• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Indonesia Bisa Sejahtera?

Ada yang menarik disimak ketika terselenggaranya Festifal Ekonomi Syariah kedua belakangan ini. Para pelaku ekonomi syariah mengusung tema ‘Indonesia Bisa Lebih Sejatera’ sebagai refleksi dan komitmen untuk berperan dalam pembangunan ekonomi nasional. Mungkinkah?Optimistis para pelaku ekonomi syariah dalam mendorong pembangunan ekonomi secara nasional patut disambut baik. Apalagi di tengah krisis global yang saat ini terjadi. Keberadaan perbankan syariah bisa jadi salah satu tumpuan dan harapan.

Faktanya, perekonomian atau industri yang kuat dan tahan krisis tidak bisa berdiri diatas kegiatan-kegiatan yang bersifat spekulatif. Sejatinya kegiatan sektor keuangan harus berlandaskan pada kegiatan usaha yang memberikan manfaat riil bagi masyarakat.
Sebab, produk keuangan makin bervariasi dan kompleks serta mempunyai dampak sampingan yang fatal, sehingga makin sulit dinilai risikonya. Belum lagi saat instrumen keuangan itu semakin terlepas dari underlying transactions yang seharusnya menjadi landasan. Sehingga jika kegiatan itu lepas dari underlying transactions-nya kemudian akan berkembang menjadi gelembung atau bubbles. Karena dinamika internal -gelembung semakin membesar, dan akhirnya pecah sehingga menyebabkan krisis.

Ekonomi syariah
Bagaimana dengan perbankan syariah?. Sejak awal sistem ekonomi syariah terutama perbankan syariah secara prinsip tidak memperkenankan adanya transaksi atau produk-produk yang bersifat spekulatif, tanpa adanya underlying transactions. Oleh karenanya apabila dipraktekkan dengan benar risikonya tak akan menyebabkan krisis.
Belajar dari pengalaman itu perbankan sudah seharusnya kembali ke khittah, atau back to basic. Dan, perbankan syariah layak menjadi teladannya. Fungsi utama perbankan adalah menfasilitasi dan membiayai kegiatan yang terkait dengan penyediaan barang dan jasa bagi masyarakat, yaitu kegiatan nyata. Bank melakukan fungsi tersebut melalui intermediasi keuangan- yakni mengumpulkan dana dari pemilik dana serta menyalurkannya ke peminjam dana. Dalam bingkai ini, tidak selayaknya bank bermain-main dengan hal-hal yang bersifat spekulatif dan memiliki risiko tinggi.
Dasar-dasar operasional perbankan inilah yang harus terus dipegang teguh oleh perbankan syariah dan perbankan konvensional.  “Prinsip inilah yang menjadi pegangan Bank Indonesia dalam menyusun grand strategi pengembangan perbankan syariah,” ujar Boediono Gubernur Bank Indonesia saat ajang FES beberapa waktu lalu.

Menjadi tumpuan
Jadi, sangatlah logis jika akhirnya perbankan syariah menjadi tumpuan harapan untuk melahirkan kembali nilai-nilai fundamental perbankan di negeri ini. Itu karena perbankan syariah hingga kini masih menjalankan prinsip-prinsip perbankan sejati, yakni mendorong kesejahteraan rakyat dan kemakmuran negara.
Perbankan syariah benar-benar menjadi intermediasi antara pihak yang kelebihan uang dengan pihak yang membutuhkan uang. Karena itulah perbankan syariah dekat dengan sektor riil. Prinsipnya, setiap keping uang yang dihimpun dari masyarakat harus disalurkan sebagai pembiayaan untuk kegiatan produktif. Karena tidak mengenal sistem bunga atau riba, perbankan syariah tidak mungkin menempatkan dananya pada instrumen keuangan hasil rekayasa apalagi yang bersifat spekulatif.
Selain itu sistem perbankan syariah mengusung semangat keadilan dan kesejahteraan bersama. Dengan sistem bagi hasil yang dianutnya, pemilik dana dan peminjam dana sama-sama berbagi. Ketika jatuh, si peminjam tidak lantas terpuruk karena sebagian beban kerugiannya diambil alih oleh pemilik dana dan bank. Ketika untung, si peminjam dengan senang hati membagikannya ke pemilik dana dan bank secara proporsional. Dalam sistem ini tidak terjadi si kaya bertambah kaya dan si miskin makin miskin. Dan, pada akhirnya kita menanti  Indonesia lebih sejahtera.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6273 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 50 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com