• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Menabung untuk Miliki Rumah

Menabung untuk membeli rumah saat kini mungkin jadi prioritas utama masyarakat yang belum memiliki rumah. Apalagi bagi masyarakat pada kelompok penghasilan terendah.

     Lihat saja penuturan Leo, karyawan swasta yang sudah delapan tahun mengabdi di perusahaan swasta di Jakarta ini. Dengan gaji Rp 1.800.000 perbulan plus usaha sampingan dengan laba bersih sekitar Rp 500.000 belum juga bisa mengangkat harkat Leo untuk memiliki rumah impiannya. Ia mengaku, meski sudah menekan pengeluaran kebutuhan sehariharinya, ia pun seperti putus asa untuk mengatur keuangannya agar bisa menabung untuk membeli rumah sendiri. Itulah sekilas potret kehidupan yang kentara terkait dengan keinginan kuat masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah. Lantas bagaimana komitmen pemerintah untuk mengurai permasalahan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah?.


Akses Kredit
     Sejatinya mengatasi persoalan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah sudah sejak dahulu dilakukan. Namun, kelihatannya hanya sekadar wacana basi yang tak kunjung terealisasi. Buktinya, angka kebutuhan pemilikan rumah (backlog) masih menunjukkan tren meningkat. Solusi baru pun digelontorkan mulai dari menekan harga rumah, hingga teranyar adalah kemudahan akses kredit perumahan bagi mereka yang berkeinginan memiliki rumah. Wacana ini muncul lantaran daya beli masih lemah serta sulitnya untuk akses kredit perumahan. Menurut Iskandar Saleh Sekretaris Kementrian Perumahan Rakyat, selain daya beli rumah masyarakat yang semakin turun, akses kredit perumahan pun juga sulit.

     “Dari tingkat persentase, pada 2009 tingkat kepemilikan rumah masih sekitar 79 persen. Namun pada 2010, angka itu turun menjadi 78 persen. Ada indikasi bahwa masyarakat kini lebih memilih tinggal di rumah sewa karena daya beli rumah lemah dan sulit mengakses kredit perumahan,” kata Iskandar. Kesulitan masyarakat mendapat kredit perumahan, kata Iskandar, disebabkan sulitnya perbankan menyediakan dana jangka panjang untuk pembiayaan KPR, sementara bank terikat pendanaan jangka pendek. “Dana murah untuk jangka panjang sulit hadir. Dalam persaingan pasar modal, misalnya dengan Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk pendanaan jangka panjang, harus bersaing dengan surat utang negara (SUN),” ujarnya.


Sumber Dana Jangka Panjang
     Sementara Direktur Utama Bank Tabungan Negara Iqbal Latamro membenarkan masalah sumber dana jangka panjang untuk perumahan memang langka dan mahal. Hanya saja, menurut dia jangan sampai aturan birokrasi jadi mengorbankan hakikat dan tujuan tersebut.


     Saran Iqbal, untuk mengatasi permasalahan dana jangka panjang, Iqbal mengusulkan agar Tabungan Perumahan Nasional (Tapernas) segera disahkan menjadi undang-undang. Program Tapernas ini akan mengikat kontrak untuk menabung dengan suatu jumlah dana tertentu secara rutin. Bisa dalam periode mingguan, bulanan, sampai jangka waktu tertentu untuk memenuhi sebagian kebutuhan dana masyarakat dalam memperoleh rumah. Menanggapi hal ini, Sekretaris Menteri Perumahan Rakyat Iskandar Saleh menyatakan bahwa pemerintah akan mendorong terbentuknya Tapernas. Sayangnya, Tapernas belum dapat dilaksanakan, kita tunggu saja pengesahan RUU Perumahan dan Kawasan Pendidikan yang rencananya baru ditargetkan selesai pada 2020 mendatang.

 

Tips Saat Membeli Rumah

     Sebelum memutuskan untuk memberi uang jadi pembelian rumah, ada baiknya Anda memperhatikan syarat-syarat pembelian rumah dan kondisi rumah itu sendiri. Bagaimana pun juga, membeli rumah merupakan salah satu bentuk investasi. Jadi, jangan sampai Anda merasa rugi belakangan.

