• Informasi
    Property
  • Ulasan
    Interior
  • Seputar
    Furniture

Nyaman Berkantor di Rumah

  • Kategori Induk: TIPS & ACCESSORIES
  • Diperbarui: Senin, 26 Oktober 2015 08:53
  • Ditayangkan: Kamis, 11 Agustus 2011 19:25
  • Ditulis oleh admin1
  • Dilihat: 884
  • 11 Agu
Memutuskan untuk berkantor di rumah, tentunya harus didukung tempat yang representatif. Ciptakan ruang yang membuat orang dapat bekerja secara optimal sekaligus nyaman.

     Buat built-in furniture di sudut ruangan, untuk area kerja. Agar tidak terlihat kaku,desain meja kerja dibuat dinamis berbentuk lengkung. Untuk pilihan warna, kombinasikan warna cokelat dari finishing HPL, putih dari finishing duco, serta brown mirror pada kabinet atas. Tambahkan lampu-lampu di atas meja. Posisinya tepat di bagian bawah kabinet atas, sehingga tidak memakan tempat. (Lokasi : Kediaman Kenny & Indra, Serpong/ Foto : Muhtar Holil)

 

     Kantor di rumah atau home office dapat diartikan sebuah area atau ruang dalam sebuah hunian yang berfungsi sebagai tempat bekerja. Bekerja di rumah, saat ini makin menjadi pilihan banyak orang. Mengendalikan pekerjaan dari rumah, selain menghemat waktu perjalanan menuju kantor, juga terasa makin praktis dan cepat. Didukung teknologi yang sedemikian pesatnya, banyak kemudahan yang dapat diperoleh. Transaksi bisnis pun dengan mudah dilakukan. Sekali “klik”, maka semuanya beres. Kantor di rumah cocok untuk orang-orang yang sehari-hari biasa berkantor, ataupun mereka yang biasa bekerja paruh waktu. Untuk kelengkapannya, sesuaikan dengan pekerjaan atau karir Anda. Yang pasti, ciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman, agar aktivitas berkantor Anda di rumah menjadi menyenangkan. Hindarkan kesan serius di ruang kerja di rumah Anda. Tambahkan elemen dekoratif berupa vas, lampu meja dan lampu berdiri, agar ruangan lebih “berwarna”. Tempatkan lukisan kesayangan di depan meja. Selain untuk menambah semangat bekerja, juga untuk menghindari “suasana kantor yang kaku”. Agar ruangan terasa lebih segar, tampatkan pohon pisang di sudut ruangan. (Lokasi : Elite Grahacipta, Jakarta/ Foto : Yitzak Alfredo)

 

 5 Tips untuk ciptakan ruang kerja yang rapi di rumah


1. Fun and Functional

Ciptakan lingkungan yang menyenangkan di area kerja. Anda bisa gunakan warna-warna ceria yang bisa membangkitkan semangat bekerja, atau pilih warna kesukaan Anda. Tambahkan tanaman, poster atau barang-barang yang bisa membuat Anda tersenyum. Komputer, fax, printer harus terletak dalam tempat yang mudah dijangkau, namun tidak harus menjadi focus dalam ruangan. Sehingga, pikiran Anda tidak akan terpaku layaknya sedang bekerja dalams ebuah perusahaan.

 

2. Should be your personality

Pernik dekoratif dan beberapa aksesoris yang fungsional seperti lampu meja, file organizers dan stationery, hendaknya mencerminkan gaya dan pribadi ruang kerja Anda,

 

3. Keep It Clean
Gantung lukisan dengan tema dan warna menenangkan di atas meja, dan bukannya papan yang menampilkan jadwal padatnya kesibukan Anda. Tambahkan blinds untuk meminimalisir gangguan dari luar masuk ke dalam.

 

4. Organise It

Gunakan tempat penyimpanan modular dan terorganisir, untuk memudahkan pencarian dan letakkan di sekeliling Anda. Pertimbangkan, meja kerja desain custom yang memiliki ruang cukup untuk menyembunyikan kabel-kabel listrik.


5. Its all about Comfort

Pastikan kursi Anda ergonomic dan terasa nyaman diduduki untuk jangka waktu yang cukup lama. Lengkapi dengan meja berketinggian standard dengan besar yang cukup, untuk mendukung efisiensi bekerja.

