• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Progres Pembangunan Rusunami, Secepat Namanya?

Progres pembangunan Rumah Susun Sederhana Milik atau yang lebih dikenal dengan nama Rusunami  terus mendapat perhatian dari berbagai pihak. Berharap progresnya terus meroket sesuai namanya.
Kali ini Wakil Presiden Jusuf Kalla terlihat berbeda. Raut mukanya menggambarkan suasana hati yang lain. Ia terlihat tersenyum lebar saat menyambangi Rusunami di Kemayoran. Pasalnya, beberapa tahun lalu di tempat yang sama beliau sempat melontarkan kritikan pedas terhadap pengembang yang membangun rusun tersebut. Juga hal yang sama dilakukannya di beberapa lokasi lain. Wajar saja, karena beliau sangat perhatian dengan program 1000 menara yang dicanangkan pemerintah, khususnya Rusunami ini, “Itu hal yang wajar. Sudah lima kali saya datang ke sini hanya untuk melihat progress pembangunan rusunami. Kalau tidak saya kritik, bagaimana bisa selesai tepat waktu bila tidak dipantau.  Saya sangat betul-betul perhatian dengan rusunami. Dan kritikan saya ternyata membawa hasil yang menggembirakan,” ungkap Wapres
Senyum terus diumbarnya saat menghadiri topping off tower A2 dan A3 Rusunami milik Perum Perumnas di Kemayoran pagi itu. Sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat Mohammad Yusuf Asy’ari mengaku pembangunan rusunami baru bisa digenjot akibat kemarahan Wapres saat meninjau pembagunan rusunami Kemayoran pada 15 Maret 2008.
Pada acara tersebut, Wapres Jusuf Kalla didampingi Menpera Yusuf Asy’ari, Wagub DKI Prijanto serta Dirut Perum Perumnas Himawan Arief Soegoto. Wapres menjelaskan bahwa selama ini 30% gaji pekerja habis untuk biaya transportasi. Karena itu, dengan menyediakan rusunami di dekat lokasi kerja maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Masyarakat yang tak mampu disubsidi oleh pemerintah. Yang mampu beli rumah mewah, bayar pajak. Pajak itu kita gunakan membangun ini (rusunami),” kata Wapres.
Kalla juga menjelaskan bahwa di bekas bandara Kemayoran, sudah dialokasikan 50 ha lahan yang diperuntukan pembangunan rusunami. Dan saat ini baru sebanyak 5 ha yang siap untuk dibangun. Dengan 50 ha tersebut bisa dibangun sebanyak 150 tower. Sebelumnya, Menpera melaporkan bahwa saat ini secara bersamaan dibangun sekitar 100 tower rusunami di seluruh Indonesia.
“Penyelesaian atap tower A3 rusunami Bandar Kemayoran ini merupakan yang ke 17 dari 70 tower rusunami yang sedang dibangun secara bersamaan di seluruh Indonesia,” katanya.
Sementara Dirut Perum Perumnas Himawan mengatakan di Kemayoran ini, Perumnas sedang membangun tiga tower. Satu tower yakni A3 sudah memasuki tahap penyelesaian, sedangkan tower A2 sudah mencapai 15 lantai dan tower A1 masuk tahap konstruksi. “Minat masyarakat terhadap rusunawi Bandar Kemayoran ini sangat tinggi. Saat ini setidaknya sudah ada 8.700 orang yang berminat,” kata Himawan
Semua pihak berharap program Rusunami jangan hanya bicara potensi saja. Namun harus dipercepat pembangunan termasuk menyelesaikan hambatan yang saat ini masih ada. Percepatan pembangunan Rusunami menjadi tanggungjawab semua stakeholder, Menpera hanya berusaha untuk mendorong semua pihak agar melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Namun bila tidak ada pengawasan dari pemerintah, maka image program 1000 menara hanya wangi di awalnya saja.
Terkait hal tersebut pihak Kementerian, kata Menpera, terus meminta para pengembang Rusunami untuk menyampaikan semua keluhan dan kesulitan yang dihadapi kepada Tim Percepatan Pembangunan Rusunami. Hal serupa juga pernah dialami pada awal pembangunan Rumah Sederhana Sehat (RSh) yang kelihatannya berjalan lambat, tetapi setelah permasalahan diselesaikan satu per satu akhirnya berjalan juga.
