• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Menanti Konsep Ideal - HUNIAN BERIMBANG

         Apa solusinya kepada pemerintah, jika Anda termasuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah?. Betulkah, bahwa kesenjangan antara pasokan dan permintaan rumah, menandakan belum setaranya pola pembangunan hunian di negeri ini?

   Secara keseluruhan belum terpenuhi!. Begitulah opini yang muncul saat kita menilai sekelumit persoalan, yang membelit sektor perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di negeri ini. Lihat saja, setiap tahun kebutuhan papan ini terus meningkat sejalan dengan populasi penduduk yang tak pernah henti. Sementara pasokan selalu lebih mini dibanding permintaan (backlog) itu sendiri yang kini sudah mencapai 8,2 juta unit. Lantas, apa upaya yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Saat kini, segudang saran dilayangkan beberapa pengamat, praktisi sampai Kementrian Perumahan sendiri. Misalnya, dengan menyusun kembali pola hunian berimbang yang lebih menfokuskan pada pembangunan rumah sederhana Apa solusinya kepada pemerintah, jika Anda termasuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah?. Betulkah, bahwa kesenjangan antara pasokan dan permintaan rumah, menandakan belum setaranya pola pembangunan hunian di negeri ini? Menanti Konsep Ideal HUNIAN BERIMBANG dibanding rumah menengah dan mewah. Ambil contoh, tentang penerapan perbandingan pola 6:3:1 yang lebih mengutamakan pembangunan enam unit rumah sederhana, tiga unit rumah menengah dan satu unit rumah mewah. Sehingga, kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah bisa terwujud. “Pola hunian berimbang ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dengan demikian target pengembangan perumahan sederhana dapat terwujud,” kata Rudy Hernanto Nandar, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kementerian Perumahan Rakyat.


Konsep Ideal Hunian Berimbang
  Sejatinya, bagaimana konsep ideal hunian berimbang untuk mewujudkan pengembangan perumahan bagimasyarakat berpenghasilan rendah?. Menurut Rudy, konsep ideal hunian berimbang pada hakikatnya adalah menciptakan lingkungan yang dapat menampung secara serasi berbagai kelompok masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan rumah. Dan penerapannya, harus disesuaikan dengan kondisi luas lahan, tata kota dan tipe bangunan di setiap daerah. “Itu sudah menjadi amanat UU Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP) Nomor 1 tahun 2011,” kata dia. Untuk itu, harus ada evaluasi terhadap ketentuan pembangunan rumah sederhana, yang akan dibangun terlebih dahulu hingga selesai, sebelum membangun rumah menengah dan mewah yang terkait dengan strategi pemasaran kawasan perumahan pengembang,” ujarnya. Sementara latar belakang penerapan hunian berimbang adalah untuk mengurangi kesenjangan sosial antara masyarakat kaya dan miskin di suatu hunian. “Jadi, pengembang harus segera mengubah pola pembangunan hunian berimbang dari konsep 1:3:6 menjadi 6:3:1,” ungkap Menteri Perumahan Rakyat Soeharso Monoarfa. Menurut Soeharso, konsep hunian berimbang bisa diterapkan dengan memadukan konsep desain properti hijau. Sehingga, satu rumah mewah seharusnya dapat memberikan kontribusi yang efektif, untuk  ruang terbuka hijau lebih luas karena lahannya lebih luas. Sedangkan kontribusi rumah menengah, setengah dari lahan dan rumah sederhana, lahannya hanya untuk bangunan. “Ini akan membuka ruang pernapasan wilayah tersebut. Sehingga, berimbang dan mengefisiensikan lahan, agar kawasan lindung tidak tergerogoti oleh kawasan sumber daya yang dapat dibangun perumahan,” paparnya. Dan konsep hunian berimbang ini juga akan bisa diterapkan untuk rumah susun atau apartemen. Misalnya, dalam satu kawasan, ada apartemen besar, menengah hingga sederhana.