 

Posisikan meja kerja menghadap ruang luar, melalui bukaan-bukaan lebar. View luar rumah akan memberikan inspirasi dan semangat kerja, meskipun saat berada di rumah. (Lokasi : Kediaman Prof Irwanto, Serpong/ Foto : Yitzak Alfredo)

 

 

 

 

Ruang kerja mungil berukuran 2 m x 2 m ini memilih elemen-elemen yang mengusung gaya etnik yang cantik. Tatanannya sederhana. Meja kayu solid dilengkapi rak kayu bergaya senada, ditambah credenza di sampingnya. Sebagai elemen estetis, digunakan kap lampu gantung dengan fi nishing material kulit, agar kesan etnik. Warna cokelat kehijauan, memberi keteduhan. Ruangan dilengkapi jendela ke arah ruang luar, sehingga ruangan menjadi terang dan sehat. Material jendela menggunakan teralis dari bambu, untuk menambah suasana etnik. (Lokasi : Kediaman Lukas Darmawan, Bekasi/ Foto : Yitzak Alfredo)

 

HANGAT & ELEGAN
Penggunaan lantai kayu di ruang kerja, memberi kesan hangat. Pemilihan perangkat furnitur bergaya klasik, pas untuk menampilkan kesan elegan dan mewah. Penggunaan warna-warna yang cenderung gelap, dinetralisir dengan pemilihan warna putih pada kursi dan partisi sebagai aksen ruangan. Letakkan barang-barang kesukaan Anda di sekitar meja kerja, seperti art work, pigura-pigura, vas bunga, dan lampu duduk. (Lokasi : Elite Grahacipta, Jakarta/ Foto : Yitzak Alfredo)

 

Furnitur Kursi
• Syarat utama : pilih kursi berdesain ergonomis (sesuai anatomi tubuh) agar nyaman digunakan.
- Pilih yang ketinggian dudukannya bisa diatur
- Sandaran kursi sebaiknya cukup lebar dan tinggi untuk menyangga punggung dan bahu.
- Kursi berlengan, bisa mengurangi ketegangan pada bahu dan lengan Anda. Namun demikian, kadang kursi jenis ini
bisa mempengaruhi keleluasaan gerak penggunanya.
- Pilih bahan pelapis kursi yang tahan lama dan kuat, misalnya poliester.
- Kursi beroda memang perlu untuk mobilitas, namun perhatikan jenis rodanya, sesuaikan dengan jenis lantai.

 

     Bagi penyuka gaya simpel, desain ruang kerja ini bisa jadi pilihan. Ruang kerja didesain sederhana, dalam warna tone abu-abu-putih dan hitam. Aplikasi wallpaper pada dinding, menjadi elemen dekoratif di ruangan, dikombinasi dengan aksen ambalan dan panel kayu di bagian tengahnya. Lampu gantung berdesaingeometris yang simpel dipilih sebagai elemen pencahayaan tambahan. Meja Kerja Pilih meja kerja sesuai dengan jenis pekerjaan dan peralatan yang digunakan.

 

 

 

Terdapat tiga jenis meja.

- Meja built-in
- Meja free-standing
- Meja khusus komputer

 

     Ruang kerja yang terhubung dengan bukaan lebar, membuat ruangan menjadi terang, dan sehat. Ruang kerja menyatu dengan rak-rak yang ditempatkan berhadapan. Desain rak menggantung, membuat ruangan terlihat makin lapang. (Lokasi : Show Unit Casa Vila, Jakarta Garden City, Jakarta/ Foto : Ricky)

Add comment


Security code
Refresh

primi sui motori con e-max.it

Artikel Terpopuler

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Prev Next

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

21-07-2012 Hits:11332 FOKUS

8 teknik cat DEKORATIF DINDING

Tidak selalu harus mengganti seluruh perabot, melainkan hanya mengganti cat dinding untuk merubah keseluruhan suasana ruang di dalam rumah Anda.

Read more

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

30-07-2011 Hits:9390 Konsultasi Feng Shui

POSISI CLOSET Menurut Kacamata Feng Shui

Banyak opini yang berkembang mengenai bagaimana posisi closet yang tepat. Mulai dari posisi dan arah closet yang harus diatur sedemikian rupa, closet yang tidak boleh menghadap jalan. Jika itu semua...

Read more

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligu…

01-10-2014 Hits:8582 Resto

2Mad Eatery & Gallery Resto sekaligus Galeri yang Unik

     Bukan sekadar tempat makan dan hangout, restoran di kawasan Kemang ini  juga menawarkan pada pengunjung untuk mengapresiasi beragam seni guna di galerinya. Jika Anda berjalan-jalan di kawasan Kemang,...

Read more

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

13-09-2011 Hits:7575 MATERIAL

Keramik Mosaic Kaya Desain & Motif

  Seiring kemajuan teknologi, keramik mosaic terus berevolusi menciptakan desain dan motif baru. Desainnya berkembang mengikuti tren, sekaligus memenuhi tuntutan detil arsitektur dan gaya yang berkembang di masyarakat. 

