• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Meminimalisasi Risiko dalam Perumahan

Banyak risiko yang bisa kita petik dan alami dalam pengawasan perumahan. Misalnya, risiko bencana, kebakaran dan hal lainnya. Namun, hal yang paling sepele timbul dalam perkara perumahan adalah risiko kebakaran. Kebakaran diakui sebagai masalah yang kerap terjadi dalam perumahan.
Ambil contoh data tahun 2009 dari Dinas Pemadam Kebakaran, tercatat bahwa kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta mengalami total kerugian mencapai Rp 83,32 miliar. Data lebih lanjut menyebutkan bahwa pemicu kebakaran-kebakaran tersebut antara lain disebabkan oleh korsleting arus pendek listrik. Faktor ini masih menjadi faktor tertinggi penyebab terjadinya kebakaran yakni sekitar 191 kasus dari total 316 kasus kebakaran. Sementara penyebab lainnya diikuti rokok 8 kasus, ledakan kompor 34 kasus. Dan, Jakarta Selatan menjadi penghuni terbesar dari kasus kebakaran di Jakarta yakni 76 kasus.
    Artinya, ada pelajaran yang sepatutnya kita ambil dari data tersebut. Bahwa kebanyakan kebakaran dipicu oleh sebab yang sepele dan berada di dalam rumah. Karena itu, sebaiknya kita wajib meminimalkan risiko kebakaran khususnya di rumah.

Identifikasi Risiko
    Lalu bagaimana caranya?. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya risiko itu sendiri. Salah satunya yakni dengan menggunakan sistem manajemen risiko yang biasa diterapkan dalam bisnis.
Manajemen risiko sejatinya adalah bagaimana mengidentifikasi risiko, menghilangkan risiko, dan mengurangi kemungkinan kerugian yang ditimbulkan akibat risiko. Dengan manajemen risiko, kita dapat menghindari, mengontrol, menerima, dan mentransfer risiko.
    Nah, didalam manajemen risiko sendiri, dikenal istilah risiko operasional. Risiko ini merupakan risiko yang berkaitan dengan operasional bisnis dan dapat berasal dari risiko kegagalan operasional atau risiko operasional intern yang bersumber dari orang atau sumber daya manusia, serta proses dan teknologi.
    Kemudian risiko strategis operasional atau risiko operasional ekstern seperti halnya yang berasal dari politik, pajak, regulasi, masyarakat dan kompetisi. Komponen ini dapat muncul akibat dari gempa bumi dan faktor-faktor lain seperti faktor di luar kendali perusahaan.
    Sementara faktor-faktor lain yang timbul akibat hal-hal diluar kendali perusahan antara lain kebakaran, terorisme, sabotase, banjir, cuaca, dan bencana alam. Semua faktor ini dapat menimbulkan potensi risiko atau potensi kerugian finansial maupun non finansial. “Pendeknya, risiko kebakaran seperti yang terjadi di beberapa pemukiman merupakan salah satu bentuk dari risiko operasional,” kata Paul Sutaryono praktisi asuransi kebakaran.

Sumber Potensi
    Lalu apa kaitannya manajemen risiko dengan kita sebagai pemilik rumah?. Sebagai pemilik rumah, baik yang menggunakan fasilitas KPR maupun bukan dalam pembeliannya, pada dasarnya memiliki potensi risiko atau potensi kerugian. Risiko yang timbul ketika memiliki dan menghuni rumah adalah risiko kebakaran.
    Potensi risiko ini bisa berasal dari pemilik atau penghuni rumah sendiri. Misalnya, sang penghuni kurang hati-hati dalam menjaga dan memelihara rumah. Kemudian tetangga, dalam arti ketika kita sudah sangat  berhati-hati dalam memelihara rumah, namun tetangga ternyata tidak, sehingga terjadi kebakaran yang dapat mengancam rumah yang dihuni. Kemudian faktor lainnya adalah eksternal di luar kendali penghuni rumah seperti halnya rumah terbakar karena terkena petir.

Mitigasi Risiko

    Oleh karenanya, meski beragam potensi yang dapat ditimbulkan -namun sesungguhnya segala risiko tersebut dapat diminimalkan. Demikian juga risiko-risiko yang bisa muncul ketika memiliki atau menghuni rumah. “Yakni, dengan meminimalisasi atau memitigasi sumber petaka tersebut,” ungkap Paul.
    Lebih lanjut Paul menyebutkan risiko yang dapat dimitigasi seperti potensi kebakaran sudah tentu harus dikurangi seoptimal mungkin. Selama ini sangat jarang rumah hunian diluar fasilitas KPR dilindungi dengan asuransi kebakaran. “Salah satu kiat untuk mengurangi potensi kerugian akibat kebakaran adalah dengan membeli polis asuransi kebakaran,” tuturnya.
    Akan tetapi pemilik rumah jarang memperhatikan hal ini. Ada yang sudah mengetahui namun tidak peduli. Ada juga yang memang tidak tahu sama sekali tentang polis asuransi kebakaran.
    “Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa asuransi kebakaran untuk rumah KPR biasanya tidak sebesar nilai jual rumah bersangkutan,” tukasnya.
Hal lainnya adalah memitigasi potensi kerusakan instalasi listrik. Karena banyak pemilik atau penghuni rumah tidak begitu memperhatikan instalasi listrik. Sejak awal pembangunan rumah sampai dengan renovasi yang kesekian kali, hal instalasi listrik hampir jarang disentuh.
    Padahal memperhatikan instalasi listrik bisa dimulai dengan mengecek kondisi kabel, meliputi pembungkus dan rumah kabelnya. Sebab, kabel merupakan objek yang sering diincar oleh tikus. Bila kabel-kabel sudah digerogoti tikus maka hal ini bisa berorientasi menimbulkan risiko. Oleh karena itu, sekalipun kita sudah melindungi rumah dengan asuransi, tidak ada salahnya kita juga mulai memperhatikan instalasi listrik. Pemantauan instalasi listrik sebaiknya dilakukan setiap tahun. Pemantauan semacam itu akan sedikit banyak mengingatkan bahwa kita senantiasa hidup dengan risiko yang melekat.
    Jadi, dengan menerapkan manajemen risiko-sekecil apapun-diharapkan kita dapat mengurangi risiko yang ada disekitar kita sehingga rumah akan menjadi hunian yang dapat memberikan ketenangan. Rumah bukan hanya sekedar tempat berteduh namun juga merupakan istana yang sejuk sehingga membuat betah penghuni. Setuju!

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11388 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9506 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8601 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7621 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6675 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6481 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5139 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4962 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4844 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4697 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4378 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4331 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4317 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4294 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4213 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 21 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com