Contohnya mengenai soal perizinan yang masih dirasakan oleh pengembang di sejumlah lokasi membutuhkan waktu enam bulan. Padahal, yang demikian bila dipersingkat waktu dan birokrasinya menjadi satu bulan, maka pembangunan Rusunami akan berlangsung lebih cepat. Menpera menambahkan, lancar tidaknya pembangunan Rusunami sangat bergantung kepada kondisi di lapangan, seperti masyarakat menyatakan setuju terhadap Rusunami, namun bisa juga berbalik arah. Saat ini Kemenpera terus membenahi Norma Standar Pelayanan Manual (NSPM) bersamaan dengan mempercepat sejumlah pembangunan Rusunami pada Agustus 2008.
Menpera mengakui, masih perlu pembenahan berbagai kendala seperti menyangkut pembiayaan, izin, lokasi, termasuk hak atas tanah agar dapat dicarikan jalan keluar terbaik.

Pengembang Belum Terima Insentif Rusunami
Sementara itu, Ketua DPP REI, Teguh Satria mempersilakan anggotanya mengevaluasi ulang kelayakan proyek rumah susun sederhana milik (rusunami), menyusul segera ditetapkannya petunjuk teknis proyek itu oleh Pemprov DKI. Teguh mengatakan organisasi ataupun Kementerian Negera Perumahan Rakyat tidak bisa memaksa pengembang yang ingin membatalkan atau memperkecil unit rusunaminya.
Pengembang yang selama ini menggarap rusunami belum menikmati insentif apa pun dari pemerintah, karena mayoritas insentif diberikan untuk konsumen. “Pengembang itu belum dapat insentif. Subsidi, insentif pajak itu untuk konsumen. Paling pajak penghasilan yang harus dibayar pengembang saja yang berubah. Jadi kalau mau dibangun apartemen biasa silakan saja,” ujarnya.
Subsidi rusunami juga baru akan dikucurkan oleh pemerintah jika proyek sudah memasuki tahap penutupan atap (topping off). Harga tanah yang dibeli pengembang juga tidak mendapat keistimewaan
Kelayakan usaha rusunami dipastikan akan mengalami perubahan dengan adanya rencana Pemprov DKI yang memangkas batas ketinggian melalui KLB. Koefisien tersebut akan diperkecil dari sebelumnya 6 menjadi maksimal 3,5. Menurut dia, pengembang masih bebas berkreasi apakah proyeknya mau dilanjutkan untuk dikembangkan menjadi rusunami atau apartemen menengah.
Pengembang masih bisa menerapkan konsep campuran antara unit rusunami yang murni disubsidi dengan unit nonsubsidi jika perhitungan bisnis masih memungkinkan. REI, lanjut Teguh, sudah menyampaikan seluruh aspirasi dan permasalahan pengembang kepada Pemprov DKI. Pengembang akan mengikuti seluruh aturan yang akan ditetapkan oleh pemerintah dalam menjalankan bisnis. Namun, pemerintah juga tidak mungkin memaksa pengembang untuk tetap membangun seluruh menara rusunami. Pemprov DKI berencana mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) proyek rusunami untuk mengatur program 1.000 menara di Ibu Kota. Pembahasan juknis rusunami sendiri sudah dilakukan sejak September 2008 lalu.
Entah sudah tersosialisasikan atau belum, namun banyak pengembang yang masih membangun melebihi ketentuan. Meskipun demikian, proyek rusunami yang sudah telanjur dibangun pengembang di DKI tidak banyak, masih di bawah 10 proyek. Pengembang masih banyak melakukan aksi  menunda proyek sambil menunggu aturan yang lebih jelas keluar. Paling tidak, pengembang harusnya bisa bersinergi dengan pemerintah demi lancarnya program rusunami di masa depan. Jangan hanya mengeluh soal ini dan itu. Kalau pengembang hanya mampu membangun sebatas galah, jangan coba bermain menara.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11388 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9506 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8601 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7621 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6675 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6481 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5139 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4962 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4844 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4697 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4378 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4331 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4317 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4294 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4213 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 15 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com