Read more

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

22-02-2012 Hits:6597 Arsitektur

Kenali Aturan dalam MEMBANGUN RUMAH

Saat merancang bangunan rumah, tak hanya keindahan dan fungsi saja yang harus diperhatikan, namun juga aturan yang melingkupinya. Berbagai peraturan dan ketentuan dihadirkan untuk keamanan dan kenyamanan bangunan rumah....

Read more

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanea…

01-11-2012 Hits:6446 Rumah

Rumah Kos Eksklusif, Bergaya Medijavanean

Medijavanean, gaya mediteranian disisipi gaya etnik jawa. Lantas bagaimana perwujudan desainnya? Simak perwujudan desainnya pada Medijavanean Place, rumah kos ekslusif di bilangan Bintaro, Tangerang.

Read more

SURAT GIRIK

11-01-2012 Hits:5129 Konsultasi Interior

SURAT GIRIK

Pertanyaan:Apakah surat girik dapat dianggap sebagai alat bukti hak atas tanah? Saya berencana membeli sebidang tanah girik, apakah ada tips-tips khusus? Terima kasih

Read more

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

23-09-2011 Hits:4915 Arsitektur

SIASATI ARAH HADAP RUMAH

Posisi arah hadap rumah, ikut menentukan kenyamanan tinggal penghuninya. Bagaimana menyiasatinya?

Read more

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

21-09-2011 Hits:4835 Konsultasi Interior

Mangatur Ruang Jemuran Indoor

Pertanyaan:Yth Redaksi Majalah Rumahku, Saya memiliki rumah dengan type 6X6, dengan luas tanah 6X10 meter. Rumah tersebut sudah tidak lagi memiliki halaman belakang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Saya...

Read more

DESAIN RAK BUKU

22-02-2012 Hits:4689 Pojok Desain

DESAIN RAK BUKU

Rak buku yang biasanya memiliki ukuran yang besar dan terkesan ‘bulky’ kini bisa didesain menjadi sebuah elemen estetika dalam penataan interior. Bentuknya tidak lagi harus masif dan teratur. Bahkan...

Read more

Kamar Mandi di Bawah Tangga

09-01-2012 Hits:4362 Konsultasi Interior

Kamar Mandi di Bawah Tangga

Agar efisien dan optimal, ruang dibawah tangga bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan. Beberapa orang, memilih menempatkan toilet di bawah tangga, dengan alasan efisiensi.

Read more

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarg…

12-05-2016 Hits:4320 ACARA / EVENT

Keluargakokoh, Jendela Informasi Keluarga Indonesia

PT Semen Indonesia meluncurkan website www.keluargakokoh.com, Kamis, (11/05). Acara yang bertempat di ruang Pola, Gedung Pusat Penelitian Semen,

Read more

Rice Cooker pilih yang aman & bertek…

23-07-2011 Hits:4307 Home Appliance

Rice Cooker pilih yang aman & berteknologi

Bersyukurlah selepas rice cooker diciptakan menanak nasi menjadi semakin mudah, tabung besi ini memang telah menjadi idola para ibu rumah tangga. Hanya dengan mencuci bersih beras kemudian menakar air, tunggu...

Read more

secondary skin agar rumah tak terasa pan…

08-10-2011 Hits:4272 Arsitektur

secondary skin agar rumah tak terasa panas

        Tak hanya berfungsi meredam sengatan panas matahari, secondary skin bisa diolah untuk memperindah wajah rumah.

Read more

gaya tatami kamar anak

12-03-2012 Hits:4204 Home Sweet Home

gaya tatami kamar anak

Desain kamar anak makin beragam. Tujuannya, agar anak merasa nyaman dan betah di kamar. Bentuk ranjang yang didesign seperti tatami membuat kamar anak ini terkesan lain daripada yang lain.

Read more

Online User

Kami memiliki 19 guests dan tidak ada anggota yang online

About Us

Hunian dan lingkungan merupakan topik hangat yang selalu dibicarakan. MAJALAH RUMAHKU hadir untuk mewadahi baik aspirasi para pembaca maupun pemasang, produsen di bidang arsitektur dan interior.
Website : www.rumahku-online.com
Email : rumahku@mediantara.com
Facebook : htt p://facebook.com/majalah.rumahku

Newsletter

Lokasi Kami

Copyright (c) rumahku.rumahku-online.com 2017. All rights reserved.
Web Development by harmonydesain.com