• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Pentingnya Keselamatan dalam Desain Perumahan

Salah satu faktor penting yang tidak dapat diabaikan ditengah pesatnya pembangunan saat kini adalah soal kebutuhan akan perumahan. Rumah menjadi sorotan utama, karena kebutuhannya di Indonesia sampai dengan tahun 2008 hampir mencapai 8,6 juta. Sementara kemampuan pihak pemerintah maupun swasta untuk memenuhinya hanya mencapai 800 ribu setiap tahun.
    Tapi, kali ini kita bukan membahas soal pertumbuhan perumahan, namun  lebih pada perjalanan usaha pemenuhan kebutuhan akan perumahan itu.  Pemerintah melalui proyek rumah susun (rusun) dan rumah susun sederhananya (rusuna) atau pihak swasta dengan berbagai ide perumahannya, acapkali mengabaikan beberapa kebutuhan mendasar yang sangat penting, yakni keamanan atau keselamatan.

    Berkaitan dengan masalah keselamatan dan keamanan, dewasa ini cenderung kurang diperhatikan pengamanan pada bangunan perumahan khususnya yang dirancang bertingkat (rumah susun atau apartemen), sehingga banyak menimbulkan kecelakaan terutama pada anak-anak penghuni sekitarnya. Pola penyusunan massa bangunan dan jalan, juga memiliki indikasi yang membahayakan bagi anak-anak.

Kesalahan Besar
Dalam sebuah perancangan bangunan bertingkat tinggi, penerapan lantai typical merupakan langkah paling efektif dan efisien. metode ini merupakan suatu hal yang lumrah digunakan, terutama bagi desain kantor, rumah susun atau apartemen untuk kemudahan dalam utilitasnya, seperti seperti pipa-pipa air, AC, mechanical electrical, tangga kebakaran dll.
    Namun, masalahnya para arsitek –sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam pembangunan -sering melupakan satu faktor utama dari sebuah proses perancangan, yaitu siapa yang kemudian akan menjadi pengguna bangunan tersebut. Kadangkala desain kantor disama ratakan dengan desain sebuah rumah susun atau apartemen. Mereka lupa bahwa pada bangunan kantor, semua penghuninya adalah orang dewasa yang hanya akan bekerja beberapa jam di dalam ruangan, sedangkan apartemen dan rumah susun yang mereka rancang akan ditempati oleh berbagai golongan usia sepanjang hari. “Menerapkan metode perancangan kantor pada apartemen dan rumah susun merupakan kesalahan besar,” kata Nangkula Utaberta salah satu peneliti kajian bangunan pada seminar bangunan di Jakarta beberapa waktu lalu.
    Menurut Uta, pada kantor bertingkat, orang tidak akan sering membuka jendela karena kesibukan bekerja. Disamping itu, biasanya mereka juga harus menjaga suhu ruangan tempat mereka kerja yang ber-AC. Berbeda dengan apartemen dan rumah susun. Disini orang harus keluar dan menyapa tetangganya, anak-anak mereka memerlukan tempat bermain, sang ibu mungkin perlu melihat keluar kalau-kalau ada penjual sayur yang lewat dan seribu satu aktivitas berbeda lainnya. “Hal inilah yang seharusnya menjadi pertimbangan untuk menerapkan sebuah bentuk,” ujar Uta.
Resistensi Perumahan 
    Hal yang sama juga terjadi pada perumahan kita. Metode penyusunan rumah dan penempatan jalan yang digunakan memungkinkan terjadinya sebuah kecelakaan yang berjarak hanya beberapa meter dari rumah. Kita sering mendapati kecelakaan-di kompleks perumahan bahkan yang mewah -berupa ditabraknya anak kecil ketika bermain di depan rumahnya. Hal inilah yang kemudian memaksa orang tua harus merelakan anaknya main game seharian di rumah demi mencegah dari bahaya yang ada di depan rumahnya. “Secara psikologis hal ini akan memberi dampak negatif bagi perkembangan mental dan perilaku anak”.
    Dilihat secara umum metode yang digunakan pada perancangan perumahan –mulai perumahan sangat sederhana hingga perumahan mewah-, menerapkan metode grid dalam penyusunan rumah dan jalan.
    Metode ini selain mudah diterapkan, juga dapat mengoptimalkan pembangunan dari kesalahan yang sama dilakukan. “Arsitek dan pengembang melupakan aspek utama dalam perancangannya. Mereka melupakan analisa terhadap pihak yang akan menggunakan produk mereka,” jelas Uta.
    Uta mengatakan bahwa metode grid memaksa kendaraan masuk ke dalam sela-sela bangunan dan mengakibatkan mobil lalu-lalang dengan kecepatan tinggi di depan bangunan. Hal ini justru menjadi masalah serius pada banyak perumahan mewah yang jalan di depan rumahnya begitu lebar, sementara di perumahan yang lebih sederhana justru tidak terlalu menimbukan masalah karena jalannya relatif sempit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan orang berlomba-lomba membangun polisi tidur di depan rumahnya. Hal ini tentu akan menyadarkan arsitek dan pengembang bahwa ada yang salah pada perancangan rumahnya. Perancangan rumah yang menggunakan metode cluster (pengelompokan) dirasa lebih menjamin kemanan penghuninya. Jadi, siapkah Anda untuk menjaga kemanan dan keselamatan perumahan?.
 

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6273 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 50 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com