Back Up & Insentif
   Lalu, siapa sebenarnya yang bertanggung jawab mengatasi pola hunian berimbang ini? Ali Wongso Sinaga, Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Partai Golkar mengatakan, negara harus punya peranan penting untuk memenuhi kebutuhan perumahan rakyat. Sebab, peran intervensi negara dibutuhkan untuk pemberdayaan rakyat. “Misalnya, pemerintah perlu memperjelas berapa target penyediaan hunian bagi MBR. Sementara kebijakan hunian berimbang sudah diatur, namun tidak boleh menjadi andalan utama dalam mengatasi backlog perumahan. “Jadi, sifatnya  hanya back up”. Intervensi itu dapat dilakukan dengan dua jalur, yakni langsung oleh pemerintah dan melalui pihak swasta atau pengembang. “Intervensi negara diperlukan agar MBR bisa  mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau,” jelasnya. Namun bukan berarti konsep ini tak mengalami kendala di lapangan. Makanya, pemerintahpun harus mampu menyediakan beberapa paket insentif untuk pengembangan lingkungan hunian berimbang. “Jadi, jangan hanya penerapan sanksi saja jika tidak mengikuti aturan kepada pengembang. Jika, pemerintah tidak intervensi, saya yakin itu tidak akan berhasil,” tukas Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso. Jadi, mari kita tunggu apakah peran pemerintah sungguh-sungguh terhadap kebutuhan masyarakat berpenghasilan rendah ini.

 

Hakekat Konsep Ideal Hunian Berimbang :

• Terciptanya lingkungan hunian yang dapat menampung secara serasi berbagai kelompok masyarakat dan masyarakat yang kurang mampu (subsidi silang) dalam pemenuhan kebutuhan rumah.
• Terdapat dasar hukum yang jelas dalam rangka penerapan LHB
a) Defenisi/ ketentuan tentang rumah sederhana yang dikaitkan degan defenisi rumah umum sesuai UU No 1 tahun 2011.
b) Insentif pemerintah dan/ atau pemda untuk badan hukum pembangunan perumahan yang membangun dengan hunian berimbang.
c) Apabila pembangunan perumahan dengan LHB tidak berada dalam satu hamparan, dikaitkan dengan tujuan agar tercipta lingkungan hunian yang dapat menampung secara serasi berbagai kelompok dan adanya subsidi silang antara yang kaya dan miskin.
d) Bagi provinsi-provinsi dimana kota-kota besarnya mempunyai permasalahan dalam penyediaan lahan di perkotaan, akan dimungkinkan bahwa pembangunan rumah sejahtera tapak adalah masih dalam satu provinsi tidak perlu harus di dalam kota.
e) Khusus untuk DKI karena keterbatasan lahan, dimungkinkan pengembang rumah mewah mengembangkan rumah sederhana di Bodetabek.
f) Perlu evaluasi terhadap ketentuan tentang pembangunan rumah sederhana, yang akan dibangun terlebih dahulu sampai selesai sebelum membangun rumah menengah dan mewah (dikaitkan dengan strategi pemasaran kawasan perumahan oleh pengembang)
g) Penerapan hunian berimbang yang menetapkan pola 6:3:1 yang disesuaikan dengan kondisi luas lahan, tata kota, dan tipe bangunan di setiap daerah.
h) Kondisi keterbatasan lahan, dimana pola LHB tidak hanya bisa dilakukan dalam bentuk perumahan tapak, tetapi juga hunian vertikal.
i) Penerapan sanksi apabila para pelaku/ pengembang tidak mengikuti aturan-aturan yang ada.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11004 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9058 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7274 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6273 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5054 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4724 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4681 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4628 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4289 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4271 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4221 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4159 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4103 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4081 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Alternatif Material Dinding

13-08-2010 Hits:3997 MATERIAL

Alternatif Material Dinding

Pilihan material dinding, seperti bata merah dan bata putih kini semakin beragam. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Bagi orang awam, pilihan memakai bata merah sebagai material dinding tentu sudah lazim....

Read more

Online User

Kami memiliki 50 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com