• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Kembalikan Fungsi UTAMA RUMAH

Setelah menerima keputusan PHK dari kantor tempatnya bekerja, Ardian panik memikirkan langkah yang harus ditempuhnya.
     Membuka usaha di rumah atau mencari pekerjaan lagi? Kebimbangannya pun pupus setelah ia berkonsultasi dengan beberapa rekannya –serta mengambil keputusan untuk membuka usaha pencucian baju atau laundry di rumah. Namun,Ardian sedikit skeptis karena teringat pada peraturan yang diberikan oleh pengembang mengenai tata tertib penggunaan bangunan di perumahannya. Karena pengembang melarang warganya yang tinggal di perumahan itu untukmengubah fungsi rumah menjadi tempat usaha.


    Namun, meski agak ragu, Ardian tetap berkeinginan untuk menanyakan kepada pengembangnya, sejauh mana batasan larangan tersebut berlaku. Hebatnya, ia memperoleh informasi bahwa larangan itu hanya ditujukan bagi bangunan yang semula merupakan tempat tinggal tapi berubah total menjadi tempat usaha atau kantor. Dengan demikian jika usaha yang dijalankan dalam skala kecil –misalnya warung atau laundry –tak dilarang. Ardianpun sedikit berlega hati, karena usaha yang akan dirintisnya tidak mendapat halangan dari pihak pengembang selaku pengelola lingkungan perumahan.
     Potret Ardian diatas tentu menggambarkan bahwa membuka usaha di rumah tak semudah yang dibayangkan. Ttidak hanya mendapatkan ijin dari pemerintah daerah (pemda) setempat, ijin dari pengembang pun juga harus ada jika perumahan itu belum diserahkan kepada warga atau pemda. Nah, kemungkinan beberapa dari Anda juga pernah berkeinginan membuka usaha di rumah, tetapi tidak diijinkan oleh pihak pengembang dengan berbagai alasan. Namun, ada juga pengembang yang tidak memberlakukan aturan itu secara ketat seperti yang dialami oleh Ardian.
     Membuka tempat usaha di rumah sekarang ini banyak dilakukan oleh penghuni di beberapa perumahan, baik perumahan kelas atas ataupun kelas bawah. Ambil contoh, perumahan di daerah Jakarta Utara yang notabene merupakan daerah kelas atas (elit) ini, sekarang sudah banyak yang beralih fungsi menjadi tempat usaha seperti rumah makan dan taman kanak-kanak. Semakin banyaknya tempat usaha tersebut, membuat kawasan itu seakan-akan belum ditata maksimal. Masterplan yang dibuat oleh pengembang yang pada awalnya memposisikan area tersebut sebagai rumah tinggal, ‘dirusak’ oleh warganya sendiri.

 

Dasar Hukum


    Sejatinya para pengembang yang melarang rumah-rumahnya untuk dijadikan tempat usaha ada dasar hukumnya. Ada beberapa peraturan yang menjadi pegangan, khususnya bagi pengembang yang berada di DKI Jakarta dan sekitarnya. “Peraturan yang dibuat oleh pemerintah Daerah DKI Jakarta pada dasarnya untuk mengatur peruntukan fungsi rumah. Peraturan tersebut sebenarnya sudah ada sejak tahun 1977 yang berisi tentang ketentuan Pelaksanaan Larangan Penggunaan Rumah Ttinggal untuk Kantor atau Ttempat Usaha,” kata Dewantoro praktisi hukum properti. Ttak hanya itu, menurut Dewantoro masih ada peraturan lainnya untuk menyempurnakan pelaksanaan Gubernur DKI Jakarta No 203 itu yakni Instruksi Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta No 135 Ttahun 1988 tersebut, berisi larangan penggunaan rumah tinggal untuk kantor ataupun tempat usaha.

    Selain itu juga instruksi untuk tidak memberikan ijin perpanjangan untuk kantor atau tempat usaha yang sudah berada di daerah pemukiman atau hunian. Melalui instruksi ini, Pemda juga memberikan peringatan terakhir bagi pemilik usaha atau kantor tersebut untuk mengalihkan lokasi usahanya ke tempat yang diperbolehkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
   Melihat berbagai peraturan yang ada, ada beberapa pengembang yang secara tegas mengadopsi aturan ini. Walaupun bentuk usahanya kecil, seperti membuka warung kelontong yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok rumah tangga, ada pengembang yang tetap melarangnya. “Mengubah bentuk bangunan saja dilarang, apalagi menambah fungsi bangunan menjadi tempat usaha,” ujar salah seorang warga di daerah Depok yang enggan disebut namanya. 

   Pengembang yang tetap mempertahankan fungsi rumah sebagai hunian mempunyai berbagai alasan mendasar. Seperti halnya perumahan yang berada di kawasan BSD. Menurut Eddy, product development Bumi Serpong Damai, Ttangerang, untuk kawasan rumah yang berada di cluster, warga diminta untuk tidak mengubah rumahnya menjadi tempat usaha. Alasannya, dikhawatirkan akan membuat tempat usaha tersebut ramai sehingga membuat ketenangan dan kenyamanan warga yang lain terganggu.
    Sejatinya, alasan paling utama larangan tersebut adalah pemukiman atau perumahan menjadi tidak teratur. Bisa dibayangkan jika semua rumah membuka usaha, lingkungan di sekitarnya pasti akan terlihat berantakan alias tidak sedap dipandang. Padahal, awalnya jika tidak ada penambahan atau perubahan fungsi rumah, hunian di perumahan akan tertata dengan rapi sehingga selain warga yang tinggal, tamu yang berkunjung akan merasa betah, dan serasa tinggal di rumah sendiri.


Pertimbangkan dengan Tepat


    Jika ditelisik dari maknanya, rumah merupakan bangunan yang mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. Sedangkan perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan prasarana dan sarana lingkungan.
    Sehingga pemilik rumah harus sadar jika fungsi utama rumah adalah tempat tinggal. Ttak hanya itu, jika pemilik rumah berkeinginan membuka usaha dengan skala yang besar dan dekat dengan rumah, ada juga beberapa pengembang menyediakan tempat usaha seperti ruko misalnya. “Jika warga ingin membuka usaha dengan skala besar, sudah ada tempatnya,” ujar salah seorang pengembang di Depok.

    Nah, jika Anda juga berencana untuk membuka usaha di rumah, sebaiknya pertimbangkan baik-baik keputusan Anda agar tetangga pun tak merasa keberatan. Rumahku Edisi 44 OK.indd 63 12/26/2009 8:17:23 AM

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6273 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 49 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com