 

 Pastikan record Anda baik

     Meminjam dana memang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan rumah impian. Namun cara itu tidak akan pernah terjadi jika Anda telah di-blacklist oleh salah satu bank. Sebelum Anda berburu rumah impian, pastikan tidak ada informasi yang salah tentang alur pinjaman kredit Anda, atau tidak ada kekeliruan nilai kredit. Misalnya, nilai pinjaman sudah mencapai limit sehingga Anda tidak mungkin melakukan pinjaman lagi. Jika ternyata terjadi kekeliruan, pastikan Anda langsung menyelesaikannya agar Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman lagi.

 

Konsultasi dengan pemberi pinjaman

     Tanyakan pada teman atau saudara Anda yang telah menggunakan jasa peminjaman. Mereka bisa berbagi pengalaman dan mereferensikan Anda pada bank yang memang credible. Namun Anda juga mempunyai tugas untuk memeriksa dan membandingkan beberapa penawaran dari para pemberi pinjaman itu. Pinjaman Anda tidak akan ditolak jika semua persyaratan memang telah disetujui.

 

Beli rumah saat harganya masih rendah

     Ada beberapa perumahan yang harganya melonjak naik karena infrastrukturnya sudah lengkap. Pembangunan jalan tol, misalnya, bisa membuat harga rumah naik 50 persen. Karena itu, jika ada rencana pembangunan jalan tol di kawasan perumahan yang Anda incar, segera beli rumah tersebut sebelum harganya naik. Pastikan juga Anda memilih area yang tidak terkena pembebasan tanah.

 

Beli rumah baru saat bunga rata-rata masih cukup normal

      Ada saat dimana suku bunga peminjaman sedang jatuh atau turun. Nah, ini juga merupakan tanda bagi Anda untuk berinvestasi di dunia properti.

 

Pastikan saat ini Anda memiliki jumlah dana yang cukup

     Uang muka atau tanda jadi pasti harus dibayar lunas. Idealnya, Anda memiliki tabungan yang cukup, minimal 20 persen dari harga rumah yang akan dibeli.

 

Tahu biaya tambahan untuk rumah yang harus dialokasikan

     Tanda jadi dan uang maka hanyalah salah satu permulaan saja. Anda juga harus mengalokasikan dana untuk biaya asuransi, pajak, dan juga biaya konsultasi atau administrasi. Jumlah ini harus dialokasikan sebagai pembayaran tambahan setiap bulannya, di samping jumlah yang harus Anda angsur. Bahkan Anda juga harus menyisakan dana untuk perbaikan dan perawatan rumah.

 

Hati-hati dengan penawaran rumah

     Anda harus jeli menilai rumah yang akan dibeli. Sebab bisa jadi rumah yang dijual saat ini berstatus rumah sitaan. Cari tahu latar belakang rumah yang Anda beli. Sisakan sedikit dana untuk menyewa ahli yang bisa menilai dan mencari tahu seputar reputasi rumah (keamanan atau tidaknya secara hukum, RED) sehingga nantinya mereka juga bisa memberikan masukan tentang berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk perbaikan rumah.

 

Hati-hati terhadap rumah dengan penawaran yang amat singkat

     Kenapa? Sebab bisa saja rumah tersebut belum memiliki sertifi kat hak milik, atau tanahnya masih tanah girik, atau tanah tersebut masih dalam sengketa. Sehingga rumah sepert ini memang menawarkan harga yang lebih murah namun prosesnya akan berbelit-belit dan lama. Selain itu juga lebih banyak resikonya.

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11193 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9228 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7463 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6418 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:6363 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5100 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4834 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4793 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4667 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4333 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4300 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4271 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4216 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4184 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Desain Rumah MASA KINI

03-04-2012 Hits:4108 Arsitektur

Desain Rumah MASA KINI

Desain rumah masa kini tidak harus terpaku pada tren atau gaya tertentu. Kebiasaan dan gaya hidup pemilik serta kepedulian terhadap lingkungan, berpengaruh kuat pada desain sebuah hunian.

Read more

Online User

Kami memiliki 86 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com