan berhadapan dengan halaman belakang, ditempatkan lemari built-in, untuk menyimpan perlengkapan penunjang makan, sekaligus tempat wastafel untuk cuci tangan. Desain lemari yang menerus hingga plafond, membuat ruangan terlihat kompak dan rapi. Tak banyak dilakukan sentuhan khusus di lantai satu. Penataan interior rencananya dilakukan secara bertahap, seiring ketersediaan dana dan tuntutan kebutuhan. Cerdas memilih desain, haruslah diutamakan, baik itu dari sisi biaya, desain maupun kelangsungan waktu. Meski demikian, saat ini tatanan yang ada sudah berhasil menciptakan suasana menyenangkan, sekaligus memberi kenyamanan bagi penghuninya. Karena sejatinya, bukan kemewahan dan besaran ruang yang menentukan nyaman tidaknya sebuah rumah, namun bagaimana penghuni dapat merasakan homey seutuhnya. Feels like home.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:10805 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:8852 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7002 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6096 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:4976 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4651 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4570 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4523 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4233 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4229 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4177 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4099 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4014 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:3983 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3894 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 61 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com